Kebaikan Air

World Kidney Day Sebarkan Manfaat Air Minum Terbaik Demi Kesehatan Ginjal

By Kebaikan Air | March 11, 2020 No Comments

Sebagai salah satu organ tubuh yang vital, ginjal memiliki berbagai peran sangat penting. Salah satunya dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Keseimbangan cairan dalam tubuh sepatutnya tetap terjaga dengan baik.

Dengan keseimbangan air yang terjaga, ginjal akan menjalankan fungsinya secara optimal untuk membuang racun dan sisa metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, produksi hormon serta fungsi penting lainnya. Melalui ginjal, tubuh membuang limbah dan racun dari dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, menghasilkan hormon serta peran penting lainnya. Itulah sebabnya penting untuk kita menjaga kesehatan ginjal untuk bisa hidup secara sehat. 

Sayangnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa pentingnya untuk merawat kesehatan ginjal. penderita penyakit ginjal kronis terus meningkat, padahal perawatan penyakit ginjal membutuhkan biaya besar, misalnya untuk dialisis secara rutin atau transplantasi ginjal.

Atas dasar ini ISN bersama IFKF mencanangkan World Kidney Day,  sebuah kampanye terbesar di dunia untuk mempromosikan kesehatan ginjal.

World Kidney Day memaparkan bahwa saat ini penyakit ginjal kronis menyerang satu dari sepuluh orang dewasa di dunia. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah, sehingga pada 2040, penyakit ginjal diprediksi akan menjadi penyebab kematian tertinggi kelima secara global.

Dengan resiko sebesar ini, World Kidney Day menyatakan bahwa negara berpendapatan tinggi hanya mengalokasikan 2 hingga 3 persen dari anggaran biaya kesehatan setiap tahunnya untuk antisipasi/penanganan penyakit ginjal. Jumlah ini hanya bisa dinikmati oleh 0,03 persen dari total populasi negara. Sedangkan negara berpendapatan menengah dan kecil,  bahkan tidak mempunyai anggaran yang cukup.

Sejak 2006, World Kidney Day mengajak dunia untuk memperingati Hari Ginjal Sedunia secara rutin setiap tahun pada Kamis kedua di bulan Maret, dengan tujuan menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan ginjal. Tahun ini, acara tersebut jatuh pada hari Kamis, 12 Maret 2020, dengan tema: “Prevention to Detection and Equitable Access to Care” 

Danone-AQUA sadar akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal untuk masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sejak tahun 2013, setiap tahun,Danone AQUA menggelar berbagai kegiatan pada World Kidney Day, untuk meningkatkan kesadaran dan berbagi pengetahuan mulai dari online activity seperti kampanye tentang kesehatan ginjal lewat media sosial hingga kegiatan offline yang bersifat edukatif dan menyenangkan.

CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL

Ada sejumlah cara untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti yang dianjurkan oleh World Kidney Day melalui “8 Golden Rules”. Orang diharuskan untuk terus aktif bergerak, makan makanan sehat, mengontrol gula darah dan tekanan darah, serta menghindari rokok. Namun, semua itu belum lengkap tanpa konsumsi air yang cukup

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup berguna sekali dalam mengurangi risiko penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Takaran air yang dikonsumsi setiap orang berbeda-beda tergantung berbagai faktor. Tapi, secara umum, orang dewasa membutuhkan asupan cairan sekitar 2 liter per hari

PILIH AIR MINUM TERBAIK

Agar peran air putih tetap optimal untuk kesehatan tubuh, pemilihan air minum yang berkualitas menjadi faktor penting. Air mineral menjadi pilihan tepat untuk membantu kecukupan mineral untuk tubuh, yang diperlukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

AQUA air mineral terbaik yang berasal dari sumber air terpilih dengan melakukan perlindungan mata air dan lingkungannya sehingga sumber air selalu terjaga kualitasnya

Berkat itu, keseimbangan mineral yang ada di dalam sumber air AQUA terus terjaga dan secara konsisten memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan tubuh. 

Demi memastikan mutu air tetap baik, AQUA melakukan sebanyak 400 cek kualitas dipadu dengan proses pengemasan berteknologi tinggi untuk menjaga kualitas air minum terbaik AQUA hingga ke tangan konsumen.

Jadi, demi kesehatan ginjal, minumlah selalu air dalam jumlah cukup. Dan jangan lupa pilih air minum terbaik dari AQUA yang mengandung mineral yang seimbang dan terjaga kualitasnya untuk kesehatan tubuh.

#LindungiGinjalmu #KebaikanAQUA #DrinkMoreWater #WorldKidneyDay

 

Referensi:

  1. https://www.worldkidneyday.org/facts/your-kidneys/

  2. https://www.worldkidneyday.org/about/world-kidney-day/

  3. https://www.worldkidneyday.org/facts/take-care-of-your-kidneys/8-golden-rules/

  4. https://www.kidney.org/content/icelandic-glacial-hydration

  5. https://www.kidney.org/content/6-tips-be-water-wise-healthy-kidneys