Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

6 Kandungan Air Mineral Terbaik yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 10 November 2020
6 Kandungan Air Mineral Terbaik yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Air merupakan salah satu unsur yang penting untuk menunjang kehidupan manusia. Aktivitas yang berat membutuhkan tenaga dari organ yang harus tetap terhidrasi. Organ manusia membutuhkan banyak air untuk dapat beraktivitas di waktu yang cukup lama. Sebut saja ginjal, tulang, kulit, mata, dan organ lain yang membutuhkan kelembapan serta asupan air mineral [1].

Untuk memberikan manfaat yang menyeluruh, air mineral yang dikonsumsi untuk tubuh pun harus memiliki kualitas yang memadai. Baik dari sumber yang terpercaya dan syarat kebersihan yang memenuhi kriteria air minum. Air mineral yang biasa diminum juga memiliki banyak manfaat meski tidak memiliki rasa. Ada kandungan yang memberikan tenaga tambahan bagi beberapa organ guna membantu kerja optimal [3].

Apa saja kandungan serta manfaat yang berada di tiap tetes air mineral yang berkualitas? Kualitas sumber air mana yang lebih baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari?

1. Kalsium

Tidak hanya susu, rupanya air mineral yang berkualitas memiliki kandungan kalsium untuk menunjang kesehatan tulang. Bahkan, air mineral yang berkualitas memiliki standar kalsium yang kurang lebih setara dengan susu.

Berdasarkan studi Journal of The American College of Nutrition, air mineral rupanya menghasilkan kualitas kalsium yang sempurna. Dengan air mineral, tubuh dapat menyerap lebih baik untuk kesehatan tulang dan gigi [2]. Massa tulang juga dapat tumbuh dengan kandungan kalsium yang baik dan memenuhi kriteria untuk dikonsumsi.

2. Natrium

Kandungan penting lain yang terdapat di air mineral adalah natrium. Fungsi dari zat satu ini adalah menjaga fungsi otot serta memelihara sistem saraf tubuh.

Natrium yang dikonsumsi ke dalam tubuh dapat mengatur kadar air di setiap organ. Kandungan ion tubuh juga tergantung dari daya penyerapan natrium sehingga sangat cocok untuk mengisi cairan tubuh yang hilang pasca berolahraga.

3. Selenium

Kandungan satu ini juga tidak kalah penting untuk tubuh yaitu sebagai antioksidan. Peran penting lain dari Selenium adalah menjaga serta mengelola sistem kekebalan tubuh atau metabolisme. Sistem imunitas tubuh yang baik dapat mendukung padatnya kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Manfaat air mineral di tubuh akan terasa langsung dengan gaya hidup yang lebih sehat [5].

Air mineral berkualitas yang memiliki kandungan selenium juga membantu mengurangi resiko penyakit seperti stroke atau serangan jantung.

4. Kalium

Penguatan tubuh yang ditopang kalsium juga membutuhkan bantuan dari regenerasi tulang yang berasal dari kalium. Kalium berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga konsistensi air di dalam tubuh. Selain itu kalium dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang belakang atau osteoporosis.

Konsumsi kalium yang teratur dan berkualitas juga dapat menstabilkan tekanan darah dan menjaga penyakit kardiovaskular yang beresiko. Disarankan mengonsumsi 4,069 m kalium per hari guna meminimalisir resiko kematian akibat iskemik jantung [2].

5. Silika

Zat gizi lainnya yang terkandung di air mineral terbaik dan berkualitas adalah silika. Fungsinya menjaga jaringan tulang agar tetap bekerja optimal serta menjaga peremajaan kulit. Fungsi silika sendiri berfokus pada jaringan pembuluh darah, kulit, hingga bagian rambut. Kandungan silika yang baik dapat mengurangi resiko aterosklerosis [4].

6. Zink

Tidak kalah penting, zink berperan dalam membentuk inti sel (DNA) dan jaringan protein. Perkembangan saraf otak serta imunitas juga ditunjang oleh zink. Manfaat bagi tubuh ini dapat bekerja optimal ketika dibarengi dengan Selenium. Kesehatan saraf dan imunitas tubuh akan mendorong kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Selain kandungannya, air mineral juga berfungsi agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Pilih kualitas air mineral yang bersumber dari mata air pegunungan yang memiliki banyak kandungan zat terbaik di setiap tetes airnya. AQUA secara konsisten mencari kriteria air mineral yang baik dan aman untuk dikonsumsi [6].

Lebih dari 17 mata air pegunungan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis dan penelitian oleh para ahli hidrogeologi dan geologi. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

AQUA tetap terpercaya memenuhi kebutuhan air mineral berkualitas hingga 45 tahun, hal ini menjadi bukti bahwa AQUA adalah pilihan terbaik untuk konsumsi air mineral masyarakat Indonesia.

 

Referensi:

1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengulik-3-kandungan-air-mineral/
2. https://www.alodokter.com/memahami-air-mineral-kandungan-dan-bedanya-dengan-air-putih-biasa
3. https://www.sehataqua.co.id/samakah-kandungan-air-mineral-dan-air-rebusan/
4. https://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/nutrientsindw.pdf
5. https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/
6. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1511915/sumber-air-minum-terbaik-ada-di-pegunungan-vulkanik