Logo AQUA

Perbedaan Air Mineral vs Air Rebusan, Mana yang Lebih Sehat?

Kemurnian AQUA | 30 Januari 2019

Bagikan:

Perbedaan Air Mineral vs Air Rebusan, Mana yang Lebih Sehat?

Air mineral vs air rebusan adalah dua jenis air minum yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Meski begitu, keduanya memiliki banyak perbedaan, seperti dari segi kandungannya.

Air mineral adalah air minum dari sumber pegunungan asli, sehingga kandungan nutrisinya lebih banyak dibandingkan air rebusan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang perbedaan air mineral dan air rebusan, yuk, simak artikel berikut!

Pengertian Air Mineral vs Air Rebusan

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan air mineral dan air rebusan, sebaiknya pahami dulu pengertian dari keduanya.

Air minum rebusan adalah jenis air yang melewati proses memasak dulu hingga mendidih. Biasanya, air minum rebusan berasal dari sumber air tanah dangkal.

Banyak orang yang lebih memilih air minum rebusan daripada air mineral karena dianggap lebih murah, tidak harus membelinya, dan aman karena telah direbus hingga mendidih di api panas. Padahal, faktanya tidak begitu.

Perlu diketahui, sumber air tanah dangkal, terutama yang berdekatan dengan kawasan industri, sangat rentan terkontaminasi bakteri hingga limbah industri yang tidak diolah. Pencemaran tersebut dapat berupa logam berat, senyawa organik dan anorganik serta bahan kimia berbahaya lainnya yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan direbus.

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, kebiasaan tersebut dapat memberi dampak yang kurang baik bagi kesehatan, mulai dari menimbulkan diare hingga keracunan.

Lantas, apa itu air mineral? Air mineral adalah jenis air minum yang mengandung mineral alami dan bersumber dari pegunungan vulkanik terlindungi. Kandungan air mineral antara lain kalium, kalsium, magnesium, selenium, zinc, zat besi, hingga natrium.

Air mineral dari pegunungan vulkanik diolah secara alami dan disaring melalui aliran bebatuan, sehingga kandungan mineralnya lebih tinggi dan nutrisinya lebih terjaga dibandingkan jenis air lainnya.

Dengan berbagai kandungan tersebut, tentu nutrisi dalam tubuh akan lebih tercukupi, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kemurnian Sumber Air Minum di Pegunungan

Perbedaan Air Mineral dan Air Rebusan

Setelah mengetahui pengertian air mineral vs air rebusan, kira-kira, apa saja perbedaan antara keduanya?

Perbedaan air mineral dan air rebusan sudah dapat dilihat dari segi sumber hingga proses pengolahannya.

Adapun penjelasan secara rinci tentang perbedaan air mineral vs air rebusan adalah sebagai berikut.

1. Sumber

Perbedaan air mineral dan air rebusan yang pertama adalah dari segi sumbernya. Pada umumnya, tidak semua sumber bisa menghasilkan air mineral.

Nah, air mineral adalah jenis air minum yang diambil langsung dari pegunungan vulkanik. 

Sebab, sumber mata air pada pegunungan vulkanik mengandung berbagai jenis mineral yang penting bagi tubuh.

Adapun air minum rebusan berasal dari sumber manapun, karena fokus dari air rebusan adalah prosesnya, bukan sumbernya. Namun, biasanya air rebusan berasal dari air keran yang dimasak hingga mendidih. Nah, air keran sendiri terbagi lagi menjadi dua sumber, yaitu sumur dan PAM.

Kedua sumber tersebut adalah penghasil air bersih yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci pakaian.

2. Kandungan

Perbedaan air mineral dan air rebusan selanjutnya terletak pada kandungannya. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan air mineral adalah berbagai senyawa alami dari sumber pegunungan vulkanik, mulai dari natrium, kalsium, selenium, magnesium, hingga zat besi.

Di samping itu, proses pengambilan air mineral, pengolahan, hingga pengemasannya diawasi secara ketat, tanpa tersentuh tangan sehingga kandungannya tetap terjaga.

Berbeda dengan air mineral, air minum rebusan diambil langsung dari tanah dan diolah sendiri oleh manusia, sehingga kadar mineralnya tidak diketahui.

Di samping itu, proses pengambilan air dari tanah juga sangat rentan terkontaminasi zat tertentu yang berisiko membahayakan tubuh.

Bahkan, air tersebut juga bisa terkontaminasi kotoran atau bakteri dari wadah yang digunakan hingga tangan seseorang itu sendiri.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur bagi Kesehatan Tubuh

3. Proses Pengolahan

Perbedaan terakhir dari air mineral vs air rebusan terletak pada proses pengolahannya. Proses pengolahan air mineral melewati tahapan yang cukup ketat dan tanpa tersentuh tangan manusia.

Di samping itu, air mineral diolah menggunakan mesin khusus untuk menghilangkan zat berbahaya serta bakteri yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Dengan begitu, kandungan nutrisi dan mineral dalam air minum ini tetap terjaga.

Beda halnya dengan proses pengolahan air minum rebusan. Proses pengolahan air minum ini dilakukan dengan merebus air hingga mendidih.

Proses perebusan tersebut utamanya berfungsi untuk membunuh bakteri dan zat berbahaya lainnya agar layak dikonsumsi. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila terdapat jenis zat-zat kimia berbahaya lain yang tidak dapat hilang hanya dengan direbus.

Air Mineral vs Air Rebusan, Mana yang Lebih Sehat?

Berdasarkan sejumlah perbedaan air mineral vs air rebusan pada pembahasan sebelumnya, mana yang lebih sehat?

Air minum yang sehat bisa dilihat dari segi kandungannya. Pada umumnya, air mineral diambil langsung dari sumber pegunungan yang kaya akan senyawa alami.

Di samping itu, air mineral diproses melalui tahap penyulingan hingga desinfeksi yang berfungsi untuk menjaga nutrisinya agar tetap murni.

Sementara itu, air minum rebusan hanya diproses dengan cara mendidihkannya saja. Perlu diketahui, merebus air hanya berfungsi untuk membunuh bakterinya saja. 

Di sisi lain, kandungan lain, seperti kontaminan bahan kimia dan ion-ion yang berbahaya masih mungkin terdapat dalam air minum rebusan. Sebab, air minum ini tidak melewati proses uji klinis.

Oleh sebab itu, mengonsumsi air mineral dianggap lebih sehat dibandingkan air minum rebusan.

Pasalnya, air mineral juga terbukti bermanfaat bagi tubuh, mulai dari membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan fungsi tulang, hingga mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Demikian sejumlah informasi tentang perbedaan air mineral vs air rebusan hingga jenis air yang lebih sehat.

Berdasarkan pembahasan di atas, air mineral adalah air minum yang lebih sehat. Sebab, memiliki kandungan mineral lebih banyak dan kemurniannya terjaga.

Untuk itu, memperbanyak konsumsi air mineral menjadi pilihan yang tepat untuk bantu asupan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

Jadi, yuk #AQUADULU, karena AQUA adalah air mineral yang berasal dari pegunungan, telah teruji klinis, dan dilindungi secara ketat, sehingga nutrisinya tetap terjaga.

Berbeda dari jenis air mineral lainnya, AQUA terasa segar bahkan tanpa harus didinginkan dulu karena air mineral ini 100% murni dari pegunungan.

Maka dari itu, mari konsumsi AQUA DULU setiap hari untuk mendukung kesehatan tubuh!

Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral pegunungan tanpa tambahan apapun, sebagaimana alam ingin Anda meminumnya.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Yuk Simak!

Referensi:

  1. Mana Lebih Aman, Air Mineral Kemasan atau Air Rebusan? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .