Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Air Mineral Terbaik Untuk Mesin Kopi

Kebaikan AirHidup Sehat | 03 Juni 2021
Air Mineral Terbaik Untuk Mesin Kopi

Pemilik kafe dan barista kopi kini semakin berkembang di ranah bisnis lokal. Seiring berkembangnya kopi kekinian, tentu mesin kopi menjadi barang yang wajib dimiliki oleh para pengusaha kopi.

Penyebaran toko kopi di beberapa lokasi juga menjadi indikasi bahwa banyak air mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi secangkir kopi yang enak untuk dikonsumsi.

Namun banyak persepsi keliru yang berkembang di antara para pengusaha kopi, bahwa air mineral tidak baik untuk digunakan pada mesin kopi. Padahal justru sebaliknya, air mineral memenuhi standar yang cukup untuk dibuat kopi [1].

Banyak juga rumor yang mengatakan bahwa jenis air alkali baik untuk dikonsumsi sekaligus baik untuk produksi kopi, namun benarkah rumor tersebut?

Pemilihan Air Untuk Mesin Kopi (Espresso)

Air mineral memiliki kandungan kalsium serta karbonat yang dapat membentuk endapan putih jika terkena panas. Hal ini sering terjadi pada mesin kopi yang memiliki boiler (pemanas air) sehingga seringkali dikeluhkan oleh para pemilik mesin kopi [2].

Padahal, endapan putih ini dapat dengan mudah dihilangkan dengan pembersihan secara rutin menggunakan bahan yang sudah umum tersedia secara luas.

Sebaliknya, justru air yang tidak mengandung mineral, dengan karakteristiknya yang lebih asam, dapat menyebabkan korosi pada permukaan logam di dalam mesin dalam jangka panjang. Hal ini akan menyebabkan kerusakan permanen pada mesin, yang tentunya tidak murah [2].

Perawatan mesin kopi (espresso) menjadi kian penting dengan pemilihan air yang berkualitas. Apabila air yang digunakan tidak bagus, selain dapat merusak mesin secara bertahap, tentu air dengan kualitas yang lebih asam akan merusak cita rasa kopi [3].

Air alkali sendiri termasuk air asam yang memiliki kadar pH di atas 7,5. Rekomendasi menurut SCAA (Specialty Coffee Association of America) pemilihan air mineral juga bagus untuk menyeduh kopi dan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang kaya dan seimbang [4].

Maka dari itu, air mineral yang berkualitas juga memiliki kadar pH yang memenuhi standar bisa menjadi pilihan utama untuk membuat kopi. Kadar yang netral mampu mengeluarkan rasa maksimal dari kopi yang diekstraksi dengan mesin kopi.

Pada air mineral juga terdapat kandungan yang baik untuk tubuh seperti kalsium dan magnesium yang juga berperan dalam meningkatkan efisiensi proses ekstraksi kopi.

Kedua senyawa ini bisa ditemukan pada air mineral. Karakter dan rasa kopi yang menggunakan air mineral akan memiliki rasa yang kompleks namun beragam. Menurut Muhammad Aga, Award Winning Barista, kandungan mineral pada air akan meningkatkan rasa kopi secara signifikan [3]

Kualitas Air Minum Untuk Kopi yang Baik

Air minum merupakan air yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi manusia. Menurut Kementerian Kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat.

Air minum sendiri dikemas dengan berbagai macam bentuknya, namun secara standar air mineral adalah air yang sudah melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002 [4].

Salah satu pilihan air yang banyak dijumpai adalah air mineral, namun apakah air satu ini juga baik untuk kopi?

Kandungan mineral dalam air memiliki peranan yang sangat penting untuk mengekstraksi komponen / molekul di dalam bubuk/biji kopi yang diseduh. AQUA dengan kandungan mineral alami dan dalam jumlah yang ideal sesuai rekomendasi SCAA (Specialty Coffee Association of America) menjadi pilihan air mineral yang sesuai untuk menyeduh kopi dan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang kaya & seimbang.

AQUA dengan rasa & aroma yang netral, juga tidak akan mengganggu cita rasa biji kopi yang diseduh. Selain itu, AQUA yang diambil dari sumber terlindungi memberikan kualitas yang konsisten, sehingga tidak perlu khawatir seduhan kopi hari ini dan esok akan berbeda hasilnya.

Sumber Air Terbaik Untuk Mesin Kopi

Pemilihan air untuk mesin kopi memang sangat kompleks karena berkaitan dengan reaksi panas dan kandungan pada air. Namun kendala pada kandungan mineral bisa diatasi dengan mudah dan faktanya hasil yang diperoleh dengan air mineral memiliki hasil yang lebih baik.

Maka dari itu, air pegunungan kerap menjadi salah satu sumber utama dalam sumber pembuatan kopi yang nyaman dan aman [5].

Selain karena aman, alasan lain mengapa air pegunungan dapat digunakan karena terlebih dahulu melalui proses penyaringan yang panjang sebelum layak dikonsumsi.

Lingkungan pegunungan yang masih asri dan terjaga sehingga air terbebas dari kontaminasi zat berbahaya seperti klorin. AQUA secara konsisten menghasilkan air minum dari pegunungan dengan kualitas terbaik dan menjaganya hingga sampai ke tangan konsumen [5].

Keunggulan AQUA lainnya juga melakukan tiga perlindungan. Pertama, AQUA melindungi keseimbangan ekosistem di sekitar sumber air. Kedua, AQUA melindungi kealamian mineral yang terkandung di dalam air. Ketiga, AQUA melakukan proses pengemasan dengan seksama tanpa sentuhan tangan manusia, sehingga produk yang higienis dan berkualitas sampai ke tangan konsumen.

Tunggu apalagi? Pilih AQUA sebagai air mineral terbaik untuk investasi jangka panjang kedai kopi Anda!

 

Referensi:

1. https://www.differencecoffee.com/best-water-for-coffee-brewing/
2. https://www.coffeescience.org/how-to-choose-best-water-for-coffee/
3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201229200256-262-587585/peran-air-mineral-jadi-rahasia-seduh-kopi-yang-lebih-nikmat
4. http://p2k.unugha.ac.id/eng/2-3050-2947/Air-Minum_49121_unugha_p2k-unugha.html
5. https://www.sehataqua.co.id/pentingnya-bikin-kopi-pakai-air-mineral/
6. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

Pesan sekarang