Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Air Terbaik Untuk Membuat Kopi

Air Terbaik Untuk Membuat Kopi

Kopi kini menjadi komoditi terbesar di dunia, karena kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang baik berbagai latar belakang dan tradisi. 

Berbagai jenis kopi pun bermunculan dan memberikan cita rasa unik yang khas. Meskipun demikian, saat menyeduh kopi 98% komponen terbesarnya merupakan air. Oleh karena itu, air menjadi salah satu komponen penting yang bisa mempengaruhi kualitas kopi saat diseduh.

Tidak sembarangan, kopi yang baik harus menggunakan kualitas air yang pas agar mampu mengeluarkan ciri khasnya secara maksimal. Para barista sepakat bahwa kualitas air yang baik menjadi komponen yang perlu dipikirkan selain pemilihan biji kopi yang khas.

Kualitas Kopi Indonesia

Kopi merupakan salah satu komoditi yang menyumbang angka pendapatan yang tinggi, apalagi industri kopi tersebar di hampir semua negara. Untuk Asia Tenggara, pasar kopi didominasi oleh Vietnam dan Indonesia dengan kualitas biji kopi yang sudah terkenal.

Bahkan, pecinta kopi dunia paham betul mengenai beragam jenis kopi asli Indonesia seperti kopi Gayo, Toraja, Flores, Kintamani, dan lain sebagainya.  

Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki jenis serta asal kopi terbanyak, atau bisa disebut dengan istilah single-origin. Terdapat beragam jenis asal kopi Indonesia dari berbagai daerah di Sumatera, Jawa, Bali, Flores, sampai Papua. 

Sudah terbukti masing-masing jenis kopi tersebut memiliki cita rasa yang khas dan unik. Bahkan, banyak jenis asal kopi Indonesia ini yang sudah populer di pasar dunia seperti Mandailing dan Toraja.

 

Air Mana yang Baik Untuk Kopi

Setelah memahami kualitas kopi Indonesia yang mendunia, kini proses pembuatannya yang tidak kalah menarik. Penyeduhan kopi sendiri sangat beragam, bisa dari mesin espresso atau dengan metode manual brewing.

Pada metode manual brewing sendiri banyak hal yang dilibatkan, seperti konsistensi, teknik penyeduhan, waktu, hingga kualitas biji kopi dan air yang digunakan.

 

Air Mineral Untuk Kopi

Mineral dalam air memiliki peranan yang sangat penting untuk mengekstraksi komponen / molekul di dalam bubuk kopi yang diseduh. AQUA Dengan kandungan mineral dalam jumlah yang ideal sesuai rekomendasi SCAA (Specialty Coffee Association of America) menjadi pilihan air mineral yang baik untuk menyeduh kopi dan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang kaya & seimbang.

Tidak hanya jumlah yang ideal, namun mineral yang terkandung di dalam AQUA merupakan mineral alami. Hal ini disebabkan oleh AQUA yang melakukan tiga perlindungan dalam prosesnya. Pertama, AQUA melindungi keseimbangan ekosistem di sekitar sumber air, sehingga keberlangsungan dan kualitas sumber air terjaga. Kedua, AQUA melindungi kealamian mineral yang terkandung di dalam air, mengambil air langsung dari pegunungan vulkanik sehingga mineral dari bebatuan vulkanik terkandung di dalamnya. Ketiga, AQUA melakukan proses pengemasan dengan seksama tanpa sentuhan tangan manusia untuk menjaga kebersihan dan keamanan produk, sehingga sampai ke tangan konsumen.

AQUA dengan rasa & aroma yang netral, juga tidak akan mengganggu cita rasa biji kopi yang diseduh. Selain itu, AQUA yang diambil dari sumber terlindungi memberikan kualitas yang konsisten, sehingga tidak perlu khawatir hari ini dan esok seduhan kopi akan berbeda hasilnya.

Bersama AQUA, nikmati cita rasa kopi terbaik dengan air mineral yang tepat!

 

Referensi:

  1. https://ravecoffee.co.uk/blogs/news/the-best-water-for-coffee
  2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201229200256-262-587585/peran-air-mineral-jadi-rahasia-seduh-kopi-yang-lebih-nikmat
  3. https://www.sehataqua.co.id/pentingnya-bikin-kopi-pakai-air-mineral/
  4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/