Logo AQUA

Ecobrick: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Bijak Berplastik | 28 Mei 2024

Bagikan:

Ecobrick: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Saat ini, banyak penemuan cara bijak berplastik yang mulai dikembangkan, salah satunya adalah ecobrick. Ecobrick adalah salah satu cara untuk mengurangi limbah plastik dengan mengubahnya menjadi bahan bangunan yang berguna. 

Namun, apa yang membuat ecobrick begitu istimewa? Untuk mendapat pemahaman yang lebih mendalam, di artikel ini akan dibahas mengenai apa itu ecobrick, manfaat, dan cara membuatnya. Yuk, simak hingga akhir!

Apa itu Ecobrick?

Ecobrick adalah sebuah cara untuk mengolah sampah plastik. Proses ini dilakukan dengan cara mengubah botol plastik menjadi blok padat, mirip dengan batu bata yang dapat digunakan untuk kebutuhan bahan bangunan. Misalnya, Anda bisa membuat bangku, pagar, atau bahkan rumah dengan ecobrick ini.

Oleh karena itu, ecobrick bukan hanya tentang mendaur ulang sampah plastik, tapi juga tentang menciptakan sesuatu berguna dari limbah yang berakhir di pembuangan sampah. Dengan ecobrick, kita dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan sambil menghasilkan bahan bangunan alternatif yang ramah lingkungan. 

Baca juga: Kreasi Lampu Hias dari Botol Bekas Aqua yang Estetik

Manfaat Ecobrick

Beberapa manfaat ecobrick adalah mengurangi pencemaran lingkungan, menjadi solusi bahan bangunan yang ekonomis, dan mendorong pembentukan komunitas yang peduli terhadap lingkungan. Berikut penjelasan lebih detailnya.

1. Mengurangi Pencemaran Lingkungan 

Manfaat pertama ecobrick adalah mengurangi pencemaran lingkungan, terutama pengurangan sampah plastik. Sampah plastik yang biasanya berakhir di lautan atau tempat pembuangan sampah, kini justru bisa diubah menjadi batu bata yang berguna bagi lingkungan sekitar.

2. Solusi Bahan Bangunan yang Ekonomis 

Manfaat kedua dari ecobrick adalah sebagai alternatif yang lebih ekonomis untuk bahan bangunan, seperti batu bata atau beton. Dengan menggunakan botol yang diisi dengan sampah plastik padat, kita bisa membuat blok bangunan. Ini tidak hanya mengurangi biaya bahan bangunan, tetapi juga mengurangi penggunaan sumber daya alam yang terbatas.

3. Membentuk Komunitas

Manfaat ketiga ecobrick adalah mendorong pembentukan komunitas yang peduli terhadap lingkungan. Biasanya, pembuatan ecobrick melibatkan banyak orang yang bekerja sama dalam mengumpulkan dan mengemas sampah plastik. Seiring waktu, mereka akan terbentuk menjadi komunitas. 

Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan sosial di antara mereka, tapi juga akan menginspirasi banyak orang untuk turut menciptakan komunitas yang berkontribusi positif terhadap lingkungan.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Botol Aqua, Mudah dan Hemat!

Cara Membuat  Ecobrick

Cara membuat ecobrick cukup mudah dan tidak memerlukan biaya. Jika Anda ingin mencoba, langkah-langkah beserta bahan yang dibutuhkan dalam membuat ecobrick adalah sebagai berikut. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Botol plastik bekas berukuran 500 ml (sebagai wadah).
  • Sampah plastik.
  • Sendok atau alat yang bisa digunakan untuk menekan sampah.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan botol dan sampah plastik. Pastikan botol plastik yang akan digunakan bersih dan kering.
  2. Gunting kecil-kecil sampah plastik yang akan dimasukkan ke dalam botol agar lebih mudah ditekan dan tidak menyisakan ruang pada botol. Manfaatkan segala jenis plastik yang sulit terurai, mulai dari bungkus makanan, sedotan, kemasan snack, dan sejenisnya.
  3. Masukkan potongan-potongan sampah plastik ke dalam botol. Usahakan untuk memasukkan sampah plastik secara merata di seluruh bagian botol.
  4. Tekan sampah plastik dengan sendok atau alat penekan untuk memadatkan sampah plastik sehingga tidak tersisa ruang kosong di dalam botol.
  5. Pastikan untuk menekan dengan kuat setiap lapisan sampah plastik yang dimasukkan ke dalam botol. Hal ini penting agar ecobrick yang dihasilkan memiliki kepadatan yang baik sehingga tidak mudah retak atau pecah.
  6. Setelah botol terisi penuh dengan sampah plastik, pasang penutup botol dengan rapat. Pastikan penutup botol terpasang dengan baik untuk mencegah kebocoran pada ecobrick.

Dengan langkah-langkah sederhana di atas, Anda sudah berhasil membuat ecobrick. Ecobrick yang Anda buat bisa digunakan sebagai batu bata, misalnya untuk membuat bangku atau pagar. Dengan begitu, Anda telah turut serta dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu ecobrick, manfaat, dan cara membuatnya. Berdasarkan pemaparan di atas, maka diketahui bahwa ecobrick tidak sekadar mendaur ulang limbah plastik yang berakhir di tempat pembuangan, tetapi juga mengubahnya menjadi bahan bangunan yang berguna. Oleh karena itu, penting untuk memiliki kesadaran terhadap pengurangan penggunaan plastik dengan cara menerapkan kebiasaan #BijakBerplastik.

Bersama AQUA, Anda dapat berkontribusi dalam pemanfaatan sampah plastik untuk membantu melestarikan lingkungan. AQUA berkomitmen untuk menggunakan kemasan yang 100% dapat didaur ulang dan digunakan berkali-kali. Tak hanya menjaga kelestarian lingkungan, AQUA juga senantiasa menjaga kualitas produknya yang diambil dari 19 sumber air pegunungan terdalam yang memiliki lapisan pelindung. 

Dibuktikan dengan sertifikat halal serta sesuai standar SNI dan BPOM, AQUA terasa dingin alami berkat kualitasnya yang senantiasa terjaga. Oleh karena itu, pastikan selalu pilih #AQUADULU untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda. AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, 100% Murni.

Baca juga: 8 Kerajinan dari Botol Aqua yang Mudah Dibuat & Bermanfaat

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .