Bijak Berplastik

AQUA Memperkenalkan Inovasi Botol 100% Daur Ulang dan Dapat Didaur Ulang di Jakarta

Setelah diluncurkan di Bali pada akhir kuarter 4 tahun 2018, AQUA kembali memperkenalkan AQUA LIFE, inovasi botol hasil dari 100% daur ulang dan dapat didaur ulang di Jakarta pada 7 Agustus 2019. Perkenalan ini menandai bahwa botol inovatif tersebut sudah mulai dijual di Jakarta.

Langkah ini merupakan bentuk konkret dari upaya menyebarkan kebaikan dengan mempromosikan hidrasi sehat sekaligus menjaga keberlanjutan alam.  Kemasan AQUA LIFE terbuat dari bahan daur ulang 100% dan  seluruh botol bisa didaur ulang kembali hingga seratus persen juga. Dengan demikian, pemanfaatannya bisa berkali-kali.

AQUA LIFE merupakan bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang sudah dicanangkan sejak 2018. Melalui aktivitas tersebut, Danone-AQUA berkomitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia dengan tiga cara, yakni pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi konsumen, dan inovasi kemasan produk.

AQUA LIFE menjadi bukti bahwa botol plastik masih memiliki “kehidupan kedua” dan dapat dimanfaatkan ulang. “Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan perubahan pola pikir dari model ekonomi linear menjadi sirkuler. Botol plastik harus dimaknai sebagai sesuatu yang berharga dan dapat digunakan kembali sebagai bahan baku, termasuk bahan baku untuk botol baru,” kata Presiden Direktur Danone-AQUA, Corine Tap.

Danone-AQUA serius dalam mendorong kehadiran berbagai solusi inovatif berbasis kolaborasi untuk menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia. Mereka bertekad mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi 70% sampah plastik di lautan pada tahun 2025. 

“Kami menargetkan, pada tahun 2025, dapat mencapai ambisi kami untuk mengumpulkan lebih banyak plastik daripada yang kami gunakan, memastikan seluruh kemasan kami dapat didaur ulang, serta meningkatkan proporsi konten daur ulang dalam botol kami menjadi 50%,” tambah Tap.

Untuk bisa mewujudkannya, Danone-AQUA membuka pintu kolaborasi. Kerja sama dilakukan dengan berbagai pihak mulai dari pemulung, komunitas, bisnis sosial, hingga tokoh masyarakat agar bisa menghadirkan Indonesia yang lebih bersih.

Terobosan Danone-AQUA diapresiasi oleh Pemerintah Indonesia. Produk seperti AQUA LIFE dinilai sangat penting karena mendukung kehadiran ekonomi sirkuler yang berpengaruh terhadap kelestarian alam.

“Kami menghargai upaya yang dilakukan oleh perusahaan swasta seperti Danone-AQUA dalam mengedukasi masyarakat mengenai arti penting menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan berbagai upaya terkait pengelolaan sampah plastik. Saat ini, penting bagi kita untuk mulai mengembangkan model manajemen ekonomi sirkuler yang dapat melahirkan siklus ekonomi baru bagi masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Dr. Ir. Ngakan Timur Antara. 

 

PAMERAN #BIJAKBERPLASTIK

Bersamaan dengan peluncuran AQUA LIFE di Jakarta, Danone-AQUA mengadakan pameran #BijakBerplastik di Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan, mulai 7 Agustus 2019. Pameran berlangsung selama lima hari dengan menyajikan display kisah perjalanan berkelanjutan Danone-AQUA.

Ditampilkan instalasi berbahan dasar wadah plastik bekas, hasil karya seniman- seniman seperti Rebellionik, Ika Vantiani, Alfiah Rahdini, dan TAM ILLI. Peluncuran AQUA LIFE dan pameran #BijakBerplastik ini juga dihadiri oleh dua Brand Partner Danone-AQUA. Mereka adalah aktor dan aktivis lingkungan Hamish Daud serta artis dan atlet triathlon Kelly Tandiono. Keduanya hadir untuk mendukung upaya Danone-AQUA dalam menghadirkan produk-produk ramah lingkungan demi menanggulangi problem sampah plastik,

“Kita harus memahami bahwa sampah plastik merupakan permasalahan yang tidak bisa diselesaikan sendiri,” ujar Hamish. “Maka dari itu, saya dan Kelly berkolaborasi dengan Danone-AQUA untuk mencapai Indonesia yang lebih bersih. Saya percaya Danone-AQUA memiliki komitmen kuat untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik, sebagaimana yang mereka tunjukkan melalui gerakan #BijakBerplastik.” 

AQUA LIFE bukan upaya pertama bagi Danone-AQUA dalam menghadirkan produk yang bersahabat dengan alam. Sejak 1983, Danone-AQUA telah memperkenalkan air minum dalam kemasan Galon yang dapat digunakan kembali dan didaur ulang. Dengan model Galon, 70% dari bisnis Danone-AQUA sudah sepenuhnya sirkuler. 

Selanjutnya pada tahun 1993, Danone-AQUA memelopori program daur ulang pertama, yaitu AQUA Peduli. Saat ini, Danone-AQUA juga mampu mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya melalui enam Unit Bisnis Daur Ulang di berbagai kota di Indonesia.