Kemurnian AQUA

Begini Cara Memastikan AQUA Berasal Dari Mata Air Terbaik

By Kemurnian AQUA | January 13, 2020 No Comments
AQUA_600ml

Air berkualitas tidak bisa dilepaskan dari mana sumbernya. AQUA tahu persis hal tersebut. Maka, mereka melakukan berbagai cara untuk memastikan air AQUA berasal dari mata air yang terbaik.

Saat ini AQUA dikenal sebagai penyedia Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terdepan. Dengan status sebagai pionir AMDK di Indonesia, pengalaman panjang dalam menghadirkan air terbaik sudah dimiliki. Tidak kurang dari 45 tahun lebih AQUA sudah menyajikannya ke tengah masyarakat.

Dalam menghadirkan air terbaik tentu tidak mudah. Banyak langkah dan proses di baliknya. Namun, salah satu yang utama ialah penentuan lokasi mata air yang menjadi sumbernya.

Hal ini penting karena asal air sangat menentukan kualitas air. Oleh karena itu, AQUA pun tidak main-main. Demi memastikan air AQUA berasal dari sumber terbaik, berbagai langkah pun ditempuh.

Menentukan Kriteria Khusus

Guna memastikan air AQUA berasal dari sumber yang terbaik, langkah diawali dengan menentukan kriteria khusus terlebih dulu. Bersama dengan para ahli geologi dan geohidrologi, AQUA merancang sembilan kriteria sumber air (1). Nanti itulah yang dijadikan pijakan dalam memilih mata air.

Dalam menentukannya, AQUA berkolaborasi dengan para ahli dari beberapa perguruan tinggi ternama. Tercatat mereka melakukan studi geohidrologi bersama Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Paris 6 (1).  

Oleh karenanya, kriteria mata air AQUA pasti kredibel. Sebab, di baliknya terdapat basis sains yang dilakukan oleh para ahli kompeten dari perguruan tinggi terkemuka.

Melakukan Uji Coba

Setelah sembilan kriteria ditetapkan, berbagai uji coba untuk memastikan air AQUA berasal dari sumber terbaik segera dilakukan. Pertama dilakukan lima seleksi untuk menentukan sumber air. Mata air yang terpilih harus bisa melewati rangkaian seleksi tersebut (1).

Dalam pelaksanaan seleksi pun tidak main-main. Bersama para ahli geologi dan geohidrologi, proses dilakukan selama setahun. Selama itu, mereka mempelajari karakteristik mata air (1).

Hal itu ada tujuannya. AQUA ingin menjamin sumber mata air alaminya tersebut baik dan sesuai untuk mereka.

Memilih Air Pegunungan

Setelah melakukan berbagai uji coba dan tes kualitas, sumber air AQUA ditentukan. Saat ini sudah ada 17 mata air yang terpilih. Berbagai mata air tersebut terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Namun yang menarik, AQUA selalu memilih mata air pegunungan. Ini tentu ada alasannya. Ternyata AQUA ingin menjamin kemurnian air yang dihadirkan untuk masyarakat.

Mata air pegunungan memang diketahui punya keunggulan khusus. Biasanya air berasal dari air hujan yang turun di atas gunung dan meresap ke dalam tanah. Pada akhirnya, air muncul ke permukaan tanah melalui sumber air yang kerap ditemui di lereng gunung maupun jurang di sela-sela perbukitan (2).

Proses itu menghadirkan kelebihan mata air pegunungan. Karena lingkungan sekitarnya masih alami, air akan terbebas dari kontaminasi. Air pasti berkualitas karena tidak mengandung zat polutan dan bakteri yang merugikan tubuh (3)

Selain itu, mata air pegunungan mengandung beragam mineral yang diperlukan oleh tubuh. Seperti yang dipaparkan sebelumnya, air hujan yang turun akan meresap ke dalam tanah dan melewati bebatuan yang bertindak sebagai penyaring alami. Dalam proses itulah, berbagai mineral alami ikut mengalir di dalam air. Beberapa jenisnya antara lain silika, magnesium, kalsium, natrium, kalium, zink, dan selenium (4)

Serangkaian langkah itulah yang dilakukan untuk menentukan sumber air AQUA. Semua semata-mata demi memastikan air AQUA berasal dari sumber air terbaik, agar kebaikan air dapat dihadirkan dengan maksimal.

Referensi: 

  1. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua
  2. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/
  3. https://www.naturalhydrationcouncil.org.uk/environment/water-resource-protection/
  4. https://www.efbw.org/fileadmin/IMAGES/minerals.pdf