Berbagai Macam Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 Oktober 2020
Berbagai Macam Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

Penampilan dengan tubuh yang ideal, merupakan dambaan setiap orang. Perut buncit seringkali menjadi masalah bagi para kita dalam berpenampilan. Selain sulit memilih pakaian, perut buncit rupanya juga beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Perut yang membuncit diakibatkan oleh tumpukan lemak yang berasal dari karbohidrat, kolesterol serta lemak jenuh yang kita konsumsi sehari-hari. Pola makan serta gaya hidup yang buruk membuat tumpukan lemak tersebut semakin membesar di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah perut. Sehingga tubuh terlihat gendut dan tentu saja merusak penampilan Anda.

Diet saja tidak cukup untuk mengecilkan perut. Anda harus mengimbanginya dengan berolahraga untuk membakar tumpukan lemak tersebut. [1] Cara paling mudah untuk mengetahui perut buncit adalah dengan mengukurnya diri sendiri di rumah. Cukup menggunakan pita pengukur, kemudian lingkarkan di sekitar perut tepat di atas tulang pinggul, sejajar dengan pusar. Pita pengukur harus pas dengan kulit, tidak terlalu ketat ataupun kendur. Lingkar perut ideal wanita sekitar 35 inci atau 80-88 cm, sedangkan pria sekitar 40 inci atau 90-100 cm. [2]

Berolahraga secara teratur, menjaga pola makan, dan menjalani gaya hidup sehat dijamin bisa membuat perut kita mengecil. Normalnya, seseorang dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur setidaknya 5 kali seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit. Ketika kita berencana untuk mengecilkan lingkar perut, tentunya kita perlu memilih jenis olahraga yang tepat.

Berikut adalah beberapa saran olahraga yang baik dilakukan untuk mengecilkan perut kita:

1. High Intensity Interval Training (HIIT)

Studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebutkan, HIIT ternyata lebih efektif mengurangi lemak perut daripada kardio tradisional. Jenis latihan kardiovaskular ini melibatkan olahraga intensitas tinggi dalam periode, seperti berlari, bersepeda, yang diikuti oleh rentang kegiatan intensitas rendah sementara detak jantung tetap dipercepat.

2. Plank

Sudah menjadi rahasia umum jika plank ampuh untuk mengecilkan perut. Pasalnya, plank melatih otot perut dan otot yang mengelilingi perut serta membantu mendukung postur yang sehat. Mulailah dalam posisi push-up dengan tangan di samping dan kaki selebar bahu. Agar lebih nyaman, lakukan latihan ini di atas matras yoga tipis atau permukaan lain yang nyaman dan empuk. Untuk melakukannya, tarik napas terlebih dahulu kemudian mulai angkat tubuh dengan lengan sampai sejajar dengan lantai. Cobalah untuk menstabilkan tubuh saat posisi plank selama mungkin sembari mengambil napas lambat. Cobalah latihan ini dengan meningkatkan durasi setiap set. Lakukan set pertama sema 30 detik dan tingkatkan satu menit di set berikutnya.

3. Yoga

Yoga termasuk ke dalam jenis olahraga sangat efektif untuk mengecilkan ukuran perut. Selain mampu membakar kalori secara efektif, yoga juga membantu mengelola stres. Mulailah dengan yoga di bawah pengawasan seorang instruktur atau dengan mengikuti latihan yoga di rumah.

4. Standing Oblique Crunch

Standing Oblique Crunch bertujuan untuk membentuk otot-otot di sisi tubuh. Mengencangkan otot-otot ini membuat perut lebih kecil dan yang paling utama membuat pinggang yang lebih kencang dan lebih kuat. Mulailah berdiri, dengan menggunakan beban 2-4 kilogram. Kemudian, seimbangkan lengan kiri dengan menyentuh kepala dan turunkan lengan kanan secara perlahan-lahan sementara jaga tubuh tetap stabil. Cobalah untuk tidak memindahkan pinggul saat meregangkan tubuh ke lantai. Setelah melakukan beberapa set, beralihlah ke sisi yang berlawanan dengan jumlah set yang sama. Ini adalah alternatif yang bagus untuk crunch tradisional jika kita mengidap sakit punggung atau sulit berbaring di lantai. [3]

5. Bicycle crunches

Bicycle crunches adalah gerakan olahraga yang cukup menantang. Gerakan ini mirip dengan orang naik sepeda yang perlu mengayuh dengan kaki kanan dan kiri. Bedanya, gerakan ini dilakukan sambil telentang sementara mengayunkan kedua kaki di udara. Begini cara melakukannya:

  • Berbaring telentang di atas matras.
  • Letakkan tangan kita untuk menopang kepala seperti gambar di atas.
  • Posisi kepala sedikit meringkuk ke depan, tidak menempel ke matras. Kira-kira sekitar 45 derajat tingginya dari lantai.
  • Untuk posisi kaki, angkat kaki tinggi ke atas hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat dari lantai.
  • Putar tubuh bagian atas ke kanan dan kiri dengan posisi kepala mengikuti arahnya.
  • Ketika kita menengok ke sisi kanan, kaki kiri ditekuk hingga menempel siku. Kemudian luruskan kembali.
  • Lakukan secara bergantian berulang-ulang.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 2-3 set. Setiap set terdiri dari 10 kali pengulangan, 5 kali ke arah kanan dan 5 ke arah kiri.
  • Gerakan ini membuat otot perut kita nantinya akan semakin rata dan kuat. [4]

Ingat, sebelum mulai melakukan olahraga apa pun untuk mengecilkan perut sebaiknya kita melakukan gerakan pemanasan dulu dan pendinginan setelah olahraga agar terhindar dari cedera. Selain itu selain senam, kita juga tetap perlu menambahkan beberapa usaha lain untuk mengecilkan perut. Sebab olahraga saja belum tentu efektif membakar lemak perut. Imbangilah dengan pola makan yang sehat dan seimbang agar impian perut rata kita tercapai.

Serta jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih yang mempunyai kandungan mineral tinggi, karena tubuh kita juga harus mendapatkan asupan mineral, untuk menunjang tubuh yang ideal, sehat dan bugar. Air minum juga membantu kita untuk tetap menjaga tubuh kita terhidrasi.

Maka dari itu, pilihlah AQUA sebagai sumber air minum utama di keluarga kita.. Karena Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air. [5]


Sumber:
1. https://www.popmama.com/life/health/astri-diana/gerakan-olahraga-untuk-mengecilkan-perut/4
2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200921171435-255-549042/7-olahraga-yang-mengecilkan-perut-buncit
3. https://www.halodoc.com/artikel/5-olahraga-ampuh-yang-bisa-mengecilkan-perut-dengan-cepat
4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/senam-mengecilkan-perut-olahraga/#gref
5. https://www.sehataqua.co.id/category/kebaikan-air/sehat-aqua/