Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

5 Cara Diet Sehat yang Simpel untuk Dilakukan

Kebaikan AirHidup Sehat | 02 September 2021
5 Cara Diet Sehat yang Simpel untuk Dilakukan

Diet sehat ini merupakan salah satu hal yang sering dicari belakangan ini, yang disebabkan oleh banyaknya orang yang tinggal di rumah saja karena pandemi. Diet sehat merupakan solusi yang tepat untuk menjaga berat badan Anda, sekaligus memelihara daya tahan tubuh Anda untuk terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Salah satu cara simple untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah hal yang penting untuk Anda lakukan demi menjaga kesehatan tubuh Anda. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbangberarti makan berbagai macam makanan dalam proporsi yang tepat, demi mendapatkan gizi yang seimbang untuk kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Makanan ini dapat membantu anda dalam proses penurunan berat badan untuk tubuh yang lebih ideal.

(Catatan: artikel ini mencakup saran makan sehat untuk masyarakat umum. Orang dengan kebutuhan diet khusus atau kondisi medis harus meminta saran dari dokter atau ahli diet terdaftar.)

Berikut adalah 5 cara diet sehat yang bisa Anda coba untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat.

1. Jangan terburu-buru saat makan

Kecepatan Anda makan mempengaruhi seberapa banyak Anda makan, serta seberapa besar kemungkinan Anda untuk menambah berat badan.

Faktanya, penelitian yang membandingkan kecepatan makan yang berbeda menunjukkan bahwa orang yang makan cepat jauh lebih mungkin untuk makan lebih banyak dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi daripada pemakan lambat

Nafsu makan Anda, seberapa banyak Anda makan, dan seberapa kenyang Anda semuanya dikendalikan oleh hormon. Hormon memberi sinyal ke otak Anda apakah Anda lapar atau kenyang.

Namun, dibutuhkan sekitar 20 menit bagi otak Anda untuk menerima pesan-pesan ini. Itu sebabnya makan lebih lambat dapat memberi otak Anda waktu yang dibutuhkan untuk memahami bahwa Anda sudah kenyang.

Studi telah mengkonfirmasi hal ini, menunjukkan bahwa makan perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi saat makan dan membantu Anda menurunkan berat badan . Makan perlahan juga terkait dengan pengunyahan yang lebih menyeluruh, yang juga dikaitkan dengan peningkatan kontrol berat badan.

Jadi, makan lebih lambat dan mengunyah lebih sering dapat membantu Anda makan lebih sedikit. (1)

2. Perhatikan tipe makanan yang Anda konsumsi sehari-hari

Panduan Eatwell menunjukkan bahwa untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, orang harus mencoba untuk:

  • makan setidaknya 5 porsi berbagai buah dan sayuran setiap hari (lihat 5 Sehari)
  • makanan dasar pada makanan bertepung serat tinggi seperti kentang, roti, nasi atau pasta
  • Susu atau alternatif susu (seperti susu kedelai)
  • makan kacang-kacangan, kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan protein lainnya
  • pilih minyak tak jenuh dan mentega , dan makanlah dalam jumlah kecil
  • minum banyak cairan (setidaknya 6 hingga 8 gelas sehari)
  • Jika Anda memiliki makanan dan minuman yang tinggi lemak, garam dan gula, kurangi frekuensinya dan konsumsilah dalam jumlah terbatas.

Cobalah untuk memilih berbagai makanan yang berbeda dari 5 kelompok makanan utama untuk mendapatkan berbagai macam nutrisi.

3. Tingkatkan asupan protein Anda

Protein sering disebut sebagai raja nutrisi, dan tampaknya memiliki beberapa kekuatan super.

Karena kemampuannya untuk mempengaruhi hormon rasa lapar dan kenyang Anda, protein sering dianggap sebagai nutrisi makro yang paling mengenyangkan. Satu studi menunjukkan bahwa makan makanan berprotein tinggi menurunkan kadar ghrelin, hormon rasa lapar, lebih dari makanan tinggi karbohidrat pada orang dengan obesitas.

Terlebih lagi, protein membantu Anda mempertahankan massa otot. Lebih banyak otot berarti lebih banyak pula jumlah kalori yang Anda bakar setiap harinya.

Ini juga penting untuk mencegah hilangnya massa otot yang dapat terjadi dengan penurunan berat badan dan seiring bertambahnya usia.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, usahakan untuk menambahkan sumber protein ke setiap makanan dan camilan. Ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membuat Anda cenderung tidak makan berlebihan.

Sumber protein yang baik meliputi:

  • produk susu
  • Tahu dan tempe
  • telur
  • kacang polong
  • daging tanpa lemak

4. Cobalah setidaknya satu resep sehat baru per minggu

Memutuskan apa yang harus dimakan memang tidak mudah, itulah sebabnya

Diluar makanan yang dimasak berulang kali ini sehat atau tidak, mencoba sesuatu yang baru bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menambahkan lebih banyak keragaman pada diet Anda.

Cobalah membuat resep sehat baru setidaknya sekali seminggu. Ini dapat mengubah asupan makanan dan nutrisi Anda dan bisa jadi menambahkan varian gizi yang Anda dapatkan dari makanan Anda.

Atau, cobalah membuat versi resep favorit yang lebih sehat dengan bereksperimen dengan bahan, bumbu, dan rempah-rempah baru. (1)

5. Minum air putih yang cukup

Minum cukup air memainkan peran yang cukup penting untuk kesehatan Anda.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan pemeliharaan berat badan, dan bahkan mungkin sedikit meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari.

Studi juga menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan Anda selama makan berikutnya.

Konon, yang paling penting adalah minum air putih daripada minuman lain. Ini dapat secara drastis mengurangi asupan gula dan kalori Anda.

Minum air secara teratur juga dapat dikaitkan dengan peningkatan kualitas diet dan dapat mengurangi asupan kalori dari minuman. (2)

Itulah tadi 5 cara diet sehat yang Anda bisa coba lakukan untuk mewujudkan kehidupan yang terasa lebih nyaman. Agar program diet sehat sehat Anda bisa lebih efektif, selalu sedia selalu AQUA selama menjalankan diet sehat. Karena hanya AQUA air minum berkualitas yang telah lebih dari 48 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya.

AQUA pilihan hidrasi yang tepat untuk dukung hidup sehatmu.


Source:

https://www.healthline.com/nutrition/healthy-eating-tips#TOC_TITLE_HDR_8
https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/