7 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Jadi Lebih Nyenyak!

Hidup Sehat | 30 Desember 2022

Bagikan:

7 Cara Mengatasi Insomnia, Bantu Tidur Jadi Lebih Nyenyak!

Insomnia atau sulit tidur dapat memengaruhi kesehatan tubuh karena membuat seseorang merasa lelah di hari berikutnya. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan.

Salah satu cara agar tidak insomnia yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat tubuh merasa lebih rileks sebelum tidur.

Selain membantu Anda lebih cepat terlelap, tubuh yang rileks juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Mari simak ulasan berikut untuk mengenal apa saja cara menghilangkan insomnia lainnya!

7 Cara Mengatasi Insomnia yang Dapat Dilakukan

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat seseorang kesulitan untuk terlelap atau terbangun di tengah malam dan tidak dapat tidur kembali.

Insomnia dapat memengaruhi kesehatan fisik di hari esoknya, seperti menurunkan daya tahan tubuh hingga menurunkan konsentrasi. Oleh karena itu, insomnia perlu diatasi dengan baik.

Ada beragam cara mengatasi insomnia secara alami yang dapat Anda lakukan, mulai dari membuat tubuh merasa lebih rileks, mengonsumsi makanan sehat, hingga rutin berolahraga.

1. Membuat Tubuh Lebih Rileks Sebelum Tidur

Cara menghilangkan insomnia pertama adalah membuat tubuh merasa lebih rileks sebelum tidur.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga serta bermeditasi sebelum tidur untuk menenangkan pikiran dan memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Selain itu, Anda juga dapat mandi menggunakan air hangat 1 jam sebelum tidur untuk mengurangi rasa lelah berlebihan setelah melakukan aktivitas harian.

Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah untuk terlelap dan insomnia bisa teratasi.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi turut membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur [5].

Salah satu makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan kualitas tidur adalah ikan berlemak sehat.

Ikan berlemak sehat, seperti ikan salmon dan ikan tuna, memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengoptimalkan produksi melatonin dalam tubuh sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain ikan berlemak sehat, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan sehat lain sebagai cara mengatasi insomnia, seperti susu, kacang-kacangan, dan selai kacang.

Baca juga: 5 Penyebab & Cara Mengatasi Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

3. Tidur Siang Secukupnya

Agar terhindar dari insomnia di malam hari, Anda sebaiknya membatasi tidur siang agar tidak terlalu lama.

Pasalnya, tidur siang terlalu lama dapat menurunkan rasa kantuk di malam hari dan Anda menjadi kesulitan untuk tidur.

Anda disarankan untuk tidur siang maksimal selama 90 menit dalam sehari.

4. Rutin Berolahraga

Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan bugar, rutin berolahraga ternyata juga mampu mengatasi masalah insomnia.

Pasalnya, olahraga secara rutin dapat mengatasi beberapa hal yang menjadi penyebab insomnia, seperti stres berlebih dan depresi [2].

Beberapa jenis olahraga yang patut Anda coba untuk menghilangkan insomnia adalah senam aerobik, jalan pagi, dan bersepeda.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah dengan minum air putih yang cukup.

Ini bisa Anda lakukan untuk menghindari tubuh merasa haus di malam hari sehingga membuat tidur Anda jadi terganggu.

Oleh karenanya, Anda disarankan untuk minum segelas air putih beberapa jam sebelum tidur

Nah, Anda bisa menyiapkan segelas air AQUA galon untuk diminum sebelum tidur.

AQUA Galon merupakan air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terjaga kualitasnya lantaran telah melalui proses pengolahan hingga pengemasan dengan standar tinggi.

AQUA Galon dibuat dengan prosedur ketat untuk menjaga kealamiannya, mulai dari penelitian sumber mata air, penyaringan mineral secara seksama, hingga uji kualitas sebanyak 400 kali.

Selain itu, kesterilan AQUA Galon juga tetap terlindungi lantaran dikemas dengan rapat menggunakan tutup double injection.

Harga AQUA Galon pun cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkannya di swalayan atau warung terdekat dengan harga Rp1.000-an per liternya! Murah, bukan?

Jadi, jangan lupa #AQUADULU sebelum tidur, ya!

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Bersemangat

6. Atur Jadwal Tidur dengan Baik

Anda perlu menyamakan waktu tidur dan bangun di setiap hari untuk menghindari terganggunya ritme sirkadian yang memicu terjadinya insomnia [3].

Di mana, ritme sirkadian merupakan mekanisme alami yang mengatur jadwal tidur, bangun, serta metabolisme di dalam tubuh dalam siklus 24 jam.

Jadi, Anda perlu menetapkan waktu tidur dan bangun yang sama pada setiap harinya, seperti tidur pada pukul 10 malam dan bangun pada pukul 6 pagi secara rutin.

7. Tidur di Kamar dengan Cahaya Redup

Anda juga disarankan untuk meredupkan cahaya lampu di kamar sebelum tidur sebagai cara mengatasi insomnia.

Apabila kamar tidur memiliki cahaya yang redup, tubuh akan menganggap bahwa hal tersebut menjadi suatu sinyal bahwa hari telah malam dan sudah saatnya untuk tidur.

Selain itu, tidur di kamar dengan cahaya redup juga dapat membantu mengoptimalkan produksi hormon melatonin yang membuat tidur menjadi lebih berkualitas [4].

Anda dapat menggunakan lampu tidur yang telah didesain dengan cahaya redup sebelum tidur untuk melakukan cara mengatasi insomnia satu ini.

Demikian beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Namun, apabila setelah melakukan beberapa cara di atas dan insomnia tidak kunjung mereda, jangan ragu untuk segera kunjungi dokter, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga: 7 Penyebab Sering Mengantuk Padahal Tidur Cukup, Tanda apa?

Referensi:

  1. 5 Tips Mengatasi Insomnia - Buka
  2. 3 Olahraga untuk Atasi Insomnia - Buka
  3. 9 Cara Mengatasi Insomnia yang Perlu Dicoba - Buka
  4. Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur - Buka
  5. Ini Makanan dan Minuman untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .