12 Cara Mengatasi Kulit Kering agar Lembab dan Sehat

Hidup Sehat | 08 Agustus 2022

Bagikan:

12 Cara Mengatasi Kulit Kering agar Lembab dan Sehat

Apakah Anda memiliki jenis kulit cenderung kering dan ingin membuatnya lembab dan sehat kembali? Tenang saja, kini terdapat berbagai cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa Anda coba.

Kulit kering adalah istilah untuk menyebut keadaan di mana epidermis (lapisan kulit paling atas) tidak mendapatkan kelembaban yang cukup. Kulit kering juga dapat terjadi akibat faktor usia yang membuat ketebalan lapisan epidermis menurun dan mengurangi kemampuan jaringan di bawah kulit untuk menyimpan air.

Salah satunya yaitu dengan mencukupi kebutuhan air putih sehari-hari. Anda tentu sudah tahu betapa penting peran air mineral yang bagus untuk kulit. Penjelasan selengkapnya, langsung simak dalam artikel berikut ini yuk!

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Menerapkan cara mengatasi kulit kering secara alami bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara seperti

1. Manfaatkan minyak kelapa

Secara tradisional, minyak kelapa sering digunakan untuk meningkatkan kelembaban dan mengurangi efek inflamasi. Hal itu dikarenakan minyak kelapa memiliki sifat emolien, yaitu salah satu bahan pelembab yang berfungsi untuk menjaga kelembaban sekaligus menenangkan iritasi kulit [1].

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa murni tanpa campuran apapun ke bagian kulit yang kering.

2. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly adalah campuran minyak mineral dan lilin sehingga konsistensinya pun seperti jeli semi padat yang lengket. Jadi, tak mengherankan bila petroleum jelly mampu membantu memberi lapisan sekaligus mencegah penguapan air dari kulit [2]. Itulah sebabnya, Anda dapat memanfaatkannya sebagai pelembab kulit sehari-hari. 

3. Konsumsi antioksidan dan omega 3

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya yaitu dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan dan omega 3, dimana kedua zat tersebut terbukti mampu memberikan kelembaban sekaligus menangkal radikal bebas yang buruk untuk kulit [3].

Tak hanya itu, omega 3 juga berguna untuk meningkatkan produksi minyak pada kulit sehingga kelembabannya pun tetap terjaga. Contoh makanannya sendiri yaitu seperti tomat, wortel, dan aneka kacang-kacangan.

5. Sesuaikan suhu air saat mandi

Menghindari mandi dengan air panas bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda coba. Alasannya, mandi dengan air panas ini dianggap dapat memicu iritasi dan membuat kulit semakin kering. Alternatifnya, coba gunakanlah air dengan suhu hangat yang tentunya tidak terlalu panas untuk kulit.

Baca juga: 8 Penyebab Kulit Kering, Gejala, Cara Alami Mengatasinya

6. Jangan mandi terlalu lama

Walau menyegarkan, terlalu lama mandi juga akan membuat air yang terdapat dalam permukaan kulit menguap secara berlebihan. Akibatnya, kulit pun menjadi lebih rentan kering.

Oleh karena itu, usahakan untuk memakai sabun berbahan dasar minyak dan batasi waktu mandi Anda sekitar 5 hingga 10 menit lamanya dengan air bersuhu normal atau hangat.

7. Pakai lotion

Setelah mandi, biasakanlah untuk selalu menggunakan lotion atau pelembab di seluruh bagian kulit, terutama di area yang mudah kering seperti kaki dan tangan. Saat berada di tempat dingin, oleskan juga lotion secara rutin untuk mempertahankan kelembaban kulit.

8. Kenakan pakaian yang lembut dan nyaman

Di samping memilih pakaian dengan model yang keren, ada baiknya juga bila Anda mengutamakan kualitas bahannya. Untuk mengurangi gesekan sekaligus mempertahankan kesehatan kulit, pakailah pakaian dengan serat alami seperti katun.

9. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi kulit kering dan mengelupas satu ini mungkin terdengar remeh. Padahal sebenarnya, ada banyak manfaat air putih untuk kecantikan kulit. Di antaranya yaitu membantu mencegah penuaan dini dan mempertahankan kelembaban kulit.

Namun perlu diingat, tidak semua air mineral itu sama. Pastikan untuk memilih air mineral berkualitas seperti AQUA dengan berbagai kebaikan alam murni yang sumbernya terjaga dan telah melalui 400 cek kualitas.

Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah

Bukan hanya pada siku dan tumit saja, kondisi kulit kering juga banyak ditemukan pada wajah. Jika sedang mengalaminya, ikutilah beberapa cara mengatasi kulit kering pada wajah berikut

1. Cuci wajah minimal dua kali sehari

Mencuci muka mungkin terdengar sebagai cara mengatasi kulit kering pada wajah yang paling umum. Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mencuci wajah agar tidak semakin kering. Misalnya seperti menggunakan sabun pembersih yang lembut, bebas alkohol, dan tidak berbusa.

2. Gunakan sabun bebas pewangi

Menyambung poin sebelumnya, Anda juga disarankan untuk menggunakan sabun yang tidak mengandung fragrance atau zat pewangi. Umumnya, sabun bebas pewangi ini berlabel hypoallergenic yang baik untuk mencegah iritasi sekaligus mempertahankan kelembaban kulit [4]. 

3. Jangan lewatkan pelembab

Setelah mencuci muka, pH alami kulit wajah umumnya akan berkurang. Oleh karena itu, cara mengatasi kulit kering pada wajah yang tidak kalah penting yaitu dengan rutin menggunakan pelembab. Apalagi jika kegiatan sehari-hari Anda lebih sering di dalam ruangan ber-AC, jangan sampai melewatkan pelembab ya!

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit & Wajah

4. Manfaatkan oatmeal

Oatmeal bersifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat menenangkan iritasi sekaligus menghilangkan rasa gatal. Anda bisa menggunakannya sebagai masker dengan menambahkan 1 sendok makan madu. Lakukan perawatan ini sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Itu dia beberapa cara mengatasi kulit kering pada wajah dan tubuh secara alami yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Dalam jangka panjang, mempertahankan kelembaban kulit akan membantu Anda untuk terhindar dari penuaan dini. Jadi mulai sekarang, selalu biasakan untuk #AQUADULU setiap hari agar kulit tetap sehat dan bercahaya. Sampai jumpa!

Referensi:

  1. What’s the Best Way to Use an Emollient? - Buka
  2. Everything You Need to Know About Petroleum Jelly - Buka
  3. 8 Home Remedies for Dry Skin - Buka
  4. Dry skin - Buka
  5. Dry skin in dermatology: A complex physiopathology - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.