15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Bersemangat

Kebaikan AirHidup Aktif | 17 Maret 2022

Bagikan:

15 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Agar Bersemangat

Rasa kantuk memang dapat muncul kapan saja. Entah saat bekerja, belajar, atau bahkan di pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini cukup mengganggu karena bisa membuat seseorang terlambat beraktivitas. Maka dari itu, mengetahui bagaimana cara menghilangkan ngantuk di pagi hari mungkin bisa jadi tepat bagi Anda yang sedang mengalami situasi tersebut.

Pada artikel kali ini, AQUA akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan ngantuk berat di pagi hari agar tetap fresh dan terhindar dari bangun kesiangan. Yuk simak!

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Saat bangun di pagi hari, tentu kita berharap untuk bisa produktif dan menjalani berbagai aktivitas dengan penuh semangat. Oleh karena itu, tak jarang munculnya rasa kantuk dapat mempengaruhi mood sepanjang hari. Mulai sekarang, jangan sampai produktivitas Anda terganggu lagi, berikut beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

1. Perbaiki pola waktu tidur

Tahukah Anda jika umumnya ngantuk di pagi hari dikarenakan seseorang tersebut tidak memiliki waktu tidur yang cukup? Yup, idealnya waktu tidur orang dewasa adalah 7 - 8 jam. Namun, tak jarang seseorang memangkas waktu tidurnya sebanyak 1 atau 2 jam menjadi 5 - 6 jam saja yang akhirnya menyebabkan rasa ngantuk setelah bangun tidur.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan berikut, Anda wajib memperbaiki waktu tidur.

2. Jangan tekan tombol snooze pada alarm

Ketika alarm berbunyi, mungkin Anda akan berusaha menambah waktu tidur selama beberapa menit dengan menekan tombol snooze pada alarm. Meski tampak sepele, kebiasaan ini sebenarnya dapat menyebabkan tidur menjadi terputus-putus sehingga memunculkan rasa kantuk saat beraktivitas.

Untuk mengatasinya, cobalah setel dua jenis alarm, yaitu 90 menit sebelumnya dan satu lagi di saat Anda benar-benar ingin bangun. Sebagai contoh, jika Anda ingin bangun di jam 5 pagi, maka disarankan untuk menyetel alarm pertama pada pukul 03.30 dan alarm kedua tepat di jam 5.

Hal ini dinilai efektif karena dianggap mampu membuat siklus tidur Anda menjadi penuh sehingga lebih mudah untuk bangkit dari tempat tidur.

3. Minum air putih

Sebelum mengawali hari, Anda sangat disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu. Sebab kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat tubuh mudah lelah sehingga memicu gangguan mood dan perasaan mengantuk. Kalau Anda juga penasaran bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kuliah, kerja, ataupun aktivitas lainnya, cobalah #AQUADULU.

4. Cuci muka

Jika terasa berat untuk membuka mata setelah bangun tidur, cobalah untuk mencuci muka sesegera mungkin. Pasalnya, percikan air di wajah dapat memberikan sinyal perubahan suhu sehingga tubuh pun akan meresponnya dengan mengembalikan fokus pikiran Anda [1].

5. Lakukan peregangan sederhana

Selama tidur memasuki tahap REM (Rapid Eye Movement), otot Anda akan mengalami relaksasi atau biasa disebut dengan kondisi atonia. Nah untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa melakukan peregangan sederhana yang juga dapat merangsang peningkatan endorfin, yaitu hormon peningkat suasana hati dan rasa semangat [2].

6. Jangan lewatkan sarapan

Banyak manfaat yang akan Anda peroleh dengan rutin sarapan. Bukan hanya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat zoom meeting di pagi hari, sarapan juga akan membantu peningkatan fungsi kognitif otak dengan menyerap nutrisi dalam bentuk glukosa dan glikogen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berkonsentrasi [3].

7. Berjalan santai di luar rumah

Saat rasa kantuk menyerang, cobalah pergi keluar area sekitar rumah untuk sekadar berjalan-jalan santai. Bukan hanya membuat Anda berenergi di pagi hari, paparan sinar matahari juga akan memancing peningkatan kadar serotonin dalam tubuh yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik [4].

Baca juga: 6 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh Anda

8. Konsumsi kafein secukupnya

Kafein, seperti kopi, memang terkenal mampu menghilangkan rasa ngantuk. Anda cukup mengonsumsi 1 cangkir di pagi hari. Perlu diketahui, dosis yang aman untuk mengonsumsi kafein adalah 400 mg sehari atau setara dengan 4 - 5 cangkir [5].

Jadi, hindari mengonsumsi kafein lebih dari yang disarankan, ya. Sebab, dalam jangka panjang, konsumsi kafein terlalu banyak sebenarnya justru membuat tubuh menjadi mudah lelah dan bisa mengganggu produktivitas sehari-hari.

9. Konsumsi asupan gula secukupnya

Glukosa memang baik karena digunakan sebagai sumber energi utama sel-sel dalam tubuh, tak terkecuali sel neuron [6]. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan manis juga bisa dijadikan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Namun, bagi Anda dengan riwayat diabetes, hal ini tidak direkomendasikan dan perlu saran dokter terlebih dahulu. 

10. Buat jadwal aktivitas 

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mencatat apa saja rencana kegiatan Anda kedepannya. Hal ini dinilai dapat mendorong energi karena Anda merasa memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan untuk dikerjakan sepanjang hari.

Akan lebih baik lagi apabila kegiatan di malam hari dipindahkan di pagi atau sore hari sehingga Anda pun akan mendapat jam tidur yang cukup dan bisa bangun lebih segar.

Cara Menghilangkan Ngantuk Berat

Bila terjadi secara terus menerus, selain 10 cara menghilangkan ngantuk di pagi hari pada poin sebelumnya, mungkin Anda juga dapat mencoba beberapa langkah berikut

1. Hindari stres

Tingkat stress yang cukup tinggi ternyata dapat menyebabkan tubuh kelelahan. Hal ini dianggap memicu beragam masalah tidur seperti insomnia sehingga Anda pun lebih mudah mengantuk saat pagi hari. Artinya bila stres dapat teratasi dengan baik, kualitas tidur pun akan meningkat sehingga mampu memicu energi dan rasa semangat saat bangun pagi.

2. Kurangi kebiasaan merokok

Ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang bisa Anda coba. Pasalnya kandungan nikotin dalam rokok dinilai memiliki dampak kurang baik yang dapat mengganggu siklus tidur.

Maksudnya adalah, nikotin memiliki efek stimulan yang bisa membuat seseorang kuat begadang. Sehingga, di pagi hari, ia akan merasa lemas dan mengantuk.

3. Makan makanan bergizi

Kurangnya energi dalam tubuh ternyata juga termasuk penyebab ngantuk. Artinya, cara menghilangkan ngantuk berat yang sebaiknya Anda terapkan yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral.

4. Rutin berolahraga

Dengan berolahraga secara rutin, tubuh bukan hanya terasa semakin sehat dan bugar namun juga akan menjadi jauh lebih bertenaga. Ini merupakan cara menghilangkan ngantuk berat yang patut Anda coba minimal 3 kali seminggu.

Baca juga: Berolahraga Dengan Menggunakan Perabotan Yang Ada Di Rumah

5. Praktikkan kebiasaan tidur yang baik

Kalau Anda benar-benar penasaran bagaimana cara menghilangkan ngantuk di kantor saat kerja, mulai sekarang coba terapkan kebiasaan tidur yang baik. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Mematikan peralatan elektronik termasuk ponsel sekitar satu jam sebelum tidur.
  • Ciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang.
  • Buatlah siklus istirahat. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Itu dia beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang bisa Anda coba. Dari ulasan di atas, dapat dipahami bahwa kelelahan sangat berdampak pada munculnya rasa kantuk. Maka dari itu, jaga selalu energi Anda dengan mencukupi kebutuhan akan air minum dan mineral tubuh. Apapun aktivitasnya, jangan lupa untuk #AQUADULU!

Referensi

  1. 13 Fatigue-Fighting Hacks to Supercharge Your Mornings - buka
  2. 9 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari agar Produktif Sepanjang Hari - buka
  3. Penting untuk Kesehatan Tubuh, Ini 4 Manfaat Sarapan - buka
  4. 4 Cara Tingkatkan Serotonin untuk Mental yang Sehat - buka
  5. Caffeine: How much is too much? buka
  6. Mengenal Glukosa dari Manfaat dan Cara Tubuh Mengolahnya - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.