Logo AQUA

8 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan, Yuk Terapkan!

Hidup Sehat | 07 Desember 2023

Bagikan:

8 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan, Yuk Terapkan!

Mengetahui cara menjaga kebersihan lingkungan dengan baik perlu untuk diketahui. Pasalnya, tingkat kebersihan lingkungan juga berpengaruh terhadap kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu memastikan lingkungan yang Anda tinggali terjaga kebersihannya, seperti terbebas dari sampah berserakan.

Lantas, bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan dengan benar? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari!

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Di mana pun Anda berada, menjaga kebersihan lingkungan penting untuk dilakukan. Selain berpengaruh pada kesehatan, manfaat lingkungan yang bersih cukup beragam.

Untuk itu, Anda perlu benar-benar memahami bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan secara tepat. Nah, berikut beberapa upaya yang dapat Anda lakukan.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sebagian besar tempat yang Anda kunjungi atau tinggali pasti menyediakan tempat sampah di beberapa area.

Untuk itu, pastikan Anda telah membuang sampah pada tempatnya.

Tidak membuang sampah sembarangan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dalam cara menjaga kebersihan lingkungan.

Lingkungan yang terbebas dari sampah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga membuat lingkungan sekitar lebih nyaman dipandang.

2. Memisahkan Jenis Sampah

Selain membuang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah sesuai jenisnya juga tak kalah penting.

Kini, sudah banyak tersedia tempat sampah yang dipisahkan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik.

Usahakan untuk membuang sampah-sampah sejenis logam, plastik, kaca, atau karet pada tong sampah anorganik, dan buang sampah basah seperti kulit buah, daun, atau ranting pohon di kategori organik. 

Sampah anorganik adalah jenis sampah yang dapat didaur ulang menjadi suatu benda. Sedangkan, sampah organik bisa didaur ulang menjadi pupuk kompos.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Lebih Sehat dan Nyaman

3. Daur Ulang Sampah

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekaligus meminimalisir penumpukan sampah adalah dengan melakukan daur ulang.

Setelah memisahkan kedua jenis sampah, organik dan anorganik, Anda dapat memilah sampah-sampah tersebut untuk kemudian di daur ulang.

Anda bisa membuat pupuk kompos yang baik bagi pertumbuhan tanaman dari sampah organik, atau memproduksi benda-benda unik dari sampah anorganik, misalnya kerajinan dari botol plastik, seperti pot bunga

4. Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan

Agar aktivitas membersihkan lingkungan lebih ringan dan menyenangkan, Anda dapat mengadakan atau mengikuti kerja bakti dengan tetangga sekitar.

Biasanya, setiap daerah memiliki agenda kerja bakti rutinan untuk membersihkan lingkungan.

Nah, jangan sampai melewatkan kegiatan ini sebagai cara menjaga kebersihan lingkungan, ya. Kekompakan antar warga tentunya dapat mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan bersih.

5. Menutup Saluran Pembuangan Air

Menutup saluran pembuangan air termasuk dalam cara menjaga kebersihan selanjutnya. Ya, kebersihan lingkungan tentu erat kaitannya dengan sumber air.

Saluran pembuangan air perlu ditutup untuk mencegah sampah yang berasal dari jalanan menghambat saluran air.

Apabila saluran air terhambat, maka berisiko menjadi sarang nyamuk, penyakit serta bisa menimbulkan bau tidak sedap. 

6. Menanam Tanaman

Selain membersihkan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan juga tak kalah penting.

Menanam tanaman akan membuat kualitas tanah menjadi lebih baik dan membuat lingkungan rumah sejuk serta asri. 

Cara menjaga kebersihan berikut ini akan membantu lingkungan Anda terhindar dari polusi udara, menyegarkan mata, sekaligus membuat pikiran lebih tenang. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan Contohnya

Apa Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan?

Untuk meningkatkan motivasi Anda dalam menjaga lingkungan tetap bersih, maka akan lebih baik jika Anda juga memahami manfaat menjaga kebersihan lingkungan.

Jadi, mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan? Secara umum, manfaat menjaga kebersihan lingkungan di antaranya yaitu:

  • Meningkatkan kualitas kesehatan tubuh
  • Terhindar dari polusi udara
  • Lingkungan menjadi lebih asri, aman, nyaman, dan sejuk
  • Meminimalisir risiko banjir dengan membuang sampah pada tempatnya

Itulah beberapa alasan mengapa kita perlu menjaga kebersihan lingkungan secara tepat.

Karenanya, mulailah untuk menjaga kebersihan lingkungan sejak dini, sehingga kebiasaan ini akan terus bertahan hingga di kemudian hari. 

Menjaga kebersihan lingkungan perlu dilakukan secara konsisten, mengingat setiap harinya pasti akan ada sampah atau limbah baru di sekitar kita.

Maka dari itu, terapkan beberapa cara di atas untuk menjaga lingkungan di sekitar Anda tetap bersih, sehingga bermanfaat baik juga bagi kesehatan.

Luangkan waktu di akhir pekan untuk membersihkan lingkungan dengan keluarga maupun tetangga sekitar.

Apabila Anda merasa lelah ketika melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan tersebut, istirahatlah sejenak sembari kembali memenuhi asupan cairan tubuh.

Untuk itu, selalu sediakan #AQUADULU dalam setiap aktivitas Anda, termasuk saat bergotong royong membersihkan lingkungan.

Produk AQUA tersedia dalam kemasan AQUA Life yang kemasannya terbuat dari 100% plastik daur ulang, sehingga lebih ramah untuk lingkungan.

Sebagai air mineral yang terjaga kualitasnya, AQUA juga secara konsisten turut melindungi ekosistem di sekitar sumber airnya. Yuk #AQUADULU!

Baca Juga: Cara Daur Ulang Sampah Plastik dan Manfaatnya bagi Lingkungan

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .