Kemurnian AQUA

Danone-AQUA Menjaga Kebutuhan Hidrasi di Tengah Pandemi

AQUA Jaga Kebutuhan Hidrasi

Di tengah kondisi pandemi saat ini, pemerintah telah membatasi aktivitas di tempat umum dan memberi himbauan untuk bekerja dari rumah sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Namun terdapat beberapa sektor industri yang tetap beroperasi meskipun di tengah pandemi.

Salah satu industri yang tetap beroperasi adalah AQUA. Danone-AQUA masih tetap hadir di tengah masyarakat untuk tetap memastikan keberlanjutan produksi dan ketersediaan pasokan air mineral. Terkait dengan hal ini, banyak kebijakan baru yang diterapkan oleh Danone-AQUA untuk memberi pelayanan terbaik serta melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan dan pekerjanya.

MEMPERKETAT ATURAN KEBERSIHAN DAN KESEHATAN

Meski menggunakan mesin produksi yang serba otomatis, kehadiran para pekerja untuk memastikan bahwa sistem dan mesin produksi berjalan dengan baik tetap dibutuhkan. Sehingga teknisi mesin produksi tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasa.

Namun setelah munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia, Danone-AQUA melakukan tindakan cepat untuk memperketat standar kebersihan dan kesehatan di seluruh pabrik Danone-AQUA.

  1. PENGUKURAN SUHU TUBUH
    Sebelum memasuki lokasi kerja, karyawan harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu yakni pertama, pengukuran suhu tubuh menggunakan alat deteksi suhu badan digital dengan catatan karyawan yang memiliki suhu tubuh tinggi tidak diperkenankan untuk bekerja dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kemudian beristirahat di rumah.

  2. PENYEMPROTAN CAIRAN DESINFEKTAN, CUCI TANGAN DAN MENGGUNAKAN APD
    Kedua, penyemprotan sepatu dengan cairan desinfektan. Ketiga, sebelum bekerja wajib mencuci tangan. Keempat, menggunakan alat keselamatan dan alat pelindung diri dan keselamatan kerja. Semua prosedur ini harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua karyawan Danone-AQUA.“Menghadapi kondisi saat ini,  berbagai protokol telah disesuaikan agar keselamatan kerja tetap terjaga dan kualitas produksi tetap menjadi prioritas,” ujar Raden Achmad Hidayat, salah seorang teknisi mesin di pabrik Danone-AQUA kawasan Ciherang, Jawa Barat.
  3. MENERAPKAN PHYSICAL DISTANCING
    Tidak hanya memperketat aturan kebersihan dan kesehatan, Danone-AQUA juga menerapkan jarak aman selama di lokasi kerja. Dengan menerapkan jarak minimal dua meter jauhnya dan tidak melakukan kontak fisik antar sesama karyawan, merupakan bentuk upaya pencegahan yang harus ditaati oleh semua karyawan Danone-AQUA.Selain itu, di setiap sudut pabrik telah disertai panduan garis dan titik untuk jarak aman berdiri sehingga karyawan dapat mengikuti panduan tersebut selama proses produksi berlangsung tanpa kekhawatiran.

MENJAGA KUALITAS PRODUK

Memperketat aturan kebersihan dan kesehatan serta menerapkan jarak aman tentu belum cukup dikatakan sebagai upaya yang dilakukan Danone-AQUA selama proses produksi di tengah pandemi saat ini. Namun, Danone-AQUA berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas produk sehingga mampu menyediakan kebutuhan hidrasi yang sehat dan aman untuk masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, tak hanya teknisi mesin yang harus tetap bekerja, analis laboratorium Danone-AQUA juga harus tetap bekerja seperti biasa guna menjaga kualitas mulai dari bahan baku hingga menjadi produk jadi yang siap dikonsumsi oleh konsumen. Hal ini disampaikan oleh salah seorang analis di pabrik Danone-AQUA, Tita, bahwa ia memperhatikan kecermatan dalam melaksanakan serangkaian kegiatan analisis khususnya di tengah kondisi pandemi saat ini. Karena kontribusinya sangat berperan penting dalam menjaga kualitas yang sama di setiap tetesnya. “Kami tetap bekerja guna memastikan kebutuhan air mineral berkualitas untuk masyarakat selalu tersedia,” ujar Tita Yunita, salah seorang analis di pabrik Danone-AQUA.

DISTRIBUSI TETAP BERJALAN LANCAR DAN AMAN

Tak cukup menjaga kualitas hasil produksi, Danone-AQUA juga berkomitmen menjaga kualitas air minum hingga sampai di tangan konsumen. Dalam proses distribusi produk, para agen distributor lah yang bertanggung jawab untuk memastikan proses distribusi berjalan dengan lancar ke seluruh jaringan distribusi di Indonesia, baik itu dari pabrik Danone-AQUA ke depo maupun dari depo ke pelanggan.

Dengan kondisi pandemi saat ini, dimana pemerintah memberi himbauan untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas di luar, agen distributor dan mitra AQUA Home Service (AHS) memiliki peran penting dalam pendistribusian produk hingga sampai ke tangan konsumen. Sehingga beberapa kebijakan dan aturan baru yang telah ditetapkan Danone-AQUA untuk menghadapi pandemi ini juga harus ditaati dan diterapkan oleh para agen distributor dan mitra AHS. Beberapa diantaranya adalah wajib menggunakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan membawa hand sanitizer saat mengantar produk ke rumah konsumen.

“Semua karyawan pengantar harus menggunakan masker, itu wajib. Setiap yang datang untuk mengambil galon juga harus mencuci tangan, dan berangkat mengantar dengan membawa hand sanitizer. Aturan ini saya harap dapat membantu melindungi konsumen dan juga para karyawan pengantar itu sendiri,” ucap Yetty, salah seorang mitra AHS di kawasan Cibinong, Bogor. Yetty juga menambahkan bahwa yang terpenting adalah, kebutuhan hidrasi konsumen tetap dapat terpenuhi.

Bagi Danone-AQUA, mereka yang tetap harus bekerja, dengan caranya masing-masing merupakan sosok pahlawan yang patut diapresiasi setinggi-tingginya atas komitmen dan kerja keras mereka. Danone-AQUA mengajak setiap konsumen untuk turut berperan memperkecil resiko penyebaran dengan mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah atau setidaknya membatasi mobilitas. Sehingga nantinya semua tetap sehat dan kondisi semakin membaik agar dapat menjalani aktivitas seperti sedia kala.