Kemurnian Air

Fakta Air Mineral yang Perlu Anda Ketahui

By Kemurnian Air | January 30, 2019 No Comments

Tanpa disadari, air mineral sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan air mineral?

Berdasarkan namanya, sudah dapat diketahui bahwa air mineral adalah air yang mengandung mineral. Dikenal istilah natural mineral water yaitu air yang didapatkan dari sumber air bawah tanah, yang di dalamnya mengandung beberapa jenis mineral. Air jenis ini biasa dimasukkan ke dalam kemasan yang sering Anda minum.

Sumber air bawah tanah memang secara alami mengandung mineral. Terdapat empat jenis mineral yang terkandung di dalam air mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan natrium. Kandungan berbagai mineral tersebut dapat berbeda-beda tergantung dengan sumber mata airnya. Kira-kira, apa saja manfaat mineral-mineral tersebut?

Kalsium merupakan mineral yang tidak asing Anda dengar. Kalsium tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga sebagai pengatur kontraksi otot. Anda bisa memperoleh kalsium dari sumber pangan, seperti pada susu, kacang-kacangan, dan rumput laut.

Magnesium merupakan mineral yang berperan untuk kerja berbagai macam enzim di dalam tubuh. Magnesium banyak ditemukan pada kacang-kacangan, cokelat, sayuran hijau, dan serealia.

Salah satu mineral yang penting dalam tubuh adalah kalium. Kalium berfungsi untuk komunikasi antar sel saraf. Kalium banyak terdapat pada pisang, rebung, alpukat, air kelapa, dan kacangkedelai.

Mineral lain yang dianggap vital untuk kerja tubuh adalah natrium. Natrium berperan dalam menjaga volume cairan tubuh. Natrium banyak ditemukan pada garam, seledri, dan susu.

Demikianlah fakta singkat mengenai air mineral. Air yang mengandung mineral dapat ditemukan di alam, yakni sumber air bawah tanah. Mineral-mineral tersebut juga terdapat pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Semuanya memiliki manfaat yang tak terhingga bagi kesehatan.

[RS/RH]