Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan yang Benar, Ikuti Yuk!

Hidup Sehat | 05 Oktober 2022

Bagikan:

Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan yang Benar, Ikuti Yuk!

Umumnya, proses metabolisme setiap orang akan berbeda. Namun, sebenarnya terdapat jadwal makan untuk menambah berat badan yang bisa Anda ikuti.

Dalam proses menaikkan berat badan, bukan hanya kebutuhan kalori yang perlu diperhatikan. Tetapi mengetahui jadwal secara efektif juga turun berpengaruh.

Jadi, kapan saja jadwal makan untuk menurunkan berat badan yang benar dan bisa Anda coba terapkan? 

Yuk simak pembahasan berikut ini agar mengetahuinya.

Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan

Jika Anda berencana menambah berat badan atau diet tinggi kalori, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu di perhatkan. 

Pertama, bagaimana cara memilih makanan secara tepat dan menghitung kebutuhan kalori. 

Meski tujuannya menambah berat, namun Anda perlu memastikan makanan yang tepat.

Selanjutnya, yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah memperhatikan jadwal makan. 

Anda dapat mengatur jam makan sebanyak 5 - 6 kali sehari. 

Tenang, yang dimaksud di sini bukan makan besar 5 kali sehari, namun Anda bisa menyelinginya dengan camilan. 

Selain itu, untuk meningkatkan berat badan Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak kalori. 

Namun, dalam menaikkan jumlah konsumsi harian perlu dilakukan perlahan-lahan. 

Misalnya hari ini dinaikkan 300 kkal dari biasanya, lalu keesokan harinya naik menjadi 300. 

Hal ini bertujuan memberikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi guna menghindari masalah pencernaan.

Lantas, agar tujuan Anda cepat berhasil, kapan saja jadwal makan untuk menambah berat badan yang efektif?

1. Sarapan

Jadwal jam makan untuk menambah berat badan di pagi hari bisa dimulai pukul 07.00 - 09.00. 

Beberapa menu yang direkomendasikan saat sarapan di antaranya telur orak arik, olahan oatmeal dan susu rendah lemak, dan 1 gelas jus jeruk.

Selain makanan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan beragam menu sehat lainnya. 

Aturlah jumlah kalori sebanyak 350 kkal saat sarapan. 

Jangan lupa juga untuk minum AQUA sebelum dan sesudah sarapan.

Baca juga: 12 Cara Menambah Nafsu Makan yang Menyehatkan Secara Alami

2. Camilan Menjelang Siang

Selain pada jam-jam prima, Anda dapat memperbanyak asupan kalori harian dengan mengonsumsi camilan penambah berat badan menjelang siang hari. 

Sekitar jam 10, bisa makan menggunakan menu apa pun. 

Misalnya, smoothies, roti atau segelas susu yang memiliki kalori lebih tinggi sekitar 200 kkal. Lengkapi juga camilan Anda dengan AQUA, supaya kebutuhan air harian Anda terpenuhi.

3. Makan Siang

Jadwal makan untuk menambah berat badan yang tak boleh terlewatkan selanjutnya adalah makan siang. 

Sekitar pukul 12.00 sampai 13.00, Anda bisa mengonsumsi makanan berat dengan kalori lebih tinggi. 

Makan siang berguna untuk mengisi kembali kalori yang terbakar selama bekerja mulai dari pagi hingga siang. 

Contohnya seperti, roti lapis, kentang goreng atau susu kocok yang memiliki total kalori sebanyak 1031. 

Anda juga perlu mengingat untuk minum AQUA saat makan siang.

4. Camilan Sore

Jadwal makan untuk menambah berat badan pada sore hari (sekitar jam 3 - 4) bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi camilan-camilan ringan.

Misalnya seperti camilan buah-buahan, yogurt atau kacang-kacangan.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Metabolisme Cepat dan Cara Mengontrolnya

5. Makan Malam

Penelitian menemukan bahwa saat makan malam di atas jam 8 malam, seseorang akan lebih mudah gemuk, jika dibandingkan dengan orang yang berhenti makan di bawah jam 8. 

Pilihlah makanan tinggi protein dan kalori, seperti:

  • Paha ayam (259 kalori).
  • Sayuran tinggi kalori, salah satunya terong (198 kalori).
  • 150 gram nasi merah (179 kalori).

6. Camilan Malam Hari

Jadwal makan untuk menambah berat badan adalah membiasakan makan malam, dia atas jam 8 malam. 

Namun, jangan terlalu dekat dengan waktu tidur, setidaknya 2 - 3 jam sebelum tidur agar nutrisi dalam makanan bisa dicerna dan terserap sempurna.

Beberapa rekomendasi camilan untuk malam hari adalah yogurt, biskuit, susu hangat yang rata-rata memiliki 300-an kalori.

Itulah beberapa jadwal jam makan untuk menambah berat badan. 

Agar berat badan cepat bertambah, Anda disarankan mengonsumsi sebanyak 3000 - 4000 kalori.

Pola makan ini juga efektif dalam menambah massa otot dan pembentukan otot.

Jenis Makanan untuk Menambah Berat Badan

Meski berencana menambah berat badan, namun pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang tepat sehingga bisa mendapatkan gizi dan nutrisi seimbang. 

Berikut beberapa jenis makanan sehat tinggi kalori untuk menambah berat badan.

1. Daging Merah

Daging merah mengandung protein tinggi dan lemak baik yang dapat membantu Anda dalam membentuk massa otot dan menambah berta badan. 

2. Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kalori tinggi sebanyak 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat sehingga efektif untuk menambah berat badan. 

Alpukat juga mengandung lemak baik yang bserguna mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Makanan Berkalori Tinggi & Sehat untuk Tambah Berat Badan

3. Olahan Susu

Dalam susu terkandung protein, karbohidrat dan lemak baik yang aman dikonsumsi tubuh. 

Minumlah 2 gelas susu sesaat sebelum olahraga dan sesudahnya agar lebih cepat gemuk.

4. Salmon dan Minyak Ikan

Salmon merupakan sumber lemak omega-3 dan protein yang tidak hanya bisa menambah berat badan namun juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Tips Menambah Berat Badan Lainnya

Besar kecilnya berat badan seseorang dipengaruhi oleh metabolisme atau bisa juga bawaan alami. 

Namun, bagi mereka yang merasa terlalu kurus, seringkali mencari berbagai cara untuk menambah berat badan demi kesehatan.

Selain mengikuti jadwal makan untuk menambah berat badan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada cara lain bagi Anda yang ingin menambah berat badan. 

Berikut beberapa tips menambah berat badan yang bisa Anda coba:

  • Menambah intensitas makan dan memperbanyak mengonsumsi camilan. Untuk menyiasatinya, Anda juga bisa menggunakan piring lebih besar.
  • Minum susu murni untuk menghilangkan haus guna mendapatkan asupan protein dan kalori berkualitas tinggi.
  • Cobalah mengonsumsi suplemen penambah berat badan. Untuk tips satu ini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar terjamin keamanannya.
  • Memperbaiki kualitas tidur bermanfaat untuk pertumbuhan otot, diiringi dengan latihan beban agar massa otot bertambah dan mencegah penumpukan lemak, sehingga berat badan tetap naik dengan cara yang sehat.
  • Mendahulukan konsumsi makanan kemudian diimbangi dengan sayuran.
  • Konsisten dan sabar menunggu hasilnya, karena ini bukanlah proses yang instan.

Nah, itu dia pembahasan mengenai jadwal makan untuk menambah berat badan secara efektif dan bisa Anda terapkan. 

Selain memperhatikan jadwal, usahakan juga memilih makanan yang mengandung nutrisi sehat ya.

Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih agar metabolisme terjaga dengan baik. Selalu sediakan #AQUADULU dalam setiap aktivitas makan dan olahraga Anda!

Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan yang Patut Dicoba

Referensi:

  1. Ini Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan dengan Diet Tinggi Kalori - Buka
  2. 6 Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Paling Efektif - Buka
  3. Tips Menambah Berat Badan Menjadi Lebih Ideal - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .