Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Liburan Jalan, diet juga tetap jalan. Bagaimana sih tipsnya?

Kebaikan AirHidup Sehat | 28 Desember 2021
Liburan Jalan, diet juga tetap jalan. Bagaimana sih tipsnya?

Tiap orang memiliki tujuan yang berbeda saat menjalani diet. Ada yang ingin mendapatkan berat badan ideal, atau menjaga berat badan agar tetap stabil, hingga sekedar menerapkan pola hidup yang sehat. Namun, terkadang pola makan yang sudah kita jaga kerap tidak terkontrol saat liburan tiba, terutama saat makanan lezat terhidang di depan mata ketika berwisata kuliner.

Tapi perlu diingat, pola makan yang sehat bukan berarti kamu tidak bisa menikmat momen liburanmu. Kamu hanya perlu memastikan jenis dan porsi makan tidak berlebihan agar berat badan terjaga. Ada beberapa cara untuk menjaga berat badanmu ketika liburan, yaitu:

Berjalan Kaki

Mengelilingi objek wisata dengan berjalan kaki bisa membuat anda lebih menikmati pemandangan dan suasana alam sekitar. Terlebih, jalan kaki di tempat yang baru tidak akan membuat anda cepat merasa lelah, sehingga Anda bisa membakar kalori lebih banyak sambil berjalan dan bercerita bersama orang terdekat.

Perhatikan Porsi Makan

Banyaknya makanan lezat memang sulit untuk dihindari, apalagi makanan tersebut sudah anda nantikan dan sulit ditemukan di daerah tempat tinggal anda. Jangan sedih, diet bukan berarti anda tidak boleh makan makanan enak. Anda tetap bisa menikmatinya namun dengan porsi yang secukupnya.

Hal yang membuat diet gagal bukan dari jenis makanannya, tapi porsi yang kita konsumsi. Terkadang, makanan enak membuat kita 'lapar mata' sehingga tanpa sadar kita makan dengan porsi yang berlebih. Jadi, disarankan untuk ambil tiap makanan yang ingin dicoba dalam porsi kecil dan imbangi dengan konsumsi buah dan sayuran.

Bawa Camilan Sehat

Sediakan camilan sehat untuk mengganjal perut yang lapar di tengah perjalanan liburan Anda. Hal ini mencegah makan berlebihan setibanya di lokasi liburan. Bagi yang libur di rumah, camilan sehat bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi sambil menonton film atau membaca buku. Selain bikin kenyang, camilan sehat juga rendah kalori sehingga mencegah berat badan bertambah. Camilan sehat yang bisa dikonsumsi antara lain yoghurt, sereal, oatmeal, cokelat hitam, dan buah-buahan.

Tidur Cukup

Padatnya aktivitas saat liburan terkadang membuat tubuh kita kelelahan sehingga membutuhkan istirahat yang berkualitas pada malam hari. Oleh karena itu, tetap jaga kualitas tidur Anda dengan beberapa cara berikut:

  • Jangan makan berat pada malam sebelum tidur
  • Buat jadwal tidur, pastikan kamu tidur dan bangun pada waktu yang sama.
  • Buat tubuhmu rileks sebelum tidur, misal dengan mandi air hangat, membaca buku, atau meditasi. Bila perlu, Anda sudah berada 1 jam sebelum waktu jam tidur yang telah direncanakan.

Minum Air Putih yang Cukup

Saat liburan, pastikan anda selalu siap sedia air putih guna mengganti cairan tubuh yang hilang. Membawa air putih dalam botol bisa membantu Anda dari godaan membeli minuman manis berkalori tinggi.

Pastikan air minum yang Anda konsumsi berkualitas baik sehingga memberikan hasil yang baik bagi tubuh. Selalu sedia AQUA yang memiliki berbagai variasi ukuran sehingga Anda bisa dengan nyaman memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda. Ada AQUA 600ml yang cocok untuk dibawa bepergian, ukuran 330ml yang pas untuk jadi teman makan, hingga ukuran galon untuk kebutuhan hidrasi di tempat tinggal Anda. Hanya AQUA yang memiliki 3 perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, sehingga mineral nya terjaga dan juga di proses secara seksama sehingga keaslian nya terjaga hingga ke tangan kita. Praktis banget, kita perlu untuk selalu sedia AQUA botol di dimanapun dan kapanpun biar tidak lupa untuk mendapatkan hidrasi.

Jangan lupa jadikan AQUA teman hidrasi kamu ya!

 

Source:
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/turun-berat-badan-saat-liburan/
https://www.halodoc.com/artikel/tetap-diet-saat-liburan-tahun-baru-ini-triknya