10 Pilihan Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat & Bergizi

Hidup Sehat | 30 Mei 2022

Bagikan:

10 Pilihan Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat & Bergizi

Banyak orang berpikir bahwa untuk menaikkan berat badan, maka Anda harus makan dalam porsi yang besar. Meski tak sepenuhnya salah, namun cara tersebut bukanlah pilihan tepat karena membuat asupan nutrisi tubuh tidak seimbang. Akan lebih baik jika Anda memilih dan memperhatikan jenis makanan penambah berat badan serta kandungan gizi di dalamnya.

Ya, ada begitu banyak makanan berkalori tinggi sekaligus kaya akan nutrisi yang bisa Anda pilih untuk membantu menambah berat badan. Lantas, apa saja itu? Agar tidak penasaran, yuk langsung saja intip daftar makanan penambah berat badan orang dewasa maupun anak-anak di bawah ini!

Rekomendasi Makanan Penambah Berat Badan

Pada dasarnya, dalam upaya meningkatkan berat badan Anda, selain dari makanan berat badan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetik, pola hidup, dan ada tidaknya penyakit yang diderita.

Nah, untuk bisa meningkatkan berat badan secara ideal, Anda perlu menambah jumlah asupan kalori harian dengan mengonsumsi jenis makanan yang sehat dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, serta gula alami. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penambahan asupan kalori tersebut sebaiknya dilakukan secara bertahap, yaitu sekitar 300 sampai 500 kalori setiap hari.

Anda tidak disarankan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa memperhatikan total kalori yang dikonsumsi. Pasalnya asupan kalori berlebih dalam jangka panjang berisiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas, stroke, hingga penyakit jantung.

Maka dari itu, penting untuk Anda memilih jenis makanan penambah berat badan dengan tepat. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

1. Roti Gandum

Roti gandum dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda dijadikan sebagai makanan penambah berat badan. Roti ini memiliki kandungan kalori yang tubuh perlukan, yakni sekitar 138 kkal pada dua helai roti gandum utuh. Anda dapat mengkonsumsinya bersama makanan sehat lain, seperti telur, keju, dan daging guna memberikan nutrisi lengkap bagi tubuh.

2. Pasta

Apabila Anda merasa bosan dengan nasi atau roti-rotian, Anda bisa memilih pasta sebagai pengganti jenis sumber karbohidrat lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Pasalnya, makanan penambah berat badan satu ini memiliki kandungan kalori sebanyak 139 kkal pada setiap 100 gram penyajiannya [1].

Selain enak, pasta juga cukup mudah untuk diolah sebagai menu sarapan atau makan siang, bahkan makan malam. Anda bisa membuat sebuah spaghetti lezat dengan menambahkan keju di dalamnya.

3. Kentang dan Umbi-umbian Lain

Rekomendasi makanan penambah berat badan orang dewasa maupun anak-anak berikutnya ialah kentang dan jenis umbi-umbian lain, seperti ubi jalar atau singkong. Kentang sendiri merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks atau pati yang menyimpan kalori sekitar 62 kkal dalam 100 gram penyajiannya [1].

Baca juga: 5 Kriteria Makanan Sehat dan Bergizi, Ini Tips Menerapkannya!

4. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat cocok Anda masukkan ke dalam daftar makanan penambah berat badan harian yang sehat dan bergizi. Bagaimana tidak, hewan laut satu ini tergolong sebagai sumber nutrisi terbaik karena sangat kaya akan protein dan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan cuma itu, ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi organ maupun psikologis. Dalam 100 gram ikan salmon segar, terdapat sekitar 13,4 gram lemak, 20,4 gram protein, serta 208 kalori [1].

5. Daging Merah

Selain memiliki banyak kandungan kalori, daging merah yang berasal dari sapi dan kambing juga dikenal sebagai makanan tinggi protein. Protein sendiri bisa membantu membentuk dan meningkatkan massa otot tubuh jika disertai dengan olahraga teratur, sehingga secara tidak langsung akan menambah berat badan Anda.

Oleh karena itulah daging merah termasuk makanan penambah berat badan yang ideal. Anda bisa mendapatkan sekitar 273 kalori, 22 gram lemak, serta 17,5 gram protein dalam 100 gram daging sapi berlemak [1].

6. Telur

Pilihan makanan penambah berat badan yang sehat, lezat, dan tentunya mudah ditemukan adalah telur. Ya, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis sajian dan mengonsumsinya bersama sumber nutrisi lain, entah itu roti, pasta, kentang, dan lain-lain. Adapun kandungan gizi dalam 100 gram telur ayam utuh di antaranya 0,7 gram karbohidrat, 10,8 gram lemak, 12,4 gram protein, serta 154 kalori [1].

7. Susu

Suatu penelitian menyebutkan bahwa susu bisa membantu meningkatkan massa otot, terutama jika diimbangi dengan latihan kekuatan seperti angkat beban. Itulah alasan mengapa susu cocok menjadi pilihan makanan penambah berat badan.

Di samping itu, susu juga termasuk dalam makanan sehat dan bergizi karena mengandung beragam nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, vitamin, serta mineral.

8. Keju

Produk olahan susu seperti keju juga merupakan jenis makanan penambah berat badan yang sangat mudah ditemukan. Anda bahkan bisa memilih salah satu dari berbagai macam variannya, mulai dari keju cheddar, mozarella, parmesan, feta, dan masih banyak lagi. Makanan ini mengandung sekitar 20,3 gram lemak, 22,8 gram protein, serta 326 kalori dalam 100 gram penyajiannya.

9. Kurma

Jarang diketahui, kurma merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh karena menyimpan kandungan serat, vitamin, serta mineral penting lainnya. Tak hanya itu, buah satu ini juga cocok Anda pilih sebagai makanan penambah berat badan karena memiliki banyak kalori dan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa.

Adapun kandungan gizi dalam 100 gram buah kurma di antaranya 75 gram karbohidrat, 1,8 gram protein, serta 277 kalori [1].

Baca juga: 8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

10. Alpukat

Masih dengan buah-buahan, makanan penambah berat badan yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu sarapan sehat adalah buah alpukat. Buah ini diketahui sebagai satu-satunya buah yang kaya akan kandungan lemak sehat, kalori, vitamin, serta mineral penting.

Dalam 100 gram alpukat segar, terdapat sekitar 7,7 gram karbohidrat, 6,5 gram lemak, 0,9 gram protein, dan 85 kalori. Untuk mengonsumsinya, tambahkan saja alpukat ke dalam campuran salad ataupun roti lapis.

Nah, kini Anda sudah tahu kan apa saja makanan penambah berat badan yang sehat dan tentunya kaya akan nutrisi. Di samping itu, cobalah imbangi dengan pola makan sehat, seperti rutin minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Mengonsumsi air putih akan membantu memenuhi asupan cairan tubuh harian sehingga Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Bukan cuma itu, minum air putih yang cukup juga dianjurkan karena dapat memberikan banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh karenanya, pastikan Anda selalu sedia #AQUADULU kapanpun dan dimanapun agar bisa menerapkan kebiasaan minum air putih tersebut setiap hari.

AQUA sendiri merupakan air mineral berkualitas yang dikemas langsung dari sumbernya selama lebih dari 48 tahun. Bahkan, kemurniannya juga selalu terjaga karena telah melalui 400 pengecekkan hingga akhirnya tiba di tangan Anda.

So, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Referensi:

1. Ingin Cepat Menambah Berat Badan? Coba Pilihan Makanan Ini! - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.