8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Kaya Antioksidan

Hidup Sehat | 11 Mei 2022

Bagikan:

8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Kaya Antioksidan

Jarang diketahui, kacang almond merupakan salah satu makanan tinggi nutrisi yang menyimpan begitu banyak khasiat bagi tubuh manusia. Adapun manfaat kacang almond di antaranya ialah mengontrol berat badan, menurunkan kadar kolesterol, hingga mampu menjaga kesehatan jantung

Maka dari itu, jenis biji-bijian satu ini sangat cocok Anda masukkan ke dalam menu makan sehat setiap harinya.

Bagaimana tidak, kandungan kacang almond untuk setiap 1 ons terdiri dari seperdelapan kebutuhan protein harian manusia [2]. Namun bukan cuma itu, sebagai makanan sumber nutrisi, masih ada berbagai manfaat kacang almond untuk kesehatan lainnya yang juga tak kalah penting. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Kandungan Kacang Almond

Sebelum membahas terkait manfaat kacang almond untuk kesehatan, ada baiknya Anda mengetahui komposisi pada 100 gram kacang almond di bawah ini.

  • 21.15 g Protein
  • 3.802 g Lemak
  • 12.5 g Serat
  • 269 mg Kalsium
  • 21.55 g Karbohidrat
  • 270 mg Magnesium
  • 2.179 mg Mangan
  • 579 Kal Energi

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Melihat berbagai kandungan kacang almond di atas, makanan satu ini menawarkan begitu banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mencegah Kerusakan Oksidatif dalam Tubuh

Salah satu kandungan kacang almond ialah Vitamin E, yakni sebanyak 7,27 mg untuk setiap satu ons-nya, dimana kadar ini kurang lebih setengah dari kebutuhan harian seseorang [1]. Vitamin E sendiri pada dasarnya mengandung antioksidan yang mampu membantu mencegah kerusakan oksidatif di tubuh Anda. Hal ini berisiko menyebabkan sejumlah masalah kesehatan atau penyakit. 

Kerusakan oksidatif umumnya dikarenakan radikal bebas yang menumpuk terlalu banyak. Walaupun tubuh dapat menghilangkannya secara alami, namun asupan antioksidan juga bisa membantu mengatasinya dengan lebih baik.

Di samping itu, ilmuwan juga menyebutkan bahwa memenuhi asupan Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer [2].

2. Menurunkan Risiko Kanker

Selain membantu mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh, manfaat kacang almond bagi kesehatan berikutnya ialah menangkal radikal bebas penyebab terjadinya kanker. Bahkan, Vitamin E beserta antioksidan di dalam kacang almond yang Anda konsumsi diketahui mampu menurunkan risiko kanker payudara dua sampai tiga kali lebih rendah daripada orang yang tidak [2].

Baca juga: Ini Cara Menurunkan Gula Darah dengan Air Putih Secara Alami

3. Mengontrol Gula Darah

Khasiat kacang almond lainnya ialah membantu mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan kacang almond sangat kaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin, mineral, serat dan termasuk makanan tinggi protein.

Terlebih lagi, kacang almond mengandung jumlah magnesium yang cukup tinggi, yakni 76,5 mg per ons atau sekitar 18%-24% kebutuhan harian orang dewasa [1].

Magnesium sendiri merupakan jenis mineral yang berperan penting pada sebagian besar proses tubuh, salah satunya dalam mengontrol gula darah sekaligus mengoptimalkan fungsi insulin. 

Almond juga menurunkan nilai GI atau glycemic index makanan yang Anda konsumsi serta membantu mengurangi lonjakan glukosa darah postprandial setelah makan.

Oleh karenanya, bisa dibilang makanan satu ini merupakan pilihan sempurna bagi para penderita diabetes. Sebab, orang dengan diabetes tipe 2 umumnya memiliki kadar magnesium yang cukup rendah [1].

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bukan cuma sekadar mengontrol gula darah, manfaat kacang almond untuk kesehatan ialah juga membantu menurunkan tingkat tekanan darah atau hipertensi. Sebab, tekanan darah tinggi umumnya terjadi lantaran tubuh Anda kekurangan asupan magnesium. Sehingga, mengonsumsi kacang almond bisa jadi salah satu solusinya.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, kacang almond merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi. Pasalnya, Almond mengandung asam lemak tak jenuh lebih tinggi dibanding asam lemak jenuh. Hal ini memfasilitasi perubahan yang menguntungkan dalam profil asam lemak.

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa salah satu manfaat kacang almond untuk kesehatan ialah menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah Anda secara efektif [1]. Di samping itu, khasiat kacang almond juga bisa membantu meningkatkan atau mempertahankan kadar HDL atau kolesterol baik.

Baca juga: 8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang almond yang tak kalah penting ialah sebagai makanan sehat untuk jantung. Mengingat kandungan kacang almond cukup tinggi akan Vitamin E, hal tersebut menjadikannya mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sekaligus memperlancar aliran darah.

Seperti disebutkan sebelumnya juga, manfaat kacang almond ialah mengatasi tekanan darah tinggi yang berisiko menyebabkan penyakit jantung. Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, Anda disarankan mengonsumsi kurang lebih 45 gram almond setiap harinya [2].

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Berbagai kandungan kacang almond, mulai dari protein, tembaga, mangan, magnesium, seng, hingga kalsium memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Beragam macam nutrisi baik tersebut juga sekaligus meningkatkan kekuatan atau kepadatan tulang Anda.

8. Mengontrol Berat Badan

Tahukah Anda, kandungan protein dan serat yang terdapat dalam kacang almond mampu meningkatkan rasa kenyang. Hal ini akan membantu Anda mengurangi asupan kalori menjadi jauh lebih sedikit dari biasanya, apalagi mengingat kacang almond rendah karbohidrat.

Selain karena sifatnya yang mengenyangkan, kacang juga bisa meningkatkan metabolisme sehingga cukup efektif dalam menurunkan berat badan [1]. Perlu Anda ketahui pula, sekitar 10 sampai 15% kalori pada kacang almond tidak diserap oleh tubuh lantaran beberapa jenis lemaknya yang sulit dicerna.

Itulah berbagai manfaat kacang almond untuk kesehatan beserta kandungannya yang patut Anda ketahui. Walaupun jenis kacang ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh Anda, namun pastikan Anda tidak mengonsumsinya berlebihan ya.

Penting juga untuk mengimbangi konsumsi makanan sehat satu ini dengan rutin minum air putih yang cukup. Sebab, meskipun kacang almond cukup efektif dalam meningkatkan kesehatan maupun mengontrol berat badan, akan tetapi hal tersebut tak berarti bila asupan cairan tubuh tidak terpenuhi.

Minum air putih juga berkhasiat menambah rasa kenyang, menjaga kesehatan jantung, ginjal, beserta organ lainnya. Oleh karena itu, selalu sediakan #AQUADULU di rumah agar kesehatan dan fungsi tubuh tetap optimal setiap hari. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  1. 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds - Buka
  2. The health benefits of almonds - Buka
  3. Kandungan Nutrisi dan 7 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan - Buka
  4. Kamil, Alison; Chen, C.-Y. Oliver (2012). Health Benefits of Almonds beyond Cholesterol Reduction. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 60(27), 6694–6702. doi:10.1021/jf2044795

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.