Menjadi Kreatif dengan Kerajinan dari AQUA Gelas

Kebaikan AirBijak Berplastik | 28 Agustus 2020
Menjadi Kreatif dengan Kerajinan dari AQUA Gelas

Ketika berbicara tentang barang bekas, sebagian orang akan berpikir bahwa barang tersebut sudah tidak memiliki nilai. Padahal, anggapan ini tidak selamanya benar, karena barang bekas pun bisa dipakai kembali sebagai bahan untuk kreasi yang bisa memiliki nilai kreatif tersendiri.

Dengan kreativitas dan keinginan untuk memaksimalkan barang bekas yang dimiliki, maka kita bisa menghasilkan sesuatu dari barang bekas sehingga memiliki fungsi baru.

Kenyataannya, ada begitu banyak karya yang bisa dihasilkan dari barang-barang bekas di kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, ada pengrajin yang menjadikan kreasi dari barang-barang bekas sebagai mata pencahariannya.

Jadi apabila di sekitar lingkungan rumah Anda ada beberapa barang bekas, sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuangnya. Karena bisa jadi melalui barang-barang ini, akan ada suatu karya menarik yang bisa diciptakan.

Salah satu barang bekas yang dapat dikreasikan ke dalam berbagai hal yang kreatif adalah kemasan AQUA, terutama AQUA gelas dan juga AQUA dalam bentuk botol.

Nah, melalui artikel yang satu ini kami akan coba memberikan beberapa ide menarik mengenai kerajinan dari AQUA gelas dan AQUA botol apa saja yang sekiranya dapat Anda kreasikan. Ingin tahu lebih lanjut? Simak terus artikel ini, ya!

Celengan

Untuk ide yang pertama ini, bisa jadi sangat cocok untuk dikreasikan bersama Anda yang telah memiliki Anak. Karena selain mengembangkan sisi kreatifnya, membuat celengan juga dapat mengajarkan Anda agar rajin dalam menabung.

Sebelum memulai proses kreasi, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dan perlengkapan seperti 2 buah botol AQUA bekas beserta 5 tutup botolnya, lem, lalu cutter atau gunting. Untuk botol AQUA, bisa memakai kemasan 600ml ataupun 1500ml, tergantung keinginan Anda untuk memiliki celengan sebesar apa.

Tahap pembuatan:

  1. Yang pertama, siapkan terlebih dahulu 1 botol AQUA yang telah dipotong menjadi dua bagian. Usahakan agar memotong bagian tengahnya. Setelah dipotong menjadi dua, sambungkan potongan tersebut dengan posisi yang sama, di mana satu bagian menjadi lebih kecil.

  2. Tahap berikutnya adalah merubah 5 tutup botol yang telah disiapkan menjadi bagian dari kerajinan celengan. Gunakan satu tutup botol untuk bagian depan, lalu sisa empat botolnya menjadi bagian kaki-kaki dari celengan. Untuk menyambungkan tutup botol ke celengan, gunakanlah lem.

  3. Buatlah lubang pada bagian atas botol, usahakan agar lubang ini punya ukuran yang tepat karena ditujukan untuk memasukan uang logam maupun juga uang kertas.

  4. Untuk mempercantik kerajinan celengan ini, Anda bisa menambahkan pernak-pernik sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan aksesoris seperti glitter, cat air, atau yang lainnya.

    Celengan dari AQUA botol pun sudah jadi!

Keranjang Buah

Jika Anda punya kebiasaan untuk mengonsumsi buah-buahan ketika berada di rumah, tips yang satu ini bisa jadi cocok untuk Anda kreasikan.

Untuk membuat kreasi ini, siapkan bahan dan perlengkapan seperti beberapa AQUA gelas, lem atau glue gun, lalu alat potong seperti gunting atau pisau.

  • Langkah pertama, pisahkan bagian atas gelas AQUA dengan alat potong seperti gunting, cutter, atau bisa juga dengan pisau.

  • Satukan potongan-potongan bagian atas gelas tadi secara teratur dengan lem atau glue gun. Buat minimal menjadi tiga bagian dengan panjang setidaknya ½ meter.

  • Satukan bagian yang telah Anda buat tadi dan tempel bagian ujungnya. Setelah itu buat bagian bawahnya dengan cara yang sama seperti pada bagian atas.

Demikian adalah ide-ide kerajinan yang bisa dimanfaatkan memakai kemasan AQUA yang tidak terpakai. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi dengan AQUA saat melakukan kerajinan ini, ya!

Apabila Anda juga berniat untuk mendaur ulang kemasan AQUA, Anda bisa mendaur ulang kemasan AQUA dari rumah dengan mudah, karena AQUA kini bekerja sama dengan Grab untuk menghadirkan GrabExpress Recycle.

Dengan menggunakan layanan GrabExpress Recycle, kita bisa memesan mitra pengemudi Grab untuk menjemput paket sampah agar diantarkan ke Lokasi Daur Ulang terdekat. Dari situ, sampah tersebut akan dikirim ke Recycling Business Unit (RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru untuk keperluan sehari-hari. Jangan lupa gunakan kode promo “GRABAQUA” di Grab Express Recycle untuk mendapatkan diskon hingga 90% untuk proses pengirimannya*.

Yuk, waktunya jadi #BijakBerplastik bersama AQUA!


Referensi:
https://www.budgetdumpster.com/blog/diy-plastic-bottles-recycling/
https://www.fabartdiy.com/40-fab-art-diy-ideas-and-projects-to-recycle-plastic-bottles/
https://www.sehataqua.co.id/komitmen-aqua-menjaga-kebaikan-alam-melalui-grabexpress-recycle/

 

*selama persediaan masih ada