Minum Air Mineral, Cara Menghilangkan Dehidrasi Terbaik

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

Minum Air Mineral, Cara Menghilangkan Dehidrasi Terbaik

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60% total berat badan.

Kandungan air yang ideal di dalam tubuh punya berbagai fungsi. Mulai dari membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk bagian persendian, melembabkan jaringan-jaringan telinga, tenggorokan, dan hidung, serta sebagai penghantar nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit menjadi tetap sehat.

Namun, ada kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini disebut dehidrasi.

Dehidrasi adalah keadaan di mana tubuh kehilangan banyak cairan, namun tidak seimbang dengan asupan cairan yang masuk.

Akibat dari kondisi ini akan menyebabkan ketidakseimbangan antara kadar garam, gula, darah, dan mineral yang berdampak pada terganggunya fungsi tubuh.

Kurangnya asupan cairan, sementara cairan yang dibuang baik melalui keringat, urin, muntah, atau feses lebih banyak, secara garis besar dikatakan sebagai penyebab dehidrasi.

Selain itu, beberapa hal seperti kondisi cuaca, asupan makanan, dan aktivitas olahraga yang berlebihan juga bisa disebut sebagai pemicu dehidrasi tubuh.

Seseorang dianggap mengalami dehidrasi apabila mengalami gejala seperti berikuti:

  • Rasa haus yang berlebihan
  • Sakit kepala
  • Bibir kering
  • Kulit kering
  • Tubuh terasa lemas
  • Demam
  • Tekanan darah rendah
  • Urin berwarna gelap

Salah satu cara menghilangkan dehidrasi yang bisa dilakukan oleh Anda adalah dengan mengonsumsi air mineral.

Menurut para ahli kesehatan, normalnya setiap orang perlu mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air mineral setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Namun jika Anda banyak melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak kinerja fisik, maupun yang lainnya, maka jumah air mineral yang harus diterima oleh tubuh pun jadi lebih banyak.

Air mineral sendiri dapat dikatakan merupakan opsi terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi karena berbagai manfaat yang diberikannya.

Beberapa di antara nya adalah:

1. Menjaga fungsi dan kinerja otot

Air mineral kaya akan magnesium, suatu zat yang dapat membantu menjaga kondisi otot dan membuat kinerjanya bekerja secara baik. (3)

Ini disebabkan magnesium adalah salah satu mineral penting untuk tubuh yang dapat membuat otot rileks dan dapat berkontraksi dengan baik. (3)

2. Melancarkan saluran pencernaan

andungan sulfat pada air mineral dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Sulfat diketahui dapat melancarkan kinerja pada pankreas untuk melepaskan enzim seperti amilase, protease, dan lipase yang membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar. (4)

3. Menurunkan berat badan

Air mineral diketahui dapat membantu proses pembakaran kalori yang ada pada dalam tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan proses penurunan berat badan.

Sebuah penelitian pada wanita gemuk membuktikan bahwa air mineral dapat membantu menurunkan berat badan lebih banyak.

Penelitian ini menunjukan bahwa mengonsumsi air mineral lebih dari 1 liter per hari nya selama 12 bulan dapat membantu menurunkan berat badan hingga 2 kilogram. 

4. Menjaga tekanan darah tetap normal

Kandungan magnesium yang pada pada air mineral mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Salah satunya ialah menjaga tingkat tekanan darah agar tetap pada tingkat yang normal.

Dari sebuah studi yang dilakukan, diketahui bahwa penderita hipertensi yang memiliki kadar magnesium rendah, ketika mengonsumsi satu liter air mineral yang mengandung magnesium, tekanan darahnya jadi menurun.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa air mineral merupakan solusi terbaik dalam menghilangkan dehidrasi

Yuk, selalu cukupi kebutuhan tubuh air mineral Anda dengan AQUA, yang telah lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya.

Air mineral AQUA yang alami berasal dari sumber air terpilih pegunungan di Indonesia, yang dipilih melalui 9 kriteria, 5 tahapan dan 1 tahun penelitian. AQUA selalu melindungi sumber airnya, sehingga kandungan mineral alaminya terjaga.


Referensi:

  1. Dehidrasi - buka
  2. Cara Mengatasi Dehidrasi, Doktersehat
  3. Ini Dia 10 Manfaat Hebat Air Mineral Untuk Tubuh - buka
  4. Manfaat Air Mineral dan Bedanya dengan Air Putih Biasa - buka
  5. Drinking water is associated with weight loss in overweight dieting women independent of diet and activity - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.