Promosikan Pengelolaan Sampah Plastik yang Baik, Danone-AQUA Memperkenalkan Truk #BijakBerplastik

Bijak Berplastik | 17 Januari 2020
Promosikan Pengelolaan Sampah Plastik yang Baik, Danone-AQUA Memperkenalkan Truk #BijakBerplastik

Danone-AQUA meluncurkan Truk #BijakBerplastik pada acara Car Free Day (CFD) di Jakarta Pusat pada Minggu, 22 September 2019. Peluncuran kendaraan itu dilakukan untuk mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab dan pengelolaan sampah yang baik.

Truk #BijakBerplastik merupakan kendaraan spesial yang dirancang khusus untuk menampung sampah botol plastik dan melakukan pengolahan awal. Siapa saja bisa mengumpulkan botol plastik bekas di sana agar bisa didaur ulang.

Truk #BijakBerplastik bertujuan untuk mengedukasi publik mengenai cara membuang botol plastik bekas dengan benar. Kami menunjukkan cara meremukkan botol plastik sebelum membuangnya dalam dropbox kami. Dengan demikian, truk dan dropbox kami dapat menampung lebih banyak botol dan memudahkan proses logistik dan pengolahannya, ujar Marketing Manager Danone-AQUA, Jeffri Ricardo.

Satu Truk #BijakBerplastik bisa menampung hingga 50 kg botol plastik bekas. Nanti jika truk sudah terisi penuh, botol-botol yang terkumpul akan dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) Danone-AQUA terdekat. Di sana botol bekas bakal diproses sebagai bahan baku botol baru atau produk lain seperti kain sintetis.

Saat peluncuran, para pengunjung CFD diundang untuk ikut mengumpulkan botol plastik bekas. Mereka bisa menukarkan lima botol plastik bekas dengan satu buah AQUA LIFE. Ini merupakan sebuah produk spesial karena menjadi inovasi kemasan Danone-AQUA yang 100% terbuat dari hasil daur ulang botol PET dan 100% dapat didaur ulang kembali. 

AQUA LIFE adalah produk air minum dalam kemasan pertama yang menjadi bukti bahwa botol plastik dapat memiliki kehidupan kedua dan menjadi bagian dari ekonomi sirkuler. Kehadirannya menjadi jawaban bagi mereka yang menginginkan produk yang dibuat secara berkelanjutan dalam memenuhi kebutuhan hidrasi hariannya.

Danone-AQUA juga menyediakan beberapa hydration stations di area CFD dalam peluncuran Truk #BijakBerplastik. Pengunjung CFD yang membawa botol minum atau tumbler dapat melakukan isi ulang di sana demi memenuhi kebutuhan hidrasi sehat mereka.

Kehadiran Truk #BijakBerplastik menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang telah diperkenalkan pada tahun 2018. Aktivitas tersebut bertujuan untuk menyebarkan pemahaman mengenai pengelolaan sampah yang baik melalui pengumpulan sampah, edukasi 3R (reduce, reuse, recycle), dan inovasi kemasan produk. 

Ke depan Truk #BijakBerplastik bisa dimanfaatkan dalam berbagai perhelatan. Danone-AQUA membuka pintu kerja sama demi mempromosikan hidrasi sehat dan pemakaian botol plastik yang bertanggung jawab.

Setelah acara ini, Truk #BijakBerplastik dapat dipergunakan pada acara yang diadakan oleh khalayak umum dan komunitas. Kami mendukung adanya kolaborasi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya #BijakBerplastik kepada lebih banyak orang, ujar Jeffri.

 

KOLABORASI GERAKAN LAIN

Peluncuran Truk #BijakBerplastik juga disertai dengan beberapa aktivitas lain guna mendorong partisipasi publik. Ada kegiatan pembersihan lingkungan di sekitar kawasan CFD sambil mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk memulai langkah kecil dalam gerakan #BijakBerplastik.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan gerakan #SayaPilihBumi. Ini merupakan aktivitas sosial yang diinisiasi oleh National Geographic Indonesia.

#SayaPilihBumi berawal dari kepedulian kami terhadap kondisi bumi yang semakin tercemar oleh sampah plastik. Melalui gerakan ini, kami berkolaborasi dengan teman-teman yang memiliki kepedulian yang sama dengan kami. Contohnya melalui kegiatan bersih-bersih yang kami lakukan bersama dengan Danone-AQUA dan relawan lainnya pada hari ini, ujar National Geographic Indonesia Community Specialist Diky Wahyudi Lubis. Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang turut serta dalam upaya mengatasi permasalahan sampah plastik.

Selain pembersihan lingkungan, ada juga workshop yang difasilitasi oleh Kertabumi. Mereka adalah sebuah bisnis sosial berbasis komunitas yang secara aktif mengedukasi publik mengenai cara-cara mengubah botol plastik bekas menjadi barang-barang yang berguna dan bernilai.

Sama seperti dengan #SayaPilihBumi, Danone-AQUA membuka kolaborasi dengan Kertabumi demi mengampanyekan penggunaan botol bekas yang bertanggung jawab. Hal itu sejalan dengan visi Danone, One Planet, One Health yang meyakini bahwa kesehatan masyarakat ditentukan dari gaya hidup dan lingkungan yang sehat.