Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Syarat Air Bersih Secara Kimiawi

Syarat Air Bersih Secara Kimiawi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu hal utama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jumlah air minum menjadi sesuatu yang perlu perhatian lebih, apalagi dari sumbernya yang tidak boleh asal.
Ada banyak penyakit yang disebabkan dari konsumsi air yang tidak bersih, baik secara wujud maupun kimiawi. Menurut Kementerian Kesehatan, air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum (Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002).

Dengan proses pengolahan yang berstandar tinggi, tentu air putih akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun jernih saja tidak berarti ait tersebut layak untuk dikonsumsi, karena ada beberapa tahapan sebelum air dikatakan baik untuk tubuh.

Syarat Air bersih sendiri bisa diklasifikasi dengan beberapa cara seperti tidak memiliki rasa, bau, warna, hingga bebas dari kandungan logam berat dan mikroorganisme berbahaya.

Manusia dewasa sendiri mengonsumsi hingga 2,6 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian. Hal ini penting agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kolera, disentri, diare, hingga hepatitis A.

Peran air sendiri sangat penting untuk tubuh, namun kandungan kimiawi dari air minum yang tidak bersih bisa menyebabkan beberapa penyakit. Maka dari itu, penting mengetahui syarat-syarat air yang bersih secara kimiawi.

Syarat Air Bersih Secara Kimiawi

Syarat kimia dari air bersih sendiri berawal dari kadar pH. Pada air mineral biasanya ada kandungan atau kadar pH sebagai tolak ukur apakah kandungan air bersifat basa, asam, atau normal.

Proses penjernihan air biasanya akan menyebabkan efek keasaman karena gas oksida yang larut dalam air terutama kandungan karbondioksida. Pengaruh ini akan memberikan efek kesehatan bila tidak sesuai standar pH yang dianjurkan.
Kadar pH yang terlalu tinggi atau lebih besar dari 9 bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti keracunan.

Lalu ada syarat kimiawi kedua yaitu kesadahan, merupakan tingkat kandungan mineral-mineral tertentu di dalam air, umumnya seperti ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbonat. Kesadahan air sendiri dibagi 2, yaitu air sadah atau air yang memiliki kadar mineral yang tinggi, dan air lunak atau air dengan kadar mineral yang rendah. Untuk air yang dikonsumsi sehari-hari, biasanya digunakan air dengan kesadahan yang rendah.

Kandungan kalsium yang baik dan sesuai takaran akan meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, namun yang berlebih justru akan menyebabkan pengeroposan tulang.

Ketiga adalah kandungan besi yang biasanya terkandung pada segelas air. Kandungan besi sendiri bisa terlihat pada air dengan warna yang cenderung menguning. Batas maksimal kandungan logam besi pada air sendiri berkisar di angka 0,1 mg/l.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah kandungan zat organik yang buruk bagi tubuh seperti sulfat, nitrat, dan juga nitrit. Air yang mengandung unsur-unsur kimiawi tersebut tidak layak untuk dikonsumsi, bahkan menyebabkan beberapa efek samping.

Baca Juga: Syarat Air Bersih Secara Fisik

Manfaat Konsumsi Air Bersih

Air merupakan salah satu elemen yang penting untuk perkembangan hidup manusia. Bagian ini tidak terpisahkan dan bahkan tubuh membutuhkan asupan air secara rutin yaitu berkisar di angka 2,3 liter sampai 2,6 liter untuk manusia dewasa.

Tubuh dari manusia juga bergantung pada air seperti saluran pencernaan, jantung, paru-paru, hingga sirkulasi darah. Air juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti minum, masak, mandi, dan lain sebagainya.
Konsumsi air yang bersih akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti kesehatan tulang dan gigi, kesehatan jantung, fokus otak yang lebih terjaga, hingga kemampuan metabolisme tubuh yang lebih baik.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi air bersih yang bebas kandungan kimiawi berbahaya. Tubuh yang terhidrasi juga memberikan banyak manfaat seperti aktivitas yang lebih lancar, kemampuan tubuh dalam mengatur suhu, hingga detak jantung yang teratur.

Sumber Air Mineral Terbaik

Pemilihan air mineral terbaik menjadi hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dalam mengarungi aktivitas. Kesehatan yang utama juga harus diimbangi konsumsi makanan yang bergizi dan pola hidup sehat.

Konsumsi air mineral sendiri dianjurkan hingga 8 gelas per hari, namun sumber air minum yang baik juga harus dipertimbangkan. Air pegunungan menjadi sumber air mineral terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain karena jauh dari polutan asing, air di pegunungan sudah melalui berbagai proses penyaringan alami yang baik bagi tubuh. Kandungan magnesium, kalsium, kalium, silica, zinc, dan lain sebagainya cocok untuk menjaga kesehatan tubuh.

AQUA memberikan kualitas air pegunungan terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pemilihan sumber air pegunungan juga sudah melalui riset mendalam oleh para ahli geologi dan geohidrologi untuk memastikan manfaat dan kesehatan hingga ke tangan konsumen.

Mulai gaya hidup sehat dengan teratur mengonsumsi air mineral terbaik. Percayakan kesehatan bersama AQUA, karena kesehatan bermula dari setiap tegukan sumber mata air pegunungan terbaik.

 

Referensi:

1. https://dpupkp.bantulkab.go.id/berita/204-syarat-air-minum
2. https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kesehatan/Umum/Syarat-syarat-Air-Bersih#:~:text=Persyaratan%20kimia%20air%20bersih%20antara,pathogen%20yang%20bisa%20menyebarkan%20penyakit.
3. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-syarat-syarat-air-minum
4. https://promkes.kemkes.go.id/manfaat-air-bersih-dan-menjaga-kualitasnya
5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan

 

Pesan sekarang