10 Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam, Efektif!

Hidup Sehat | 10 Mei 2024

Bagikan:

10 Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam, Efektif!

Di balik dedikasi dan kontribusinya, para pekerja shift malam sering kali menghadapi berbagai tantangan kesehatan akibat pola kerja yang berlawanan dengan jam biologis tubuh manusia. Karena itu, Anda perlu mengetahui tips kesehatan untuk pekerja shift malam yang efektif untuk tetap menjaga kesehatan. 

Dengan menerapkan budaya hidup sehat yang tepat, Anda dapat meminimalkan dampak negatif dari pekerjaan shift malam dan menjaga kesehatan agar tetap optimal. Artikel ini akan membahas tips kesehatan untuk pekerja shift malam. Dengan menerapkan tips-tips ini secara konsisten, Anda dapat menjalani pekerjaan shift malam dengan lebih sehat, energik, dan produktif.

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam 

Sebagai pekerja shift malam, Anda tetap perlu memperhatikan kesehatan agar pekerjaan diselesaikan dengan baik dan secara optimal. Karena itu, berikut tips kesehatan untuk pekerja shift malam yang bisa Anda terapkan:

1. Membuat Jadwal Tidur yang Konsisten

Tips kesehatan untuk pekerja shift malam yang pertama adalah membuat jadwal tidur yang konsisten. Hal ini dikarenakan bekerja di malam hari menuntut tubuh untuk melawan kebutuhannya yang ingin beristirahat. 

Di saat malam hari, tubuh secara alami melepaskan hormon melatonin yang memicu kantuk dan menurunkan kewaspadaan. Karena itu, sebagai pekerja shift malam Anda perlu membuat jadwal tidur secara konsisten agar tubuh tetap bugar. 

Jadi, pastikan untuk tidak menunda tidur dan luangkan waktu sekitar 7-9 jam untuk tidur setelah bekerja shift malam.

2. Membiasakan Tidur di Siang Hari

Tidur siang menjadi kunci dari tips kesehatan untuk pekerja shift malam. Hal ini karena tidur siang membantu mengisi kembali energi yang hilang selama bekerja malam dan mengatasi kekurangan tidur yang terjadi. Dengan tidur siang yang cukup, tubuh Anda akan mendapatkan jumlah tidur yang optimal sehingga kesehatan dan performa kerja dapat terjaga.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Bekerja shift malam dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan, termasuk dengan adanya gangguan pola makan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menerapkan pola makan sehat sebagai bagian dari tips kesehatan untuk pekerja shift malam. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menerapkan pola makan sehat:

  • Batasi atau hindari makanan cepat saji yang tinggi kalori, lemak jenuh, dan sodium. Kemudian ganti makanan cepat saji tersebut dengan sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral.
  • Pilih karbohidrat kompleks, seperti pasta gandum, nasi merah, dan kentang untuk energi stabil.
  • Konsumsi makanan berkuah, seperti sup ayam atau krim sup untuk membantu hidrasi dan kenyang.
  • Lengkapi dengan lemak dan protein sehat, seperti alpukat, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan telur untuk kesehatan jantung, otak, dan otot.

Baca juga: Kepala Pusing Saat Bangun Tidur? Ini 7 Penyebabnya

4. Rutin Berolahraga

Bekerja shift malam memang membawa konsekuensi tersendiri bagi kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin saat waktu luang. Hal ini dikarenakan olahraga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan membantu meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menguatkan otot dan tulang. 

Dengan begitu, olahraga menjadi tips kesehatan untuk pekerja shift malam yang bermanfaat menangkal berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Selain itu, hidup sehat dengan olahraga juga dapat membuat Anda semakin berenergi dan produktif karena memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan energi. Dengan begitu, tubuh akan semakin bugar dan berenergi sehingga lebih siap dan fokus saat bekerja.

Bagi yang memiliki kesibukan, Anda bisa menyempatkan berolahraga minimal 15 menit di sore hari. Pilihlah aktivitas yang menyenangkan seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Jika memungkinkan, berolahragalah sebelum atau sesudah bekerja. Pilihlah waktu yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 

Kunci utama untuk mendapatkan manfaat olahraga adalah konsistensi. Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu. Perlu diingat bahwa olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Jadi, buatlah olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda untuk menjaga performa kerja dan kualitas hidup yang optimal.

5. Mengurangi Konsumsi Kafein

Para pekerja shift malam memang sering tergoda untuk minum kopi demi mengusir rasa kantuk dan meningkatkan energi. Minum kopi sebenarnya boleh saja, tapi Anda tetap perlu memperhatikan beberapa aturan berikut agar tidak berlebihan dan mengganggu waktu tidur:

  • Minumlah hanya satu cangkir kopi di awal jam kerja agar Anda tetap fokus dan waspada tanpa efek samping yang berlebihan.
  • Pastikan total asupan minuman berkafein tidak lebih dari 4 gelas per hari. Jumlah ini termasuk kopi, teh, dan minuman energi lainnya.
  • Jangan minum kopi minimal 4 jam sebelum jam kerja selesai atau sebelum waktu tidur di rumah. Hal ini karena kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan kesulitan tidur dan dehidrasi.

Baca juga: 8 Cara Tidur Nyenyak di Malam Hari yang Mudah Dicoba

6. Mengelola Stres

Efek begadang dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh dan meningkatkan tingkat stres. Hal ini dapat berakibat pada berbagai masalah kesehatan fisik dan mental. Karena itu, Anda dapat melakukan latihan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. 

Selain itu, tips menjaga kesehatan untuk mengelola stres lainnya adalah dengan melakukan kegiatan yang disukai dan membuat tubuh maupun pikiran menjadi rileks, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu bersama orang terkasih.

7. Membuat Kamar Tidur Nyaman

Tidur yang berkualitas merupakan bagian dari tips kesehatan untuk pekerja shift malam lainnya. Tidur bukan hanya soal durasi tetapi juga kondisi kamar atau ruangan yang ideal. Berikut beberapa tips untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman dan menunjang tidur nyenyak dan berkualitas:

  • Pastikan kamar tidur gelap dan sejuk dengan suhu ideal antara 20-23 derajat Celsius.
  • Gunakan penutup mata dan tirai gelap untuk menghalangi cahaya matahari yang dapat mengganggu tidur.
  • Gunakan penutup telinga untuk meredam suara bising, terutama di siang hari.

8. Memanfaatkan Istirahat Saat Bekerja

Sebelum memulai shift malam, sempatkan untuk tidur saat sedang berisirahat secara singkat selama 15-20 menit. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan fokus, sehingga mengurangi risiko kecelakaan kerja. Tidur sejenak ini juga dapat memberikan energi tambahan dan meningkatkan konsentrasi selama bekerja di malam hari.

Namun, perlu diingat bahwa tidur yang terlalu lama saat beristirahat justru bisa membuat kepala terasa pusing dan mengganggu performa kerja. Oleh karena itu, manfaatkan waktu istirahat bekerja dengan tidur tepat agar Anda dapat memaksimalkan manfaatnya.

9. Jauhi Ponsel dan TV

Dalam tips kesehatan untuk pekerja shift malam, penting bagi Anda untuk menjauhi ponsel dan TV ketika waktu tidur. Hal ini dikarenakan cahaya biru yang dipancarkan dari layar TV dan ponsel dapat mengganggu produksi melatonin, sebuah hormon yang mengatur tidur. 

Jika produksi melatonin terganggu, maka hal ini dapat menyebabkan kesulitan tidur, seperti tidak nyenyak dan kelelahan di siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya matikan TV dan jauhkan ponsel minimal satu jam sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

10. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Bekerja shift malam dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan dalam jangka panjang, seperti gangguan pola tidur, stres, dan paparan risiko kesehatan yang lebih tinggi sehingga membuat pekerja shift malam perlu lebih waspada dalam menjaga kesehatannya.

Karena itu, salah satu tips kesehatan untuk pekerja shift malam adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi dini potensi masalah kesehatan dan memungkinkan intervensi dini untuk mencegah komplikasi.

Itulah tips kesehatan untuk pekerja shift malam yang bisa Anda terapkan. Pekerjaan shift malam memang memiliki dampak negatif pada kesehatan, namun dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meminimalkan efek negatifnya dan menjaga kesehatan tetap optimal.

Selain menerapkan tips di atas, Anda juga perlu menjaga hidrasi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dengan banyak minum air putih. Dalam hal ini, pastikan minuman yang Anda konsumsi memiliki kandungan mineral alami, seperti AQUA. 

AQUA merupakan air minum yang diambil dari mineral alami bagian terdalam dari 19 pegunungan di Indonesia. Hal ini membuat AQUA tetap terasa dingin secara alami meskipun tidak dimasukan dalam pendingin terlebih dahulu.  

Tak hanya itu, AQUA adalah produk minuman yang telah menemani masyarakat Indonesia selama lebih dari 50 tahun dan selalu berkomitmen untuk menyediakan air minum berkualitas tinggi melalui standar keamanan pangan SNI dan BPOM serta bersertifikat halal. 

Jadi, tunggu apalagi? Selalu sediakan AQUA untuk memenuhi cairan tubuh agar tetap sehat meskipun menjadi pekerja shift malam. AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100%Murni.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Referensi: 

  1. Kerja Shift Malam? Ini Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan - Buka 
  2. 7 Tips Menjaga Kesehatan bagi Pekerja Shift Malam - Buka
  3. Sepuluh Tips Tetap Bugar Bagi Pekerja Shift Malam - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .