Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Air Mineral yang Baik Untuk Menyeduh Kopi

Kebaikan AirHidup Sehat | 02 Juli 2021
Air Mineral yang Baik Untuk Menyeduh Kopi

Konsumsi kopi sudah seperti gaya hidup yang tidak bisa dihilangkan oleh beberapa orang. Selain karena kesibukan hidup perkotaan, kandungan kopi memang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan fokus.

Meskipun demikian, kualitas kopi tidak hanya bergantung pada kualitas biji kopi semata, melainkan ada peran air yang berkualitas. Faktanya, 95-98% bagian saat menyeduh kopi merupakan air [1].

Hal ini menyebabkan peran air saat menyeduh kopi begitu penting yang dapat mempengaruhi rasa & aroma kopi yang dihasilkan. Bahkan, untuk mengevaluasi kopi (terutama kualitas biji kopi), ada lembaga sertifikasi khusus (Coffee Quality Institute) yang akan memberikan sertifikat pada orang-orang yang mampu menilai kopi menurut standar yang ditetapkan [1].

Orang-orang ini disebut dengan Q-Grader. Nah, untuk membuktikan pengaruh beberapa jenis air termasuk AQUA untuk menyeduh kopi, AQUA bekerja sama dengan GORDI melakukan workshop bersama 10 Q-Grader untuk melakukan cupping kopi secara blinded.

Pentingnya Air Pada Kopi

Kualitas air dan kopi memang tidak bisa dipisahkan mengingat air menjadi media penting dalam mengantarkan rasa yang baik hingga membawa tekstur di setiap asupan kopi.

Saat menyeduh kopi, maka senyawa yang ada di dalam air juga memiliki peran dalam mengekstraksi rasa kopi agar lebih baik dan sempurna. Kandungan air seperti kalsium dan magnesium menjadi dua komponen kimia yang bertugas sebagai pengikat rasa.

Kopi yang dibuat dengan air mineral berkualitas akan menghasilkan efisiensi pada proses ekstraksi rasa dan menghasilkan aroma khas dari masing-masing biji kopi dengan sempurna.

Muhammad Aga selaku Award Winning Barista menjelaskan betapa pentingnya air mineral pada proses ekstraksi kopi. Keseimbangan kandungan mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma yang nikmat saat dihirup.

Selain itu, dilansir GORDI, kandungan magnesium dan kalsium yang ada pada air mineral memang penting dalam mengeluarkan rasa kopi yang pas dan sempurna.

Jadi tidak ada salahnya dalam menggunakan air mineral untuk proses brewing atau menyajikan kopi. Selain mudah ditemukan, isu munculnya kerak pada mesin espresso menjadi hal yang bisa diatasi dengan mudah.

Baca Juga: Air Mineral Terbaik Untuk Mesin Kopi

Muhammad Aga juga mengatakan bahwa kerak pada mesin espresso tidak akan muncul dalam penggunaan air mineral apabila melakukan perawatan yang sudah dianjurkan dan rutin maksimal 2 minggu sekali [1].

Kualitas Air Mineral Untuk Kopi Menurut Para Ahli

Dalam mengukur kualitas secangkir kopi diperlukan berbagai teknik, salah satunya dengan cupping. Istilah ini sangat sering didengar, khususnya di industri perkopian mengingat rasa kopi menjadi hal yang tidak kalah penting.

AQUA menjalin kerja sama dengan para ahli kopi untuk mengetes bagaimana kualitas air mineral untuk secangkir kopi.

Dalam pengetesan, cupping kopi dilakukan dengan menggunakan 2 jenis kopi yang berbeda yaitu Aceh Gayo & Ethiopia Jigesa, dan jenis air yang digunakan tidak diketahui oleh 10 Q-Grader [2].

Hal ini ditujukan untuk memberikan penilaian yang objektif serta melihat pengaruh air jika digunakan di jenis kopi yang berbeda. Q-Grader melakukan penilaian sesuai attribut cupping pada umumnya, antara lain:

  1. Aroma (Fragrance)
  2. Rasa (Flavor)
  3. Rasa yang tertinggal (Aftertaste)
  4. Jenis & tingkat keasaman (Acidity & Acid Intensity)
  5. Tekstur kekentalan rasa kopi & Intensitasnya (Body & Body Intensity)
  6. Keseragaman Rasa (Uniformity)
  7. Keseimbangan rasa (Balance)
  8. Rasa yang bersih (Clean cup)
  9. Rasa manis (Sweetness)
  10. Rasa keseluruhan (Overall Taste)

Semua faktor nantinya akan menentukan skor akhir dari kopi yang dicicip. Melalui workshop ini, para penikmat kopi bisa lebih yakin lagi ketika memilih menggunakan air untuk menyeduh kopi, menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma yang paling nikmat [2].

Tentunya juga mengajak penikmat kopi untuk menggunakan air dengan kandungan mineral yang tepat yang sudah terbukti secara obyektif dari pengujian bersama 10 Q-Graders yang dilakukan dengan menutup mata atau blind test.

Dengan beberapa faktor yang sukses dipenuhi oleh beberapa Q-Graders, tentu air mineral sangat direkomendasikan untuk mengeluarkan cita rasa kopi yang khas.

Setelah pembahasan yang panjang, tentu ada hasil yang bisa ditarik yaitu kualitas mineral dalam air yang memiliki peranan sangat penting untuk mengekstraksi kopi yang diseduh.

AQUA dengan kandungan mineral alami dan dalam jumlah yang ideal sesuai rekomendasi SCAA (Specialty Coffee Association of America) menjadi pilihan air mineral yang bagus untuk menyeduh kopi dan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang kaya dan seimbang [3].

AQUA dengan rasa & aroma yang netral, juga tidak akan mengganggu cita rasa biji kopi yang diseduh.
Selain itu, AQUA yang diambil dari sumber terlindungi memberikan kualitas yang konsisten, sehingga tidak perlu khawatir hari ini dan esok seduhan kopi akan berbeda hasilnya [4].

Kandungan serta kualitas air mineral dari AQUA sudah terjaga dan dites oleh para ahli geologi dan geohidrologi agar menyesuaikan kandungan kimiawi hingga ke tangan konsumen [4].

Berbagai mineral penting dan bermanfaat sangat baik dalam proses penyeduhan kopi. Selain aman dan enak dikonsumsi, AQUA membawa kadar pH air yang sangat netral dan seimbang sehingga konsumen tidak perlu cemas [3].

Yuk, mulai pilih AQUA untuk seduhan kopi nikmatmu!

 

Referensi:

1. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201229200256-262-587585/peran-air-mineral-jadi-rahasia-seduh-kopi-yang-lebih-nikmat
2. https://www.gordi.id/blogs/updates/air-untuk-kopi-water-hardness-dan-pengaruhnya-saat-menyeduh-kopi
3. https://www.sehataqua.co.id/pentingnya-bikin-kopi-pakai-air-mineral/
4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/