Bijak Berplastik

Bijak Berplastik, AQUA Kelola Sampah Botol Plastik Dengan Baik

Botol_AQUALIFE

Pengelolaan yang buruk memicu kehadiran sampah plastik. Sebagai pionir bijak berplastik, AQUA memberi contoh cara mengelola sampah botol plastik yang tepat. Langkah bijak plastik tersebut bertujuan untuk mengurai problem yang muncul dari sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Saat ini sampah yang tidak terkelola dengan baik telah mencemari lingkungan. Hal itu terlihat nyata dari jumlah sampah yang terbuang ke sungai, laut, dan danau. Jumlahnya cukup besar, yakni mencapai 15% hingga 30% .

Manajemen sampah yang buruk tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sebagai perusahaan yang bijak plastik, AQUA segera melakukan berbagai upaya untuk ikut menyelesaikan permasalahan pengelolaan sampah plastik. Secara khusus, AQUA merancang sistem pengelolaan sampah botol plastik yang baik.

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan AQUA untuk mendukung kesadaran bijak plastik di masyarakat:

Meluncurkan #BijakBerplastik

Komitmen AQUA dalam mengelola sampah botol plastik ditegaskan dengan peluncuran kampanye #BijakBerplastik pada 5 Juni 2018. Sejak saat itu, AQUA menjalankan tiga kegiatan utama dalam pengelolaan sampah botol plastik, yakni Pengumpulan, Edukasi dan Inovasi.

Dalam pengumpulan botol plastik, AQUA berkomitmen untuk mengumpulkan sampah plastik dari lingkungan lebih banyak dari yang digunakan pada tahun 2025. Adapun cara melakukannya ialah dengan meningkatkan program bisnis sosial untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik. AQUA melengkapinya dengan mendukung teknologi untuk mengumpulkan lebih banyak.

Selanjutnya, terkait edukasi #BijakBerplastik, AQUA mematok target penyebaran kesadaran bijak plastik kepada masyarakat. Pada tahun 2025, AQUA ingin kampanye #BijakBerplastik bisa menyasar 100 juta konsumen. Untuk itu, mereka gencar menyebarkan kampanye daur ulang di sekolah, ruang publik dan berkolaborasi dengan pemerintah serta ritel untuk uji coba dan memulai budaya daur ulang di kota-kota besar.

Bersama dengan pengumpulan sampah dan edukasi, #BijakBerplastik dilengkapi dengan inovasi produk. AQUA mengambil langkah besar dengan memastikan plastik yang digunakan masuk ke dalam ekonomi sirkuler. AQUA berencana membuat seluruh kemasannya 100% dapat didaur ulang pada tahun 2025 sekaligus meningkatkan proporsi plastik daur ulang di botol menjadi 50% pada tahun yang sama.

Membangun Recycling Business Unit

Langkah bijak plastik melalui pengelolaan sampah botol plastik yang baik diwujudkan pula oleh AQUA dengan membangun Recycling Business Unit (RBU). RBU merupakan model bisnis sosial daur ulang untuk mengolah sampah botol plastik menjadi cacahan plastik yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produk daur ulang.

Saat ini, AQUA sudah memiliki enam RBU yang tersebar di Bali, Lombok, Bandung, dan Tangerang Selatan. Di sini sampah botol plastik bekas jenis Polyethylene Terephthalate (PET) dikumpulkan, disortir, dicacah, dan dicuci menjadi flakes.

Berkat ini, AQUA mampu mengumpulkan 12.000 ton botol plastik bekas per tahun. Hal tersebut sangat mendukung pengurangan jumlah sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik.

Memproduksi AQUA LIfe, Botol Plastik Daur Ulang Yang Ramah Lingkungan

AQUA mempertegas langkah bijak plastik dengan meluncurkan AQUA Life. Ini adalah produk AQUA yang kemasannya 100% dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang lagi. Produk seperti ini merupakan yang pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Keberhasilan tersebut menunjukkan langkah nyata yang diambil AQUA dalam pengelolaan sampah botol plastik. Demi mendukung Indonesia lebih bersih, AQUA berhasil memasukkan botol plastik ke lingkaran ekonomi sirkuler.

Hal itu sejalan dengan misi AQUA yang ingin menjadi perusahaan dengan produk yang 100% sirkuler. Pada 2025 AQUA berkomitmen untuk menggunakan 100% bahan daur ulang, bahan yang dipakai ulang dan atau bahan kemasan yang terurai dalam tanah. Saat ini kemasan botol AQUA sudah mengandung bahan daur ulang sampai dengan 25% dan mereka akan meningkatkannya menjadi rata-rata 50% pada 2025.

 

AQUA sudah memberi contoh pengelolaan sampah botol plastik dengan tepat. Diharapkan hal itu akan mendukung Indonesia menjadi lebih bersih dan menginspirasi masyarakat agar lebih bijak plastik dengan mengelola sampah dengan baik.

Referensi:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190629110309-287-407543/infografis-sampah-plastik-indonesia-dalam-angka
https://bijakberplastik.aqua.co.id/id/home
https://foto.kompas.com/photo/read/2019/12/12/1576123130129/daur.ulang.plastik.menjadi.kemasan.botol.baru

AQUA LIFE

AQUA LIFE – FAQ