Inilah 9 Buah untuk Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Hidup Sehat | 15 Juni 2022

Bagikan:

Inilah 9 Buah untuk Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, banyak minum air putih, serta mengonsumsi buah untuk diet. Buah-buahan adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat tersebut bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan makan terus.

Lantas apa saja jenis buah yang dapat menurunkan berat badan? Yuk simak daftarnya pada ulasan berikut!

Daftar buah untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, ada beberapa jenis buah untuk diet yang dapat Anda konsumsi, di antaranya sebagai berikut.

1. Apel

Rekomendasi buah untuk diet yang pertama adalah apel. Apel dikenal sebagai cemilan menyehatkan karena di dalamnya mengandung 85 persen air dan 5 gram serat. Kandungan serat dan air inilah yang bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil dan membuat Anda tidak cepat lapar.

Apel juga tergolong dalam buah dengan indeks glikemik rendah terutama pada kondisi yang belum begitu matang sehingga bermanfaat menurunkan berat badan dan memiliki pengaruh minimal pada kadar glukosa darah.

Selain itu, buah apel mengandung flavonoid bernama quercetin. Kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan sehingga mampu melawan kanker, mencegah kerusakan sel, serta menjaga fungsi jantung dan paru-paru [1].

2. Pisang

Pisang adalah buah favorit hampir semua orang. Sama seperti apel, pisang juga bisa menahan rasa lapar karena mengandung serat. Terlebih lagi, buah untuk diet ini kaya akan vitamin dan mineral serta bebas lemak, kolesterol, tinggi kalium dan rendah natrium, sehingga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah..

Selain itu, pisang mengandung indeks glikemik yang cenderung rendah ke sedang, sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulin dan mengatur berat badan, terutama bagi penderita diabetes [2].

3. Grapefruit

Grapefruit atau lebih dikenal dengan nama jeruk bali atau pomelo ini merupakan jenis buah untuk diet yang rendah gula dan tinggi serat. Menurut penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine, orang melaporkan bahwa dirinya kehilangan rata-rata 7,1 persen dari berat badannya setelah makan grapefruit atau minum jus grapefruit sebelum makan selama 12 minggu [3].

Namun, Anda sebaiknya berhati-hati mengonsumsi buah ini saat sedang menjalani pengobatan tertentu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna mengetahui keamanannya.

4. Alpukat

Rekomendasi buah untuk diet berikutnya adalah buah yang mengandung lemak baik berupa asam oleat dan padat kalori, yakni alpukat. Alpukat biasanya sering dikonsumsi oleh orang yang menjalani diet ketogenik karena kandungan glukosa yang rendah dan kaya akan lemak baik.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi makanan dengan kandungan 200 gram alpukat atau setara dengan 30 gram lemak lain (margarin atau minyak) bisa mengalami penurunan berat badan secara signifikan [4].

Manfaat alpukat selain memberikan efek kenyang lebih lama adalah mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, lemak baik dalam alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

Baca juga: 10 Cemilan untuk Diet yang Sehat, Bantu Menjaga Berat Badan!

5. Buah beri

Rekomendasi buah untuk diet yang kaya akan serat selanjutnya adalah buah beri. Buah beri bisa menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan peradangan yang mungkin sangat membantu bagi orang dengan kelebihan berat badan.

Buah beri mengandung zat aktif yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan sehingga melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh reaksi peradangan dan radikal bebas.

Anda bisa mengonsumsi buah beri secara langsung atau menambahkannya pada sereal maupun yogurt, dicampur dengan smoothie, atau ditambahkan ke dalam salad agar lebih lezat.

6. Lemon

Lemon juga termasuk jenis buah untuk diet yang bisa Anda campurkan dalam minuman sehari-hari. Minum air lemon secara rutin dan memperbanyak minum air putih dapat mendukung upaya penurunan berat Anda. Pasalnya, lemon merupakan buah kaya vitamin C dan serat. Selain itu, buah ini rendah kalori serta mengandung nutrisi lain yang baik bagi tubuh.

7. Semangka

Kandungan serat tinggi pada buah-buahan, termasuk semangka memang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Semangka mengandung 90 persen air, sehingga tidak hanya membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, melainkan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

8. Pepaya

Pepaya adalah jenis buah untuk diet di mana mengandung enzim yang bisa meredakan gangguan pada saluran pencernaan dan mengurangi kembung. Pepaya juga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga cocok dijadikan menu cemilan sederhana di rumah yang menyehatkan.

Serat tersebut membantu pembuangan lemak di saluran pencernaan sehingga tidak terakumulasi di dalam tubuh.

Baca juga: 7 Menu Makan Malam Untuk Diet, Ini Tipsnya Agar Tidak Gemuk

9. Buah pir

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, maka konsumsilah buah pir. Kandungan serat pada buah ini bisa membantu menjaga rasa kenyang Anda dan melancarkan sistem pencernaan tubuh. Pir juga memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Itu tadi sederet rekomendasi buah untuk diet yang bisa Anda masukkan dalam menu sehari-hari Anda. Tentu saja guna menyukseskan program menurunkan berat badan, mengonsumsi buah-buahan di atas saja tidaklah cukup. Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur dan minum air putih cukup.

Tak dapat dipungkiri bahwa peranan air putih bagi tubuh sangatlah penting, yakni mencegah gejala dehidrasi dan menghindarkan tubuh dari serangan penyakit. Oleh karena itu, pastikan Anda minum #AQUADULU sebanyak 8 gelas perhari. Jika perlu, buatlah jadwal minum air putih agar tidak lupa.

Pilihlah air minum terbaik yang kemurniannya terjaga seperti AQUA. Hal ini penting guna memastikan bahwa kandungan air minum di dalamnya bisa Anda rasakan secara langsung. Sebagai air mineral berkualitas, AQUA memastikan kebaikan alami dan kandungan asli airnya terjaga dalam kemasan hingga sampai ke tangan Anda.

Bicara tentang kemasan, AQUA hadir dalam beragam ukuran, mulai dari gelas hingga galon yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kelebihan jika Anda menggunakan AQUA galon adalah harganya lebih hemat, yakni hanya Rp1.000 per liter saja dengan volume 19 liter. So, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. 4 Buah untuk Diet Khusus Menurunkan Berat Badan - Buka
  2. The use of low-glycaemic index diets in diabetes control - Buka
  3. Effects of grapefruit, grapefruit juice and water preloads on energy balance, weight loss, body composition, and cardiometabolic risk in free-living obese adults - Buka
  4. Substitution of high monounsaturated fatty acid avocado for mixed dietary fats during an energy-restricted diet: effects on weight loss, serum lipids, fibrinogen, and vascular function - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.