12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Supaya Tak Mudah Sakit

Hidup Sehat | 24 Agustus 2022

Bagikan:

12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Supaya Tak Mudah Sakit

Agar tetap sehat dan kuat, tentu Anda perlu mengetahui bagaimana cara menaikkan imun tubuh. Terutama di masa pandemi seperti ini, memiliki daya tahan yang kuat merupakan senjata utama tubuh untuk terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit. Kini pun sudah banyak cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang dapat Anda coba.

Jadi jangan biarkan imunitas melemah ya, mulai tingkatkan kekebalan tubuh Anda sekarang juga!

Namun sebenarnya, apa saja cara menambah imun tubuh? Simak langsung penjelasan selengkapnya di bawah ini!

12 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tetap Sehat

Ada banyak hal sederhana dalam aktivitas harian Anda yang bisa dijadikan sebagai penambah imun tubuh. Beberapa cara meningkatkan imun tubuh secara alami, yaitu:

1. Kelola stres

Siapa sangka, seseorang dengan tingkat stres yang tinggi ternyata dapat membuat ketidakseimbangan pada sistem imunitasnya sehingga lebih mudah terserang penyakit [1].

Hal ini dapat terjadi karena adanya peningkatan produksi hormon kortisol dalam tubuh yang berdampak buruk pada sistem kekebalan Anda.

Tak hanya itu, stres juga bisa membawa Anda pada gaya hidup tidak sehat yang semakin menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit.

Oleh karena itu, jangan abaikan stres serta upayakan untuk meluangkan waktu sejenak di tengah-tengah kesibukan agar dapat menghadapi semua permasalahan dengan lebih tenang dan rileks.

2. Rutin berolahraga

Sebuah studi menunjukkan bahwa rutin berolahraga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan regenerasi sel-sel kekebalan tubuh secara teratur [2].

Bahkan dalam penelitian lain, melakukan olahraga ringan hingga berat selama 30 menit setiap hari akan sangat membantu merangsang sistem imunitas Anda.

Jadi mulai sekarang, selalu sempatkan waktu untuk berolahraga sebagai senjata penambah imun tubuh setiap harinya ya!

3. Sering cuci tangan

Terlihat remeh, kebiasaan cuci tangan ternyata juga termasuk cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat.

Bagaimana bisa? Sebab, mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air adalah tindakan langsung untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan virus.

Cara menaikkan imun dengan cuci tangan ini akan sangat disarankan di saat:

  • Usai menggunakan toilet.
  • Berada di dekat orang yang batuk atau pilek.
  • Setelah menggunakan moda transportasi umum.
  • Usai memegang hewan.

4. Hirup udara segar

Tahukah Anda bahwa setiap sel dalam tubuh sangat bergantung pada aliran oksigen yang segar secara terus menerus?

Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk sering mendapatkan udara segar secara alami dari alam.

Tak hanya sekadar sejuk, menghirup udara segar juga bisa menjadi penambah imun tubuh dan membawa banyak efek baik seperti: 

  • Menurunkan risiko infeksi penyakit yang ditularkan melalui udara.
  • Meningkatkan fungsi dan efisiensi setiap sel dalam tubuh.
  • Membantu kinerja paru-paru lebih optimal.
  • Melepaskan serotonin lebih banyak yang meningkatkan suasana hati sehingga lebih bahagia [3].

5. Jaga pola makan sehat

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami selanjutnya yaitu dengan mempertahankan pola makan sehat.

Itu artinya, fokuslah pada kandungan nutrisi di setiap menu makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang Anda konsumsi setiap harinya.

Selain itu, batasi juga konsumsi lemak jenuh, kolesterol, garam, dan gula tambahan. Kemudian mulailah dengan makan makanan untuk meningkatkan imun tubuh seperti buah, sayur, protein, biji-bijian, dan susu rendah lemak.

Baca juga: 14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

6. Batasi asupan gula

Sejalan dengan poin sebelumnya, membatasi asupan gula merupakan salah satu cara menambah imun tubuh paling mudah yang bisa Anda coba.

Itu karena peningkatan kadar glukosa secara drastis dapat memicu timbulnya immunocompromised atau kondisi penurunan sistem imun, sehingga tubuh pun akan lebih rentang mengalami infeksi.

7. Cukup tidur

Banyak penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat memberikan dampak negatif bagi sistem daya tahan [4].

Menurut The National Sleep Foundation (NSF) terlalu banyak tidur tidak serta merta mencegah penyakit, tetapi malah dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Di sisi lain, kurang tidur juga dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh, karena pelepasan sitokin (protein yang memicu proses inflamasi ketika terjadi infeksi) akan menurun.

Mulai terapkan cara menaikkan imun tubuh dengan membiasakan waktu tidur yang baik yaitu minimal 7 jam setiap harinya.

Dengan begitu, risiko kerentanan Anda terhadap penyakit dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

8. Sering berjemur

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang paling terkenal yaitu dengan mencukupi kebutuhan vitamin D.

Vitamin D menghambat produksi sitokin inflamasi (IL-1, TNFα) oleh monosit. Bahkan menurut penelitian, vitamin D berperan dalam mengurangi risiko keparahan yang disebabkan COVID-19.

Nah untuk mendapatkannya secara alami, coba berjemurlah di bawah sinar matahari pada pukul 08.00 - 10.00 pagi setidaknya 3 kali dalam seminggu sekitar 10 hingga 15 menit lamanya.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

9. Minum air putih yang cukup

Air memainkan banyak peran penting yang menjadikannya sebagai minuman penambah imun tubuh secara alami.

Itu karena tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mendorong terjaganya sistem metabolisme.

Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa kondisi dehidrasi bisa memicu terjadinya sakit kepala, tidak fokus, mudah lelah, sehingga berdampak kurang baik pada sistem imunitas tubuh [5].

Mulai sekarang, selalu cukupi kebutuhan air minum dengan #AQUADULU minimal 2 liter per hari.

Agar Anda tidak lupa untuk menjaga jadwal minum air putih Anda, AQUA menyediakan berbagai kemasan yang memudahkan Anda untuk minum air dimanapun dan kapanpun.

Apabila bepergian, Anda bisa membawa kemasan 600ml yang mudah dibawa, atau kemasan 1500ml apabila Anda bepergian jauh.

Kemasan 330ml juga cocok untuk menemani Anda menyantap makan siang. Untuk mencukupi kebutuhan air minum di rumah, AQUA juga menyediakan kemasan galon 19 liter untuk hidrasi harian keluarga.

10. Konsumsi suplemen tambahan

Selain melakukan cara meningkatkan imun tubuh di atas, Anda juga bisa mendukungnya dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti vitamin C, vitamin D, zat besi, echinacea, dan spirulina yang sesuai dengan kebutuhan.

11. Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan ternyata dapat memberikan efek yang tidak baik bagi sistem imunitas Anda. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa obesitas mampu memicu penurunan efektivitas vaksin untuk berbagai penyakit termasuk influenza dan tetanus [4].

Jadi mulailah cara meningkatkan imun tubuh dengan memperhatikan berat badan Anda dan mempertahankannya agar tetap ideal.

Baca juga: 6 Cara Diet Sehat untuk Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan

12. Aktif bersosialisasi

Cara meningkatkan imun agar tetap sehat terakhir ini mungkin terdengar remeh. Padahal sebenarnya, menjalin interaksi sosial dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut terbukti dari sebuah studi di tahun 2016 dari University of Virginia yang menemukan bahwa bersosialisasi benar-benar bisa mengaktifkan sistem daya tahan tubuh.

Itu dia 12 cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat secara alami. Bagaimana, sudah siap menjalani pola hidup sehat dengan menerapkan langkah-langkah di atas?

Walau mungkin awalnya terlihat sulit, Anda bisa memulainya dengan #AQUADULU di setiap aktivitas untuk mencukupi kebutuhan air minum harian. Salam sehat!

Referensi:

  1. Effects of stress on immune function: the good, the bad, and the beautiful - Buka
  2. Exercise and the Regulation of Immune Functions - Buka
  3. The Health Benefits of Fresh Air - Buka
  4. Six Tips to Enhance Immunity - Buka
  5. Water, Hydration and Health - Buka
  6. The COVID-19 pandemic: how to maintain a healthy immune system during the lockdown – a multidisciplinary approach with special focus on athletes - Buka
  7. Strengthening immunity through healthy lifestyle practices: Recommendations for lifestyle interventions in the management of COVID-19 - Buka
  8. Current Directions in Stress and Human Immune Function - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.