Mengenal 6 Faktor yang Memengaruhi Kebugaran Jasmani

Hidup Sehat | 02 Januari 2023

Bagikan:

Mengenal 6 Faktor yang Memengaruhi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah hal yang perlu dijaga untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Namun, ada beberapa faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani dan penting untuk Anda kenali.

Ya, faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani tidak hanya melalui konsumsi makanan sehat saja.

Anda juga perlu memerhatikan indikator lain yang memengaruhi kebugaran jasmani, seperti usia, jenis kelamin, hingga kualitas tidur.

Yuk, kenali faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani selengkapnya melalui pembahasan berikut ini!

6 Faktor yang Memengaruhi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah indikator yang dapat menentukan apakah seseorang dalam keadaan sehat dan mampu menjalani rutinitas sehari-hari secara optimal.

Tidak hanya dari penampilan fisik, kebugaran jasmani juga didukung oleh beberapa komponen lain, seperti koordinasi tubuh, kelincahan, daya tahan, kekuatan, serta kecepatan.

Namun, kebugaran jasmani setiap orang cenderung berbeda-beda karena ada beberapa faktor yang dapat memengaruhinya.

Kebugaran jasmani pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, berikut di antaranya:

1. Usia

Salah satu faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani adalah usia. Usia termasuk ke dalam faktor yang krusial dan cukup memengaruhi kebugaran jasmani seseorang.

Seiring dengan pertambahan usia, fungsi organ serta daya tahan tubuh cenderung ikut menurun.

Selain itu, pertambahan usia juga turut memengaruhi komposisi serta kelenturan tubuh karena menurunnya elastisitas otot yang berperan penting terhadap dua hal tersebut.

Baca juga: 10 Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Sehat, Bersih, dan Bugar

2. Genetik

Genetik juga termasuk ke dalam faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani seseorang.

Ada beberapa hal yang terkait dengan kesehatan tubuh dan dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan, yakni postur tubuh, sel darah, metabolisme, hingga kapasitas jantung.

Hal tersebut sangat berkaitan dengan kemampuan tubuh tertentu, seperti kelenturan, kecepatan, serta keseimbangan yang termasuk ke dalam komponen kebugaran jasmani.

3. Jenis Kelamin

Pria dan wanita pada dasarnya memiliki postur serta proporsi tubuh yang berbeda sehingga dapat memengaruhi kebugaran jasmaninya.

Kekuatan otot pria cenderung lebih besar dibandingkan wanita karena mengikuti proporsi tubuhnya.

Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan otot antara pria dan wanita setelah mengalami masa pubertas.

4. Konsumsi Makanan

Faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani berikutnya dan tidak kalah penting adalah konsumsi makanan.

Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk mengoptimalkan kebugaran jasmaninya, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, hingga mineral.

Namun,  Anda juga akan disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein untuk membantu membangun jaringan tubuh yang berperan penting dalam kebugaran jasmani [3]

Beberapa contoh makanan tinggi protein yang baik untuk Anda konsumsi sehari-hari adalah daging dada ayam, daging ikan, telur, tahu, dan tempe.

5. Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga, adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk dilakukan dalam menjaga kebugaran jasmani [2].

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi dapat membantu membangun massa dan kelenturan otot yang menjadi indikator dari kebugaran jasmani.

Beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kebugaran jasmani di antaranya senam aerobik, lari pagi, angkat beban, dan bersepeda.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Stamina agar Tubuh Bugar Sepanjang Hari

6. Tidur atau Istirahat

Tidur atau istirahat merupakan faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani lainnya dan tidak boleh disepelekan.

Pasalnya, tubuh yang telah melalui serangkaian aktivitas fisik untuk mengoptimalkan kebugaran jasmani memerlukan waktu istirahat untuk memulihkan kekuatannya.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidur yang cukup, minimal 7-9 jam sehari untuk menjaga kebugaran tubuh.

Itu dia beberapa faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani dan penting untuk Anda pahami.

Seperti yang sempat disinggung di atas, Anda perlu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh untuk mengoptimalkan kebugaran jasmani, salah satunya yaitu air.

Pasalnya, tubuh manusia sebagian besar tersusun oleh air. Maka dari itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari agar fungsi organ tubuh dapat berjalan dengan baik.

Mencukupi asupan cairan tubuh ini dapat Anda lakukan dengan minum air putih minimal 2 liter sehari.

Salah satu air mineral yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi sehari-hari adalah AQUA Galon.

AQUA Galon senantiasa menjaga kualitas air mineralnya lantaran telah melalui proses pengemasan berstandar tinggi serta uji kualitas sebanyak 400 kali.

Proses pendistribusian AQUA galon juga dilakukan dengan prosedur ketat, membuatnya tetap aman dan steril dari kontaminasi polutan berbahaya.

AQUA Galon cocok untuk dijadikan sebagai air mineral sehari-hari di rumah karena memiliki isi yang banyak, yaitu 19 liter dalam satu kemasan.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan AQUA Galon di warung atau swalayan terdekat dengan harga Rp1.000-an per liternya!

Jadi, selalu sedia #AQUADULU di rumah, ya!

Baca juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Benar, Ini Manfaatnya!

Referensi:

  1. Mengenal Kebugaran Jasmani, Unsur dan Manfaatnya - Buka
  2. Alfarisi R, Karhiwikarta W, Hermawan D. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Dunia Kesmas. 2(1):51-56.
  3. 5 Fungsi Protein yang Penting bagi Tubuh - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .