7 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik untuk Tulang

Hidup Sehat | 15 November 2022

Bagikan:

7 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik untuk Tulang

Berbicara mengenai makanan yang mengandung kalsium, sebenarnya Anda pasti sudah sering mengonsumsinya. Ya, salah satunya adalah susu. 

Memenuhi kebutuhan kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan, terutama tulang sehingga akan mengurangi risiko terkena osteoporosis. Kalsium juga berguna menjaga kesehatan jantung, saraf, dan otot.

Namun, selain susu, masih ada banyak jenis makanan yang banyak mengandung kalsium lho. Apa saja itu? Yuk simak daftarnya di sini.

Manfaat Kalsium bagi Kesehatan Tubuh

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh guna menunjang kesehatan tulang.

Pasalnya, sebanyak 99% kalsium di tubuh tersimpan dalam tulang yang berfungsi menjaga kekuatan sekaligus kepadatan tulang.

Sementara, 1% sisanya digunakan untuk menunjang kerja organ tubuh agar berfungsi dengan normal, seperti membantu mengatur kontraksi otot.

Jenis mineral yang satu ini juga memiliki peran dalam memastikan penggumpalan darah tidak terjadi dan membantu pengeluaran enzim serta hormon ke aliran darah.

Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan gigi, jantung, menjaga fungsi saraf dan otot, serta melancarkan aliran darah.

Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Setelah mengetahui beberapa manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh, kini Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Adapun beberapa makanan yang mengandung kalsium dan dapat Anda konsumsi sehari-hari adalah sebagai berikut.

1. Susu

Susu sapi dan kambing adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak kalsium. Dan juga, kalsium dalam susu lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dalam 1 gelas susu sapi, terdapat 275-350 mg kalsium, sementara pada 1 gelas susu kambing mengandung 330 mg kalsium

Jumlah tersebut sama dengan 27-35% dari rekomendasi jumlah kalsium harian. Tidak hanya kalsium, susu juga mengandung protein, vitamin D, dan vitamin A.

Usahakan untuk memilih produk susu low fat dan tanpa tambahan gula. Selain itu, olahan susu seperti yoghurt juga mengandung kalsium tinggi serta probiotik yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga: 9 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi & Baik bagi Tubuh!

2. Keju

Hampir semua jenis keju termasuk dalam makanan yang mengandung kalsium tinggi. Namun, keju kandungan tertingginya adalah pada keju parmesan.

Agar manfaat keju lebih maksimal, Anda dapat mengonsumsinya dengan menaburkan keju parmesan di atas sayur atau salad buah.

Terdapat sekitar 330 mg kalsium pada 30 gram keju parmesan, kandungan ini setara dengan 33% asupan kalsium harian yang disarankan bagi orang dewasa.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi keju yang berlebihan juga kurang baik bagi tubuh, karena dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

3. Makanan Laut

Kalsium juga dapat dihasilkan dari makanan laut, seperti salmon dan sarden. Selain itu, jenis ikan-ikan tersebut juga mengandung asam lemak omega-3 dan protein.

Dalam satu kaleng sarden terdapat 95 gram kalsium, setara dengan 27% asupan kalsium harian yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan, ikan salmon mengandung 85 gram kalsium atau setara dengan 19% asupan kalsium harian yang dibutuhkan tubuh.

4. Kacang Almond

Kacang almond memiliki rasa yang renyah namun lembut, sehingga sering kali menjadi pilihan camilan, suus, atau campuran kue.

Tak hanya lezat dan banyak manfaat, almond rupanya mengandung setidaknya 75 mg kalsium setia 30 gram penyajian sehingga cocok dijadikan menu diet tinggi mineral.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Tuk Jaga Kesehatan

5. Buah Jeruk

Selain terkenal akan kandungan vitamin c, buah jeruk juga menjadi salah satu buah yang mengandung kalsium tinggi.

Dibalik rasanya yang manis, masam, dan segar, jeruk menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh di mana per 150 gram penyajiannya terdapat kalsium sebesar 60 mg.

Anda dapat merasakan manfaat vitamin c dan kalsium dari buah jeruk dengan membuatnya menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung.

6. Tahu

Meski menjadi makanan yang sudah sangat umum dan cukup terjangkau, kandungan dalam tahu tidak bisa diremehkan, salah satunya adalah kalsium.

Ya, tahu termasuk makanan yang mengandung kalsium dan rendah lemak sehingga baik untuk dikonsumsi dalam berbagai cara.

Per 120 gram tahu mengandung 126 mg kalsium. Selain itu, tahu juga kaya akan protein dan vitamin B karena berasal dari kedelai.

7. Biji-bijian 

Makanan yang mengandung kalsium rupanya bisa ditemukan dengan mudah melalui biji-bijian, seperti biji wijen, seledri, dan chia.

Biji-biji tersebut memiliki 127 miligram kalsium per 9 gram-nya, di mana angka tersebut setara dengan 10% kebutuhan asupan harian kalsium untuk anak dibawah 5 tahun.

Nah, itu dia beberapa daftar makanan yang mengandung kalsium dan baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang sejak dini.

Bagi Anda yang ingin kepadatan dan kekuatan tulang tetap terjaga, maka mulailah membiasakan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Namun, selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, mencukupi kebutuhan air putih juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tulang, khususnya saraf tulang belakang dan jaringan sensitif di tubuh [1].

Maka dari itu, usahakan untuk selalu minum air putih yang terjaga kualitasnya, seperti AQUA. 

AQUA hadir dengan berbagai kemasan, salah satunya kemasan galon 19 liter yang cukup praktis untuk ditaruh di rumah.

Air AQUA telah melewati hingga 400 kali cek kualitas tanpa tersentuh tangan untuk memastikan keaslian dan kemurniannya sampai ke tangan Anda.

Yuk mulai pola makan sehat bersama #AQUADULU!

Baca Juga: 9 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi & Menyehatkan!

Referensi:

  1. Manfaat Minum Air Putih - Buka
  2. Kenali Jenis-Jenis Makanan Berkalsium Tinggi - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.