Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Menu Diet Sehat Yang Gak Bikin Kantong Bolong

Kebaikan AirHidup Sehat | 07 Oktober 2021
Menu Diet Sehat Yang Gak Bikin Kantong Bolong

Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental karena hal ini dapat membuat dampak besar pada banyak hal mulai, dari energi untuk beraktivitas hingga membuat lingkar pinggang Anda memiliki ukuran yang ideal.

Namun bagi beberapa orang, memiliki anggaran yang terbatas adalah salah satu hambatan utama untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Padahal, untuk mulai menjalani diet sehat tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena ada banyak makanan dengan harga terjangkau yang memberikan berbagai manfaat untuk membantu Anda hidup dengan lebih sehat.

Baik Anda yang hidup sendiri atau sudah memiliki keluarga dengan anggaran terbatas, beberapa tips bermanfaat ini Anda dapat membuat Anda (dan keluarga) dapat menikmati makanan sehat tanpa harus menguras kantong:

Ubi

Ubi adalah salah satu superfood yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga menyehatkan karena mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, tembaga, vitamin B1, vitamin B2, dan beberapa nutrisi lainnya yang membuat tubuh makin sehat.

Karena kaya akan nutrisi serta mengenyangkan, mengonsumsi ubi bisa mencegah kamu dari makan camilan yang kurang sehat dan membuat berat badan malah jadi naik. (1)

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi juga sangat mengenyangkan. Mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan. Kandungan beta-glukan dalam oatmeal dapat meningkatkan rasa kenyang Anda untuk waktu yang lebih lama.

Beta-glukan sendiri juga dapat meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY), hormon yang diproduksi di usus sebagai respons terhadap makan. Hormon rasa kenyang ini telah terbukti menyebabkan berkurangnya asupan kalori dan dapat menurunkan risiko obesitas. (1)

Ikan Tuna atau Ikan Mujair

Tuna mengandung daging rendah lemak dan relatif memiliki kadar protein tinggi. Selain itu, Tuna juga merupakan makanan rendah kalori yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan makan lebih banyak.

Selain itu, Tuna juga adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik, vitamin penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru dan mencegah perkembangan anemia. (2)

Selain Tuna, Anda juga bisa memilih Ikan Mujair. Ikan air tawar ini diketahui memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan Tuna, seperti protein, lemak omega 3, fosfor, sodium, kalium, dan selenium [3]. Selain itu, Ikan Mujair juga bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah dibanding Ikan Tuna.

Teh hijau

Daun teh hijau tidak mengalami proses oksidasi yang umumnya digunakan untuk membuat teh hitam sehingga dianggap lebih sehat. Teh hijau mengandung banyak antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan beta-karoten yang melindungi tubuh dan menjauhkannya dari kondisi yang dapat membahayakan kesehatan.

Teh hijau juga memiliki bahan aktif yang dikenal sebagai katekin, sebuah antioksidan alami yang membantu meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. (2). Lalu, zat kafein yang ada dalam teh hijau dapat bertindak sebagai stimulan yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja olahraga dalam berbagai penelitian.

Yogurt rendah lemak

Yogurt menyediakan jumlah protein yang mengesankan, dengan sekitar 12 gram per 7 ons (200 gram). Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk pengaturan nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Ini dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara keseluruhan sehingga bermanfaat untuk mengontrol berat badan. (2)

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik dan tinggi serat. Brokoli juga dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengurangi makan berlebihan. Dari sisi kandungannya, brokoli juga mengandung protein sehingga cocok untuk vegetarian yang tidak dapat memenuhi kebutuhan proteinnya. (1)

Sayur bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, vitamin, zat besi dan antioksidan. Karena berbagai nutrisi yang dimilikinya, bayam bisa menjadi pilihan sempurna untuk diet Anda. Karena bayam tinggi kalsium dan juga zat besi, sayuran hijau ini juga cocok untuk Anda yang sedang mengurangi makan daging dan susu.

Manfaat lainnya adalah kandungan vitamin K, nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan tulang yang kuat. Sementara itu, bayam juga menyediakan sejumlah zat besi yang baik untuk energi, serta kadar magnesium yang mumpuni untuk meningkatkan fungsi otot dan saraf. (2)

Beragam pilihan makanan di atas bisa menjadi pilihan menu diet Anda, karena selain memberikan berbagai manfaat kesehatan, harga-harganya pun juga relatif terjangkau. Selain mengonsumsi beberapa makanan di atas, pastikan juga Anda memiliki asupan hidrasi yang baik dengan air mineral berkualitas seperti AQUA.

AQUA yang secara konsisten melakukan berbagai penelitian untuk mendapatkan air mineral yang berkualitas. Lebih dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis oleh para ahli geologi dan geohidrologi. Melewati proses panjang untuk uji kualitas, menjadikan AQUA sebagai pilihan terbaik air mineral yang ada di Indonesia.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.


Source:

https://www.99.co/blog/indonesia/menu-diet-low-budget/
https://clark.com/health-health-care/best-cheap-foods-for-weight-loss/
https://purepremiumcare.co.id/purebb/web/artikel/detail?id=880&title=tak-kalah-bergizi-ini-6-jenis-ikan-pengganti-salmon-untuk-mpasi-bayi