Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Pentingnya Bikin Kopi Pakai Air Mineral

Kebaikan AirHidup Aktif | 30 April 2021
Pentingnya Bikin Kopi Pakai Air Mineral

 

Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup di kalangan para pekerja dan anak muda. Selain berfungsi sebagai pemicu produktivitas, kopi juga memiliki rasa yang sangat lekat di beberapa orang. Produksi kopi juga meliputi beberapa hal selain teknik seduhan dan kopi, salah satunya adalah air mineral.

Memilih air mineral merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh, apalagi bagi para barista yang sudah ahli di bidangnya. Pemilihan air sendiri menjadi kunci akan rasa yang akan dihasilkan di setiap seduhan kopi.

Faktanya, air mineral merupakan komponen penting sebagai media penghasil ekstrak kopi seperti espresso. Kualitas kopi harus mengikuti dengan sumber air yang digunakan, apakah tipe air yang baik untuk digunakan dalam proses pembuatan kopi?


Pentingnya Air Pada Kopi
Komposisi air merupakan hal yang penting dalam rasio penyeduhan kopi. Bukan sembarangan, air yang berlebih juga bisa membuat rasa kopi lebih hambar. Namun pemilihan air pada kopi juga tidak sembarangan

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam pemilihan air pada saat penyeduhan kopi. Bening saja tidak cukup karena air bisa mengubah cita rasa kopi menjadi cukup hambar.
Kualitas air yang baik untuk kopi juga bisa dilihat dari kandungannya. Sebaiknya air tidak mengandung chlorine, chloramine, ataupun hypochlorite. Kandungan kimia tersebut bisa datang dari air tanah yang tidak tersaring sempurna

Air yang jernih dan layak dikonsumsi sebenarnya sudah memenuhi kriteria dasar sebagai sumber utama dalam membuat kopi yang nikmat. Juga tidak disarankan menggunakan air dari tanah atau keran karena kandungan tanahnya yang cukup pekat.

Memilih air mineral bisa menjadi pilihan utama, apalagi sumber air satu ini bisa didapatkan dengan sangat mudah. Namun mengapa harus memilih air mineral? Apa saja macam-macam air seduhan kopi yang tersedia?


Macam-macam Air Seduhan Kopi
Banyak air yang bisa digunakan dalam menyeduh kopi, bahkan pemilihan air pun bisa menjadi perdebatan yang cukup panjang. Namun uji klinis memiliki beberapa fakta menarik tentang pemilihan air yang baik untuk menyeduh kopi.

Sejatinya ada banyak macam air yang bisa digunakan, seperti air mineral hingga air alkali. Perbedaan air sendiri bisa dicek langsung dari seberapa tingginya kadar pH dari air yang digunakan.

Tingkat keasaman dan basa menjadi indikator utama, sekaligus menjadi indikator seberapa sehat air yang digunakan. Pada beberapa kasus, air alkali dinilai lebih baik karena memiliki sifat air yang cukup basa.

Tetapi menurut Speciality Coffee Association of America, air yang bisa digunakan untuk kopi bisa berkisar di pH angka 6,5 hingga 7,5. Air mineral merupakan tipe air yang memenuhi angka pH tersebut, yaitu yang tidak terlalu asam maupun basa.

Air alkali sendiri berada di angka pH 8 ke atas, bahkan bisa sampai menyentuh angka 14. Tentu semakin tinggi bisa menyebabkan banyak efek samping jadi sebaiknya menggunakan kadar pH yang sudah terbukti aman seperti air mineral untuk penyeduhan kopi.


Air Mineral Baik Untuk Kopi
Ada juga beberapa alasan mengapa air mineral sangat baik dan direkomendasikan untuk membuat secangkir kopi yang nikmat. Selain karena memiliki segala hal yang memenuhi air untuk konsumsi, pemilihan air mineral juga bisa memberikan manfaat lain.

Sejatinya satu cangkir kopi terdiri dari 98 persen air dan 2 persen kopi. Berarti air yang digunakan memiliki karakter yang sangat khas.

Pada air mineral terdapat kandungan mineral yang baik untuk tubuh seperti kalsium dan magnesium yang juga berperan dalam meningkatkan efisiensi proses ekstraksi kopi. Kedua senyawa ini bisa ditemukan pada air mineral.

Karakter dan rasa kopi yang menggunakan air mineral akan memiliki rasa yang kompleks namun beragam. Menurut Muhammad Aga, Award Winning Barista, kandungan mineral pada air akan meningkatkan rasa kopi secara signifikan.


Sumber Air Mineral Terbaik
Sudah jelas bahwa air mineral menjadi salah satu sumber air yang sangat baik dalam proses ekstraksi kopi. Kualitas air mineral terbaik sendiri didapatkan dari sumber mata air pegunungan.

Alasan mengapa mata air pegunungan menjadi pilihan yang tepat karena lokasinya yang masih jauh dari sumber polutan seperti limbah industri maupun limbah rumah tangga. Penyaringan alami dari bebatuan alam juga membuat air pegunungan kaya akan mineral bermanfaat.

AQUA memberikan kualitas air minum dari sumber mata air pilihan dengan kandungan mineral alam terbaik. Sudah melalui berbagai riset oleh para ahli geologi dan geohidrologi guna menjaga kemurniannya hingga ke tangan konsumen.

AQUA juga melakukan tiga perlindungan. Pertama, AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air, salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan memanam sampai lebih dari 2,5 juta pohon, dan melindungi sekitar 1500 jenis flora dan fauna di sekitar sumber airnya. Hal ini ditujukan agar keberlangsungan sumber air terjaga. Kedua, AQUA juga melindungi kealamian mineral yang terkandung dan terbentuk secara alami di sumber airnya, sehingga kemurniannya tak perlu diragukan. Ketiga, AQUA melakukan proses yang terjaga dan seksama, dengan sistem terintegrasi menyeluruh tanpa sentuhan tangan dan melalui 400 cek kualitas, sehingga keamanan dan kehigienisan produk AQUA terjamin hingga ke tangan konsumen.

Jangan lupa bikin kopi pakai AQUA, hadirkan kemurnian air pegunungan di setiap tegukannya.


Referensi:
1. https://www.aquacure.co.uk/knowledge-base/best-water-for-coffee
2. https://www.baristainstitute.com/node/275
3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201229200256-262-587585/peran-air-mineral-jadi-rahasia-seduh-kopi-yang-lebih-nikmat
4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan