Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Pentingnya Mengetahui Air yang Dipakai Untuk Memasak

Kebaikan AirHidup Sehat | 09 Juli 2021
Pentingnya Mengetahui Air yang Dipakai Untuk Memasak

Kebersihan lingkungan menjadi salah satu hal yang diutamakan dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. Pasalnya, kebersihan lingkungan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan seseorang. Apabila lingkungan di sekitar bersih dan terjaga, maka kualitas udara, tanah, dan air juga akan terpengaruh.
Faktanya, kebersihan lingkungan sekitar bisa berpengaruh terhadap kualitas air tanah pompa yang banyak orang gunakan. Bahkan dalam lingkungan yang bersih sekalipun, masyarakat tetap perlu perhatian khusus mengenai kualitas air, apalagi untuk memasak [1].

Penyebab air tanah atau pompa kurang baik adalah karena padatnya penduduk yang juga menimbulkan potensi penumpukan limbah rumah tangga. Hal ini sering terjadi di daerah perkotaan. Di beberapa lokasi, air tanah yang tersimpan memiliki banyak senyawa yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Cemaran Yang Mungkin Terkandung Dalam Air

Sumber air bisa didapat dari mana saja, namun lokasi atau sumber air harus jadi perhatian khusus. Mengingat tidak semua sumber air aman untuk dikonsumsi, jadi perlu beberapa cara guna memastikannya seperti memasak [2].

Jenis cemaran kimia dalam air seperti mercury (Hg), lead (Pb), cadmium (Cd), and arsenic (As) bisa berasal dari lingkungan sekitar kita seperti limbah industri, limbah bahan kimia untuk tanaman, limbah obat-obatan, sisa bahan pembersih rumah tangga. Kontaminasi bahan kimia ini tidak dapat dihilangkan dengan proses pemasakan [1].

Karena proses memasak biasanya akan membuat air menguap, sehingga akan meningkatkan konsentrasi logam berat dalam air. Kondisi ini terjadi karena titik didih air (100 °C) jauh lebih rendah daripada logam berat [1].

Proses memasak sendiri hanya bisa dilakukan bila air yang terkandung cukup jernih seperti air sumur di daerah desa hingga pemukiman di kaki gunung. Alasan utama karena penyaringan sempurna dari tanah menghasilkan air layak konsumsi.

Bila ingin memastikan bisa langsung memanaskan air yang nantinya bisa untuk konsumsi atau masak. Dilansir Centers for Disease Control and Prevention, air yang aman untuk dikonsumsi masih bersumber dari air pegunungan [1]. Bila air yang dikonsumsi jernih, maka cukup merebusnya hingga lebih dari 2 menit dan dibiarkan dingin.

Untuk kasus air yang agak keruh harus melalui proses filtrasi bisa dengan saringan kain, kertas saringan kopi, hingga handuk. Cukup saring melalui 3 lapis kain yang sudah disebutkan lalu direbus selama lebih dari 3 menit [1].

Bahaya Mengkonsumsi Air Tercemar Bagi Masakan dan Kesehatan

Banyak penyakit yang timbul karena kandungan buruk di beberapa sumber air tercemar. Bila sudah mengkonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, maka sebaiknya menghubungi dokter setempat. Beberapa penyakit yang timbul dan muncul dari air kotor seperti diare, kolera, disentri, tifoid, bahkan hingga polio di beberapa kasus. Pencemaran air juga tidak hanya membawa bakteri dan mikroorganisme, namun juga parasit hingga kontaminan seperti logam berat [3].

Maka tidak heran bila mengkonsumsi air yang kotor menjadi sangat berbahaya. Sumber air di daerah pedesaan yang bergantung dengan air tanah sendiri masih direkomendasikan, namun untuk daerah perkotaan memang perlu penelitian terlebih dahulu [3].

Untuk daerah perkotaan biasanya pemerintah setempat sudah menyediakan pengelola air dengan PDAM Kota terkait. Air yang digunakan sendiri sudah bersih dan bisa digunakan untuk mandi, namun perlu beberapa tahap bila ingin menggunakannya untuk memasak.

Selama kondisinya sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI seperti tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme maka cukup memasaknya dalam 3 menit dan sudah siap minum [3].

Namun air dari PDAM hanya mampu menghilangkan haus semata mengingat kandungan mineralnya sangat sedikit.

Jika air tercemar digunakan untuk memasak, hal ini dapat merubah rasa dan warna masakan Anda. Bila air yang digunakan mengandung zat-zat yang akan menggumpal ketika dipanaskan, tentunya makanan anda jadi berbahaya bila dikonsumsi dan alat masak yg digunakan bisa muncul noda putih atau berkerak.

Air Berkualitas yang Terlindungi Untuk Masak

Pemilihan sumber air yang berkualitas dan mengandung mineral bisa datang dari air pegunungan. Banyak mineral baik yang mampu menjaga kesehatan tubuh seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, kalium, dan lain sebagainya [4].

Kesehatan tulang dan gigi hingga organ-organ lain bisa menjadi alasan utama selain memilih air tanah untuk memasak.

Pemilihan sumber air minum memang penting agar terjaga dari kontaminasi bahan kimia yang berlebihan sesuai dengan standar regulasi. Mulai pilih air AQUA, produk yang selalu menjaga kualitas sumber airnya dengan menjaga lingkungan di sekitar sumber air, proses monitoring produk yang ketat menjaga kualitas mutu air produksi AQUA dan melibatkan para ahli geologi hingga geohidrologi [4].
Kualitas produk air AQUA sudah melalui pemilihan sumber air yang terlindungi dan terawat kelestarian lingkungan sekitarnya, sehingga bebas dari zat polutan. Mulai peka akan kesehatan dimulai dari sumber air yang aman untuk mengolah makanan sebagai komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi keluarga kita [4].

Yuk percayakan sumber air minum dan masak dengan AQUA, pilihan air mineral terbaik yang bantu jaga kesehatan tubuhmu di berbagai aktivitas!

 

Referensi:

1. https://www.cdc.gov/healthywater/drinking/private/wells/disease/arsenic.html
2. https://www.epa.gov/ground-water-and-drinking-water/emergency-disinfection-drinking-water-0
3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3645730/pentingnya-air-berkualitas-untuk-meningkatkan-kualitas-masakan-di-rumah
4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/