Manfaat Air Mineral untuk Puasa, Begini Aturan Minumnya

Tips Ramadhan | 11 April 2022

Bagikan:

Manfaat Air Mineral untuk Puasa, Begini Aturan Minumnya

Puasa memang mengharuskan kita untuk menahan lapar dan haus selama sehari penuh. Namun, mengingat efek samping dehidrasi dan juga pentingnya minum air mineral untuk puasa, tentu Anda pun tak bisa melewatkannya begitu saja. Sebab, kebutuhan tubuh akan asupan air minimal 2 liter sehari harus tetap dipenuhi agar bisa berfungsi dengan baik.

Jadi, puasa bukan alasan untuk tidak minum air putih dengan cukup, ya. Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat air mineral untuk puasa dan anjuran waktu konsumsinya. Baca terus sampai habis!

Aturan Minum Air Mineral untuk Puasa

Saat jam puasa berakhir, Anda dianjurkan untuk segera mengganti hilangnya cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Nah demi mencukupi kebutuhan cairan puasa, cobalah minum dengan pola 2 4 2, yaitu [1]:

Dua gelas saat berbuka

Saat waktu berbuka tiba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera minum #AQUADULU . Hal ini bertujuan untuk membantu tubuh dalam mengatasi rasa haus selama sehari penuh yang terjadi akibat berbagai aktivitas dan puasa. Minum 2 gelas AQUA saat berbuka puasa sudah cukup untuk meredakan hal tersebut.

Anda juga bisa minum satu gelas langsung saat berbuka dan satu gelas lagi setelah beberapa menit kemudian setelah melakukan sholat maghrib [2].

Empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur

Setelah adzan Isya hingga menuju waktu tidur di malam hari, coba minum empat gelas air putih. Selain mengatasi rasa haus, minum di waktu ini juga berguna untuk memudahkan tubuh dalam memproses makanan yang masuk sehingga lebih mudah dicerna.

Anda juga bisa melakukannya dengan minum 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat Isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur [2].

Dua gelas saat sahur 

Nah ketika bangun sahur, coba minum dua gelas air putih. Anda pun bisa menyiasatinya dengan minum 1 gelas air putih saat hendak menyantap makanan sahur dan 1 gelas lagi ketika waktu Imsak sudah dekat [2]. Dua gelas minum AQUA saat sahur dapat memberikan asupan cairan yang cukup untuk Anda selama seharian berpuasa.

Di samping itu, minum 2 gelas saat sahur juga dapat membantu tubuh untuk melancarkan pencernaan sekaligus membuang racun di dalam tubuh. 

Baca juga: 10 Resep Minuman Buka Puasa yang Sehat, Praktis, dan Segar

Manfaat Minum Air Mineral untuk Puasa

Lantas, apa pentingnya minum air mineral untuk puasa? Beberapa manfaat minum air mineral untuk puasa, yaitu [3]:

air mineral

1. Membuat tubuh tetap berenergi

Saat berpuasa, kemungkinan besar tubuh akan mengalami dehidrasi di jam-jam tertentu. Akibatnya, otot pun menjadi lemah sehingga Anda mudah lelah, merasa lemas, dan tak bersemangat untuk beraktivitas.

Nah perlu diketahui, air mineral mengandung kalium yang dapat membantu mengaktifkan sistem saraf dan otot. Maka dari itu, selalu cukupi kebutuhan tubuh akan minum air mineral untuk puasa, ya! Ingat, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak produktif.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Dalam segelas AQUA yang Anda minum, terkandung sejumlah nutrisi seperti magnesium, mangan, dan kromium sehingga dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Jadi dengan mencukupi kebutuhan air mineral untuk puasa, tentu sistem metabolisme tubuh Anda tetap terjaga, bukan?

Akan tetapi perlu diingat, untuk mendorong peningkatan metabolisme tubuh, Anda juga harus tetap aktif bergerak, rutin berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan yang sehat.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Selama berpuasa, beberapa orang mungkin akan lebih sering mengalami keluhan maag dan sembelit. Nah untuk mengatasinya, minum air mineral untuk puasa dalam jumlah cukup merupakan solusi tepat guna menjaga kondisi kesehatan saluran pencernaan Anda.

Apalagi mengingat adanya kandungan chloride dalam air mineral, kerja lambung dan usus serta produksi asam empedu dalam mengolah makanan tentu dapat ditingkatkan secara optimal. Alhasil, kinerja dan fungsi sistem pencernaan pun menjadi lebih efektif.

Selain itu, air juga mampu membantu melancarkan kerja usus besar yang memungkinkan buang air besar tetap lancar selama berpuasa. Namun tentunya, hal ini tetap harus diimbangi dengan asupan serat yang cukup, ya! Misalnya seperti konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: 6 Resep Menu Buka Puasa Sehat Bergizi, Nikmat dan Praktis!

4. Mempertahankan kesehatan kulit

Tahukah Anda, salah satu tanda depresi adalah kulit kering? Oleh karena itu, tetap cukupi kebutuhan air mineral untuk puasa sebanyak minimal 8 gelas demi mempertahankan hidrasi kulit sehingga menjaga kulit Anda tetap terlihat kencang.

Kini, Anda sudah mengerti bukan apa pentingnya air mineral untuk puasa? Jadi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum #AQUADULU sesuai aturan yang telah dijelaskan di atas, ya. Akan tetapi, perhatikan juga kualitas air mineral yang diminum, sebab tidak semua air mineral itu sama.

Sebaiknya, pilihlah produk air mineral yang kemurniannya telah terjaga dan terjamin kualitasnya seperti AQUA. Karena hanya AQUA, yang kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas. Jadi, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. Aturan Minum Air Putih saat Puasa - Buka
  2. Jangan lupa minum 8 gelas air putih per hari di bulan puasa - Buka
  3. Manfaat Minum Air Mineral Saat Berpuasa - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.