8 Camilan Penambah Berat Badan yang Enak dan Menyehatkan

Hidup Sehat | 27 Juli 2022

Bagikan:

8 Camilan Penambah Berat Badan yang Enak dan Menyehatkan

Memiliki berat badan ideal pasti menjadi impian setiap orang. Tak heran bila banyak orang berusaha menurunkan atau menaikkan berat badannya dengan mengonsumsi camilan penambah berat badan demi mencapai angka ideal.

Namun, bagi sebagian orang menaikkan berat badan tak semudah membalikkan telapak tangan. Jika hal tersebut terjadi, berarti kemungkinan ada yang salah dari pilihan makanan yang Anda konsumsi.

Lantas, apa saja jenis makanan atau camilan yang baik untuk menambah berat badan? Simak ulasannya berikut.

Camilan Penambah Berat Badan

Salah satu cara terbaik untuk menambah berat badan sebenarnya adalah bukan mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi, melainkan memilih makanan sehat serta mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.

Pasalnya, makanan seperti gorengan, soda, donat dan junk food lainnya juga mengandung tinggi lemak dan gula, namun justru bisa meningkatkan risiko penyakit sistemik (diabetes, jantung, darah tinggi).

Nah, agar Anda dapat meningkatkan berat badan namun tetap sehat, berikut daftar camilan penambah berat badan yang bisa Anda konsumsi.

1. Keripik Pisang

Camilan penambah berat badan yang menyehatkan adalah keripik pisang. Dalam 1 ons keripik pisang terkandung 147 kalori. Anda dapat mengonsumsinya setiap hari agar asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda semakin banyak.

2. Kentang

Camilan penambah berat badan selanjutnya yaitu kentang. Kentang mengandung kalori tinggi sehingga membuat Anda kenyang. Kentang juga mengandung protein, serat, dan vitamin C. Manfaat protein dalam kentang bisa diperoleh secara maksimal jika mengonsumsi kulitnya.

Adapun kandungan kalori pada setiap olahan kentang ialah sebagai berikut:

  • Kentang rebus: dalam 100 gram mengandung 83 kalori
  • Kentang goreng: dalam 100 gram mengandung 140,7 kalori
  • Perkedel kentang: dalam 100 gram mengandung 246 kalori

3. Kacang

Kacang termasuk camilan penambah berat badan yang menyehatkan. Ini dikarenakan kacang mengandung serat dan protein tinggi serta memiliki kalori sekitar 150-200 kalori per ons. Selain itu, biji bunga matahari dan biji labu juga mengandung kalori tinggi.

Tambahkan kacang dan biji-bijian tersebut ke dalam oatmeal, salad, atau bisa Anda jadikan camilan untuk menonton film favorit.

Baca juga: Jenis Olahraga untuk Menambah Berat Badan

4. Dark Chocolate

Kalau camilan penambah berat badan satu ini pasti banyak yang suka. Yup, dark chocolate. Dark chocolate merupakan jenis camilan dengan kalori tinggi dan juga kaya akan antioksidan serta mikronutrien.

Camilan ini mengandung sekitar 70 persen cocoa yang disebut sebagai pilihan terbaik untuk meningkatkan berat badan. Dalam 100 gram dark chocolate terkandung kalori hingga 600 kalori.

5. Roti Gandum

Roti gandum juga merupakan camilan penambah berat badan yang baik Anda konsumsi lantaran mengandung karbohidrat tinggi. Agar makin nikmat, Anda bisa menggabungkan roti gandung dengan camilan lain seperti telur, alpukat, keju, atau daging.

6. Keju

Keju adalah camilan penambah berat badan yang menjadi favorit banyak orang. Keju mengandung lemak dan kalori sehingga bisa membantu membuat tubuh Anda jadi lebih berisi. Selain itu, keju juga memiliki kandungan protein yang baik untuk membangun otot.

7. Yogurt

Camilan penambah berat badan selanjutnya ialah yogurt. Produk olahan susu ini juga menjadi favorit banyak orang karena rasanya lezat. Untuk meningkatkan berat badan, Anda dapat memilih yogurt yang mengandung lemak (full fat yogurt).

8. Selai Kacang

Berikutnya adalah selai kacang. Camilan penambah berat badan ini mengandung gula, protein, lemak yang tinggi, juga folat, magnesium, vitamin E, dan vitamin B3. Dalam satu sendok makan selai kacang terdapat 100 kalori.

Cara Tambah Berat Badan Lainnya

Nah, selain mengonsumsi berbagai camilan penambah berat badan di atas, Anda juga bisa melakukan tips berikut untuk membantu membuat tubuh Anda jadi lebih berisi.

  • Makan lebih sering. Jika Anda memiliki berat badan kurang, biasanya Anda akan merasa cepat kenyang. Oleh karena itu, makanlah 5-6 kali dalam porsi kecil per hari dibanding 2-3 kali dengan porsi besar.
  • Minum susu. Minum susu murni untuk menghilangkan dahaga bisa menjadi cara sederhana untuk mendapatkan asupan protein dan kalori berkualitas tinggi.
  • Dapatkan tidur berkualitas. Tidur dengan cukup sangat penting untuk pertumbuhan otot Anda.
  • Tetap hati-hati dengan gula dan lemak. Meski bisa menambah berat badan, tetaplah ingat bahwa kelebihan gula dan lemak juga tidak baik.
  • Olahraga secara rutin. Olahraga, terutama latihan kekuatan dapat menjadi cara tambah berat badan dengan meningkatkan otot-otot Anda. Olahraga juga bisa merangsang nafsu makan Anda.
  • Perhatikan waktu minum Anda. Hindari terlalu banyak minum air sebelum makan sebab hal tersebut dapat membuat perut Anda full sehingga kesulitan mendapatkan kalori yang cukup.

Itulah sejumlah camilan penambah berat badan beserta tips yang dapat Anda lakukan. Sekali lagi, perlu diingat bahwa menambah berat badan bukan tentang mengonsumsi lebih banyak makanan berlemak dan makanan berkalori tinggi, tapi memilih makanan sehat serta mengandung nutrisi.

Tak lupa imbangi dengan olahraga rutin dan minum air putih cukup agar cairan tubuh tetap terjaga.

Pastikan Anda bijak dalam memilih air minum terbaik. Pilihlah air minum yang mengandung kebaikan mineral alami pegunungan seperti AQUA.

AQUA hadir dalam berbagai kemasan, mulai dari kemasan gelas plastik 220 ml, kemasan botol plastik 330 ml, 450 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml, serta kemasan galon 19 liter untuk mencukupi kebutuhan minum Anda kapanpun dan di manapun.

Air mineral AQUA berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih serta memiliki tiga perlindungan, yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Jadi, tak perlu ragu lagi menjadikan AQUA sebagai teman aktivitas Anda. Yuk minum #AQUADULU setiap hari!

Biar makin semangat, ikuti TikTok Challenge #AQUADULU dan dapatkan kesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik senilai jutaan rupiah. Buat videomu sekarang juga!

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih untuk Mewujudkan Berat Badan Ideal

Referensi:

  1. 4 Camilan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan - Buka
  2. Jenis Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat - Buka
  3. Nutrition and healthy eating - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .