Logo AQUA

12 Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO dengan Air Mengalir

Hidup Sehat | 04 April 2022

Bagikan:

12 Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO dengan Air Mengalir

Meski terlihat sederhana, mencuci tangan sebenarnya merupakan bagian dari budaya hidup sehat yang mampu membantu melindungi Anda dan keluarga dari berbagai infeksi kuman berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mencuci tangan yang benar demi memaksimalkan efektivitasnya.

Jadi, jangan cuci tangan secara asal lagi, ya. Yuk pahami urutan cara mencuci tangan yang benar selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Mengapa Harus Mencuci Tangan?

Banyak orang mungkin tidak menyadari jika tangan merupakan inang dari virus dan bakteri yang tentunya dapat menyebabkan penyakit menular. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus mencuci tangan:

1. Kuman tidak bisa dilihat

Anda tentu tahu bila bakteri dan virus berukuran mikroskopik yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Sementara itu, penyebaran mikroorganisme tersebut sudah meluas dan mengkontaminasi barang-barang Anda seperti tas, sepatu, laptop, ponsel, dan meja. Selain itu, kuman juga bisa menempel setelah Anda batuk, bersin, atau kontak dengan hewan.

Perlu diingat, tangan adalah jalur utama penularan kuman. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan merupakan tindakan penting untuk menghindari penularan kuman berbahaya sekaligus mencegah infeksi terkait perawatan kesehatan.

2. Mencegah penyebaran kuman

Tahukah Anda bahwa perpindahan kuman berlangsung dengan sangat cepat? Kadang secara tanpa sadar, Anda menyentuh hidung, pipi, mata, ataupun mulut dengan tangan. Nah jika tangan dalam kondisi kotor, bukan tidak mungkin kuman akan langsung menyebar dan mengkontaminasi tubuh Anda.

Kapan Harus Mencuci Tangan?

Mempertahankan tangan bebas kuman sepanjang hari mungkin akan sangat sulit dilakukan. Sebagai gantinya, sering-seringlah mencuci tangan, terutama saat terlihat kotor dan juga di waktu-waktu berikut [1]:

a. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah:

  • Menyiapkan dan mengonsumsi makanan.
  • Mengobati luka.
  • Merawat orang sakit.
  • Memasuki dan meninggalkan tempat umum.
  • Memasang dan melepas lensa kontak.
  • Menyentuh barang atau permukaan yang sering disentuh orang lain seperti gagang pintu dan railing tangga.

b. Selalu cuci tangan setelah:

  • Batuk.
  • Bersin.
  • Membersihkan sampah.
  • Menyentuh hewan atau kotoran hewan.
  • Menyiapkan makanan hewan peliharaan.
  • Menggunakan toilet.
  • Mengganti popok anak.

Baca juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar tak Mudah Tertular Penyakit

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Kini, Anda telah mengetahui alasan mengapa harus mencuci tangan dan rekomendasi waktunya. Cara mencuci tangan yang benar menurut WHO yaitu dilakukan sekitar 40 hingga 60 detik lamanya. Selanjutnya, ketahui urutan cara mencuci tangan yang benar menurut WHO (World Health Organization) atau organisasi kesehatan dunia berikut [2]:

cara mencuci tangan yang benar menurut who
Sumber: WHO (World Health Organization)
  1. Basahi tangan dengan air mengalir.
  2. Tuangkan sabun secukupnya untuk menutupi seluruh permukaan tangan.
  3. Gosokkan sabun dengan kedua telapak tangan.
  4. Gunakan 1 tangan untuk menggosok punggung tangan yang lain. Bersihkan sela-sela jari dan lakukan hal yang sama dengan tangan lainnya.
  5. Gosok kedua tangan dan bersihkan sela-sela jari Anda.
  6. Gosok bagian belakang jari Anda ke telapak tangan.
  7. Gosok ibu jari dengan menggunakan tangan yang lain. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari lainnya.
  8. Gosok ujung jari pada telapak tangan yang lain. Ulangi hal yang sama dengan tangan lainnya.
  9. Bilas tangan dengan air mengalir.
  10. Keringkan tangan dengan tisu.
  11. Tutup keran dengan tisu.
  12. Cara mencuci tangan yang benar menurut WHO telah usai dan kini tangan Anda sudah bersih.

Pemilihan Sabun Cuci Tangan

Selama ini, banyak yang menganggap jika sabun antibakteri dapat membersihkan tangan lebih efektif. Namun, apakah itu benar? Nah ternyata, di tahun 2017, Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah melarang penggunaan sabun antibakteri dengan kandungan triclosan dan triclocarban.

Alasannya, kedua zat tersebut dinilai tidak efektif untuk membersihkan tangan. Malah sebaliknya, dapat memicu reaksi alergi yang mana jika digunakan dalam jangka panjang, bisa meningkatkan kemungkinan gangguan endokrin dan resistensi bakteri [3].

Jadi, untuk menerapkan cara mencuci tangan yang benar menurut WHO, Anda bisa menggunakan sabun apa saja, termasuk sabun batang, sabun cair biasa, atau bahkan sabun antibakteri tanpa kandungan triclosan dan triclocarban.

Bagaimana Jika Tidak Ada Air dan Sabun?

Idealnya, cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Namun, jika tidak berhasil menemukan air dan sabun, maka membersihkan tangan dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau hand sanitizer merupakan pilihan yang paling tepat. 

Namun, perlu diingat bahwa hand sanitizer tidak seefektif mencuci tangan dengan air dan sabun. Jadi, apabila Anda menggunakan hand sanitizer, dan kemudian menemukan tempat untuk mencuci tangan, sebaiknya segeralah mencuci tangan.

Umumnya, pembersih tangan berbahan dasar alkohol mengandung etanol, isopropanol, n-propanol, atau terdiri dari campuran dari zat-zat tersebut. Sebuah studi menyebutkan jika komposisi hand sanitizer yang paling efektif, yaitu terdiri atas [4]:

  • 60 hingga 85 persen etanol.
  • 60 hingga 80 persen isopropanol.
  • 60 hingga 80 persen n-propanol.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Kulit Kering agar Lembab dan Sehat

Cara Membersihkan Tangan dengan Hand Sanitizer

Hampir sama dengan cara mencuci tangan air yang benar menggunakan air mengalir, cara membersihkan tangan dengan hand sanitizer yaitu:

Cara Membersihkan Tangan dengan Hand Sanitizer
Sumber: Dobson Healthcare Services
  1. Tuangkan produk hand sanitizer sesuai petunjuk penggunaan atau secukupnya ke telapak tangan.
  2. Gosok kedua tangan.
  3. Ratakan produk hand sanitizer ke seluruh bagian tangan Anda.
  4. Pastikan untuk menggosok produk hand sanitizer hingga ke sela-sela jari.
  5. Gosok selama 25 hingga 30 detik, sampai tangan Anda benar-benar kering.

Namun perlu diingat, hand sanitizer tidak menghilangkan semua jenis kuman. Hand Sanitizer tidak seefektif ketika tangan terlihat kotor atau berminyak. Hand sanitizer juga tidak sepenuhnya menghilangkan bahan kimia berbahaya dari tangan seperti pestisida dan logam berat.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar menurut WHO, baik dengan air maupun hand sanitizer. Pastikan untuk mulai membiasakan cuci tangan dari sekarang ya!

Saat tangan sudah bersih, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan minum air yang cukup. Apapun aktivitasmu, #AQUADULU untuk mencukupi kebutuhan air minum sehari-hari. Bagaimana, mudah bukan menjalani budaya hidup sehat?

Referensi:

  1. Hand-washing: Do's and don'ts - Buka
  2. How to Handwash - Buka
  3. Antibacterial Soap? You Can Skip It, Use Plain Soap and Water - Buka
  4. Alcohol Sanitizer - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .