Mengenal Pengertian Budaya Hidup Sehat dan Manfaat Baiknya

Hidup Sehat | 02 Oktober 2023

Bagikan:

Mengenal Pengertian Budaya Hidup Sehat dan Manfaat Baiknya

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Itulah sebabnya, sebelum terlanjur sakit, ada baiknya bagi kita untuk selalu menerapkan budaya hidup sehat dengan berolahraga. Selain terhindar dari berbagai penyakit fisik, kesehatan mental pun jadi jauh lebih terjaga. Namun sayangnya, tidak semua orang paham apa itu budaya hidup sehat.

Pada artikel kali ini, AQUA akan membahas seputar pengertian budaya hidup sehat lengkap hingga manfaat dan contohnya. Oleh karena itu, simak baik-baik sampai habis ya!

Apa itu budaya hidup sehat?

Pengertian budaya hidup sehat adalah sebuah gaya hidup yang berfokus untuk membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Itu artinya, seluruh aspek dalam keseharian Anda perlu diperhatikan, termasuk soal makanan dan aktivitas fisik. Dengan menerapkan pola hidup seperti ini, harapannya risiko berbagai penyakit dapat diminimalisir secara maksimal.

Lalu, kapan sebaiknya memulai gaya hidup sehat? Sejatinya, tak ada patokan usia tertentu dimana kita harus benar-benar memperhatikan kesehatan tubuh. Namun, apa yang kita tuai nanti tentu merupakan buah dari kebiasaan-kebiasaan masa kini. Sehingga dapat disimpulkan, budaya hidup sehat perlu kita lakukan sejak usia sedini mungkin.

Contoh budaya hidup sehat

Setelah memahami pengertian budaya sehat secara umum, tentu Anda juga perlu mengetahui jenis aktivitas apa sajakah yang sesuai. Beberapa contoh budaya sehat adalah sebagai berikut

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Bagian terpenting dari menjalani pola hidup sehat adalah dengan menjaga seluruh asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Jadi, pastikan makanan yang Anda konsumsi telah memenuhi kebutuhan gizi harian ya!

2. Olahraga secara teratur

Nah, menjaga asupan makanan saja tidak cukup! Anda pun perlu melakukan aktivitas fisik secara aktif untuk membuat tubuh lebih bugar. Cukup luangkan waktu 15 sampai 30 menit setiap harinya, mulailah olahraga dengan teratur mulai hari ini.

3. Istirahat yang cukup

Setelah melakukan aktivitas selama sehari penuh, tubuh tentu perlu beristirahat untuk mengembalikan energi yang telah terkuras. Namun pastikan juga bahwa tidur Anda benar-benar berkualitas ya! Kurangi kebiasaan begadang dan istirahatlah dengan cukup selama 7 hingga 8 jam per harinya.

4. Atur waktu makan

Kebiasaan satu ini tampaknya sering dianggap remeh. Padahal, makan di waktu teratur dapat memberikan sinyal baik bagi sistem metabolisme kita. Jadi bila Anda terbiasa sarapan di jam 7, maka sebaiknya jam makan pagi seterusnya harus begitu pula. Sebab, tubuh akan menerima makanan secara maksimal di waktu Anda sarapan biasanya.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

5. Kurangi asupan gula

Sejatinya, gula boleh kita konsumsi selama dalam jumlah tepat. Jadi jika Anda merupakan pecinta makanan atau minuman manis, kurangi kebiasaan tersebut secara perlahan mulai sekarang ya!

Misalnya, apabila Anda biasanya memakai gula pasir sebanyak 2 sendok makan untuk secangkir teh, maka sekarang bisa Anda kurangi menjadi 1 sendok makan gula pasir saja. Dan berlaku untuk membuat minuman-minuman lainnya, seperti susu, jus, ataupun kopi.

6. Hindari stress

Walau tak berdampak secara langsung, nyatanya stres mampu menurunkan daya tahan tubuh. Akhirnya, sistem pertahanan kita pun melemah dan tidak kuat melawan serangan penyakit.

7. Banyak minum air putih

Tahukah Anda bahwa 70% tubuh kita terdiri dari air [3]? Maka dari itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup sekitar 1,5 hingga 2 liter setiap harinya. Nikmati berbagai kebaikan air dan jangan sampai tubuh mengalami hidrasi.

8. Berhenti merokok

Sudah merupakan rahasia umum jika kebiasaan merokok bisa memicu radikal bebas dan menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Walau sulit, usahakan untuk berhenti merokok sedini mungkin ya.

9. Cukupi kebutuhan vitamin

Agar imun tubuh semakin kuat, Anda pun disarankan untuk mengonsumsi nutrisi tambahan seperti konsumsi vitamin C sebanyak 1000mg/hari sebagai antioksidan. Selain itu, cukupi juga kebutuhan vitamin D Anda melalui suplemen dalam bentuk aktif dengan dosis minimal 600 dan maksimal 2000 IU per hari untuk mencegah penyakit tulang.

10. Jaga kebersihan lingkungan

Terakhir, selalu perhatikan kondisi lingkungan sekitar ya! Sebab kawasan yang kotor bisa menjadi sarang kuman sehingga tak baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat budaya hidup sehat

Kombinasi contoh budaya hidup sehat di atas dapat mendatangkan banyak kebaikan bagi tubuh Anda bila dijalankan dengan disiplin. Bukan hanya membuat kualitas jiwa meningkat, beberapa manfaat budaya hidup sehat adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Sesuai namanya, tujuan budaya hidup sehat adalah tentu agar terhindar dari berbagai masalah penyakit. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk memastikan kondisi tubuh sebenarnya.

2. Tubuh lebih bugar

Selain mencukupi kebutuhan gizi harian, mengonsumsi makanan bernutrisi juga akan membuat tubuh Anda mendapatkan bahan bakar berkualitas untuk melakukan berbagai aktivitas sehingga lebih bertenaga. Apalagi jika rutin berolahraga, tubuh Anda pun jadi tidak mudah lesu, lelah, ataupun merasa cepat malas.

3. Memperpanjang umur

Tubuh yang sehat akan memberikan kita kesempatan untuk hidup lebih lama. Proses penuaan dini yang dapat ditekan bukan hanya memberikan umur panjang, namun juga meningkatnya kualitas hidup sehingga kita juga menikmati setiap detiknya.

4. Mengendalikan berat badan

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang tepat tentu juga dapat membantu Anda untuk mempertahankan berat badan ideal. Apalagi bila ditambah dengan aktivitas fisik secara rutin, bukan tak mungkin tubuh fit bisa Anda gapai lebih mudah. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dikurangi.

Baca juga: Cara Ampuh Diet Alami dengan Minum Air Putih

5. Meningkatkan suasana hati

Tujuan budaya hidup sehat bukan hanya untuk menjaga kebugaran fisik saja. Pasalnya, banyak manfaat budaya hidup sehat dalam jangka panjang yang mungkin belum Anda sadari sekarang. Misalnya saja seperti hati lebih gembira, membaiknya kesehatan mental, hingga perasaan tenang dan rileks setiap harinya.

Demikian pembahasan seputar pengertian budaya hidup sehat lengkap hingga contoh dan beberapa manfaatnya yang berhasil AQUA rangkum untuk Anda. Perlu diingat, pola hidup sehat ini sebaiknya jangan hanya dijadikan trend sesaat saja. Seperti yang telah dijelaskan di atas, budaya hidup sehat perlu kita lakukan sejak usia sedini mungkin.

Walau mungkin awalnya tidak mudah, bentuklah kebiasaan-kebiasaan baik setiap harinya dan mulailah dengan langkah sederhana seperti #AQUADULU sebelum mengawali aktivitas. Dengan berbagai kebaikan mineral alami di dalamnya, tubuh Anda pun jadi lebih terhidrasi secara sempurna. Bagaimana, sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. 10 Pola Hidup Sehat - buka
  2. Beragam Manfaat Budaya Hidup Sehat - buka
  3. Follow the Water: Finding a Perfect Match for Life - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .