10 Makanan Pasca Operasi yang Bantu Percepat Pemulihan

Healthy Lifestyle | 30 June 2022

Share this:

10 Makanan Pasca Operasi yang Bantu Percepat Pemulihan

Ada berbagai jenis makanan pasca operasi yang disarankan agar dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh, seperti mengurangi memar, pembengkakan, maupun peradangan karena pembedahan.

Biasanya, setelah menjalani operasi, tubuh akan memerlukan asupan energi yang cukup agar tubuh dapat segera bekerja optimal seperti semula. Dengan demikian, Anda perlu mengontrol pola makan serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Namun, tahukah Anda apa saja makanan setelah operasi yang dianjurkan tersebut? Agar tidak bingung, yuk langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini!

Rekomendasi Makanan Pasca Operasi

Setelah Anda menjalani operasi, ada berbagai hal yang patut diperhatikan dengan baik demi mendukung proses pemulihan, di antaranya seperti kontrol lanjutan pascaoperasi bersama dokter, perawatan bekas luka, anjuran untuk mulai aktif bergerak, hingga mengenai pola makan.

Ya, jenis makanan setelah operasi juga wajib Anda perhatikan, sebab terdapat beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi agar tubuh Anda segera pulih. Apa saja itu? Simak daftarnya berikut!

1. Roti Gandum dan Sereal

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk proses pemulihan luka adalah zat besi dan jenis mineral seperti seng. Kedua nutrisi tersebut berfungsi sebagai asupan energi bagi tubuh setelah menjalani operasi.

Adapun jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi dan juga mineral ialah roti gandum utuh atau sereal. Bukan cuma itu, roti gandum juga dikenal memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan protein nabati yang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Telur

Tak perlu ditanyakan lagi, telur selama ini diketahui sebagai sumber protein terbaik yang mampu membantu proses penyembuhan pasca operasi. Bahkan tak hanya protein saja, telur juga memiliki kandungan nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, zinc, selenium, vitamin A dan B12.

Kandungan zinc sendiri berfungsi untuk meningkatkan replikasi DNA dan meningkatkan respon imun untuk mencegah resiko infeksi pada luka.

Berbagai nutrisi tersebut membuat telur menjadi salah satu makanan pasca operasi yang dapat meningkatkan kekuatan imunitas tubuh Anda sekaligus mempercepat pemulihan bekas luka maupun tubuh secara menyeluruh.

3. Ikan Salmon

Rekomendasi makanan pasca operasi berikutnya adalah ikan salmon. Tahukah Anda, ikan salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 dan protein yang berperan baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, makanan laut satu ini juga memiliki kandungan nutrisi penting seperti selenium, zinc, zat besi, serta vitamin B yang bisa membantu mengatasi peradangan, mempercepat pemulihan bekas luka, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kekurangan asupan vitamin B secara tidak langsung mengganggu penyembuhan luka karena akan menyebabkan gangguan pada sistem imun sehingga berisiko mengalami infeksi.

4. Sayuran hijau

Untuk memenuhi kriteria makanan sehat, asupan harian Anda wajib meliputi sayuran-sayuran hijau, seperti sawi, kangkung, bayam, dan semacamnya.

Sebab, jenis sayuran hijau tergolong sebagai makanan dengan kandungan vitamin C, magnesium, mangan, dan juga asam folat yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh setelah operasi.

Vitamin C sendiri berguna untuk meningkatkan stabilitas matriks kolagen dan menangkal kerusakan sel karena radikal bebas.

Baca juga: 9 Rekomendasi Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

5. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak adalah rekomendasi makanan pasca operasi selanjutnya. Perlu Anda ketahui, susu rendah lemak memiliki kandungan protein, vitamin D, serta kalsium yang jauh lebih tinggi daripada susu murni biasa.

Hal tersebut menjadikan susu rendah lemak menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk membantu proses pemulihan luka bekas operasi.

6. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Untuk mendapatkan sumber energi setelah menjalani prosedur operasi, Anda bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan maupun biji-bijian, seperti biji bunga matahari (kuaci), biji wijen, biji delima, hingga biji labu.

Makanan pasca operasi ini memiliki kandungan vitamin E, protein, magnesium, manga, beserta nutrisi lainnya yang bisa meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

7. Buah Alpukat

Sumber energi juga bisa Anda dapatkan dari asupan lemak sehat, contohnya seperti buah alpukat. Tak hanya memberikan energi yang cukup pada tubuh, alpukat juga akan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh setelah operasi sekaligus mendorong penyerapan vitamin dengan baik.

8. Buah Jeruk

Selain alpukat, buah jeruk juga bisa Anda masukkan ke daftar makanan pasca operasi mengingat kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi. Jeruk bahkan juga memiliki vitamin A yang bisa membantu penyembuhan luka. Sementara, vitamin C berperan memperkuat sistem kekebalan.

9.   Sup Krim Kepiting dan Jagung

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setelah operasi juga sangat penting agar mempercepat proses pemulihan. Untuk itu, Anda bisa memilih sup krim kepiting dan jagung yang dapat membantu mencukupi asupan cairan tersebut.

Dengan demikian, Anda pun terhindar dari sembelit maupun dehidrasi yang dapat berdampak pada kinerja tubuh hingga akhirnya mengganggu proses penyembuhan. 

Kepiting sendiri memiliki kandungan asam lemak omega-3, selenium, dan juga vitamin B12 yang berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Sementara, jagung kaya akan serat, karbohidrat, protein, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan.

10. Air Putih

Selain makanan pasca operasi di atas, asupan yang tak kalah penting adalah minum air putih. Hal ini merupakan cara utama untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Anda dalam masa pemulihan.

Anda disarankan setidaknya minum sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara 2 liter. Bukan hanya sekedar menghindari dehidrasi, cukup minum juga akan membantu metabolisme tubuh dan proses pembuangan racun-racun dengan lebih baik.

Baca juga: 14 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Jaga Kesehatan

Untuk itu, Anda bisa mulai dengan memilih air minum terbaik seperti AQUA yang kualitas dan kemurniannya selalu terjaga bahkan lebih dari 49 tahun.

AQUA senantiasa memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air terjaga dalam kemasan dengan melakukan perlindungan serta ratusan uji kualitas sebelum akhirnya tiba di tangan Anda.

Sehingga, kandungan air AQUA sudah pasti steril dari kontaminasi berbahaya. Di sisi lain, air minum AQUA telah sesuai rekomendasi BPOM dan SNI, jadi Anda tak perlu meragukan keamanannya.

Well, itulah beberapa rekomendasi makanan pasca operasi yang bisa Anda konsumsi setiap harinya. Berbagai makanan dengan kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh tentu akan sangat baik dan mendukung proses pemulihan.

Oleh karena itu, pastikan setiap makanan yang Anda konsumsi termasuk sehat dan bergizi agar asupan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik. Jangan lupa juga minum #AQUADULU untuk memenuhi asupan cairan tubuh!

Referensi:

  1. Daftar Makanan yang Dapat Membantu Pemulihan Pascaoperasi - Buka
  2. What to Eat After Surgery and What to Avoid - Buka
  3. Barchitta, M., Maugeri, A., Favara, G., Magnano San Lio, R., Evola, G., Agodi, A., & Basile, G. (2019). Nutrition and Wound Healing: An Overview Focusing on the Beneficial Effects of Curcumin. International journal of molecular sciences, 20(5), 1119. - Buka

Related Articles

No articles found.

Enzy mengajak Anda untuk beli AQUA sekarang!

This website uses cookie to make sure you get the best experience. Learn more .