6 Manfaat Angkat Beban untuk Wanita, Baik Fisik dan Mental

Hidup Aktif | 29 Agustus 2022

Bagikan:

6 Manfaat Angkat Beban untuk Wanita, Baik Fisik dan Mental

Jika berbicara tentang latihan angkat beban atau weight training, hal yang pertama kali terbesit oleh kebanyakan orang mungkin adalah olahraga untuk pria. 

Nyatanya, wanita juga bisa melakukannya, lho! Ada banyak manfaat angkat beban untuk wanita yang sayang dilewatkan.

Apa saja manfaat tersebut? Yuk simak penjelasannya pada artikel berikut!

Apakah Angkat Beban Akan Membuat Wanita Jadi Kekar?

Banyak wanita tidak ingin melakukan latihan angkat beban dikarenakan takut otot-ototnya akan menjadi sebesar binaragawan. 

Padahal, hal tersebut tidak benar. Justru jenis olahraga ketahanan seperti ini baik dilakukan lantaran dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Wanita tidak akan menjadi kekar dengan berlatih angkat beban. Pasalnya wanita tidak mempunyai hormon yang dapat membentuk otot seperti pada pria, kecuali jika ia diberi penguat hormon seperti steroid anabolik.

Manfaat Angkat Beban untuk Wanita

Dari penjelasan di atas, Anda tak perlu ragu lagi jika ingin mencoba latihan angkat beban. Agar Anda lebih percaya, ketahui deretan manfaat angkat beban untuk wanita berikut ini.

1. Membakar Lebih Banyak Lemak

Salah satu manfaat angkat beban untuk wanita adalah membantu meningkatkan metabolisme dan massa otot sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak. 

Tentu saja hal ini sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa angkat beban dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh bahkan hingga 39 jam setelahnya.

Di samping itu, peningkatan massa otot juga akan memaksimalkan penyerapan glukosa ke dalam otot sehingga menurunkan glukosa dalam darah.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat angkat beban untuk wanita selanjutnya yaitu memberi penekanan pada otot yang akan berpengaruh pada formulasi tulang dan meningkatkan kepadatan tulang sehingga membuatnya lebih kuat dan sehat.

Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari risiko osteoporosis yang rentan dialami seiring bertambahnya usia.

3. Meningkatkan Kekuatan

Dengan berlatih angkat beban secara rutin maka bisa membuat otot semakin kuat, sehingga Anda lebih mudah dalam menjalani aktivitas, terutama bergerak. 

Selain itu, otot yang kuat juga akan membuat Anda tidak gampang lelah saat berolahraga serta mencegah risiko cedera.

Hal lainnya adalah peningkatan kekuatan dan massa otot dapat meningkatkan fungsi tubuh dan kepuasan hidup.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Penelitian dari University of Michigan menemukan bahwa orang yang melakukan angkat beban selama tiga kali per minggu dalam waktu dua bulan mampu menurunkan tekanan darah diastolik dengan rata-rata 8 poin.

Hal tersebut cukup untuk mengurangi risiko terkena stroke sebesar 40% dan serangan jantung sebesar 15%. 

Selain itu, manfaat angkat beban bagi wanita juga dapat memperbaiki cara tubuh memproses gula sehingga berguna menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: 8 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

5. Mengurangi Stres

Tak hanya bagi fisik, manfaat angkat beban di pagi hari juga berguna bagi kesehatan mental. Yup, latihan ini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, pasalnya ketika olahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin.

Hormon tersebut berperan dalam membuat suasana hati lebih baik, mencegah rasa sakit, serta melawan depresi sehingga membantu mood Anda jadi lebih baik. Ini juga membantu memberikan respon lebih positif terhadap segala hal yang terjadi.

6. Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Berikutnya manfaat angkat beban untuk wanita juga bisa meningkatkan produktivitas. Para peneliti menemukan bahwa orang yang rajin berolahraga memiliki tingkat produktivitas dalam bekerja lebih tinggi 15% dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Panduan untuk Melakukan Angkat Beban

Sebelum berlatih angkat beban, ada baiknya Anda simak dulu panduan dari The Physical Activity Guidelines for Americans berikut.

  • Lakukan latihan angkat beban setidaknya 2 hari dalam seminggu. Semakin sering dilakukan, maka Anda bisa merasakan manfaatnya lebih cepat. Kemudian Anda dapat melakukan latihan ini dengan bantuan alat atau menggunakan beban tubuh sendiri, seperti push up atau sit up.
  • Istirahat selama 24 hingga 48 jam antara latihan berat kelompok tertentu guna memulihkan tubuh dan membangun kembali jaringan otot.
  • Tambahkan minimal 150 menit latihan kardio intensitas ringan hingga sedang, atau 75 menit latihan intensitas tinggi. Latihan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu keseimbangan energi.

Baca juga: 7+ Cara Angkat Beban yang Aman untuk Pemula dan Tipsnya

Itu dia beragam manfaat angkat beban untuk wanita yang penting Anda ketahui. Perlu diingat sekali lagi bahwa olahraga angkat beban memang bertujuan meningkatkan massa otot, namun tidak akan membuat otot Anda seperti binaragawan. Jadi, Anda tak perlu khawatir, ya.

Kemudian hal lain yang juga penting adalah jangan lupa perhatikan asupan cairan. Setelah olahraga, pastinya tubuh kehilangan banyak cairan akibat keluarnya keringat. 

Nah, sebaiknya Anda segera menggantikan cairan yang hilang tersebut agar tidak dehidrasi.

Minum AQUA sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan air mineral tubuh Anda. 

AQUA adalah air minum berkualitas yang sudah dipercaya menjaga kemurnian kandungannya selama lebih dari 49 tahun.

Air minum AQUA diambil dari sumber air pegunungan pilihan yang disertai berbagai perlindungan pada ekosistem di sekitarnya. 

Tak lupa sebelum sampai ke tangan Anda, AQUA diproses melalui berbagai ratusan uji kualitas tanpa tersentuh tangan manusia.

Jadi, yuk minum #AQUADULU dan rasakan kesegaran di setiap tetes airnya!

Referensi:

  1. 5 Manfaat Olahraga Angkat Beban bagi Wanita - Buka
  2. Manfaat Angkat Beban untuk Wanita Tidak Hanya Sehat Fisik tapi Juga Mental - Buka
  3. Mengapa Wanita Juga Perlu Angkat Beban? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.