9 Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Hidup Aktif | 16 Agustus 2022

Bagikan:

9 Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Selama ini, manfaat renang mungkin dikenal sebagai latihan pembentukan otot punggung ataupun olahraga untuk membantu menambah tinggi badan bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan.

Namun di luar itu, sebenarnya tersimpan sejumlah manfaat renang bagi tubuh yang belum diketahui oleh banyak orang. Apa sajakah itu?

Pertama, renang merupakan olahraga universal yang dapat dilakukan oleh semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Bahkan menariknya, seseorang dengan kebutuhan khusus pun bisa melakukannya. Yuk simak apa manfaat renang bagi tubuh selengkapnya dalam artikel berikut ini!

9 Manfaat Renang Bagi Tubuh

Jika Anda penasaran apa manfaat renang dari segi psikologis dan juga kesehatan fisik, beberapa di antaranya yaitu:

1. Melatih seluruh tubuh

Salah satu manfaat renang bagi kesehatan badan adalah dapat melatih seluruh tubuh Anda, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Oleh karena itu, secara singkat beberapa manfaat renang bagi tubuh adalah:

  • Meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh menjadi stres.
  • Mengencangkan dan menambah fleksibilitas otot.
  • Melatih kekuatan.
  • Membangun daya tahan.

Masing-masing gaya renang berfokus melatih jenis otot yang berbeda. Meski demikian, seluruh tubuh Anda tetap terlatih secara maksimal, terlepas dari gaya renang yang digunakan. Bahkan dapat dikatakan, renang juga merupakan olahraga yang cukup terjangkau dan relatif aman bagi ibu hamil.

Selain itu, salah satu manfaat renang gaya punggung yaitu melatih otot latissimus dorsi yang berguna untuk meluruskan dan memutar tulang lengan atas sekaligus membantu menstabilkan punggung bawah ketika lengan dalam posisi menahan beban tetap.

2. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Renang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang tentunya sangat baik untuk mempertahankan kesehatan kardiovaskular. Itu karena manfaat renang bagi tubuh adalah memperkuat jantung dan juga paru-paru. Akibatnya, sistem pernapasan Anda pun menjadi lebih sehat.

3. Meringankan radang sendi

Sebuah studi menunjukan bahwa manfaat renang bagi kesehatan badan adalah ditemukan adanya pengurangan nyeri dan kekakuan sendi secara signifikan pada seseorang dengan osteoartritis [1].

Tak hanya itu, berenang juga merupakan low impact exercise sehingga direkomendasikan bagi penderita cedera. Sebab dengan berenang, air akan membantu Anda dalam menopang beban tubuh. Alhasil, tulang pun tidak akan bekerja terlalu keras seperti halnya bila Anda berolahraga di darat.

Bahkan dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa penderita MS atau multiple sclerosis mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan setelah melakukan renang secara teratur [2].

4. Menurunkan tekanan darah dan mengendalikan kadar gula darah

Terdapat penelitian yang menemukan jika salah satu manfaat renang bagi tubuh adalah mampu menurunkan tekanan darah sekaligus membantu tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah [3]. Bahkan dikatakan lebih lanjut, seseorang yang berenang secara teratur dapat memiliki usia harapan hidup 50% lebih tinggi.

Baca juga: Ini Cara Menurunkan Gula Darah dengan Air Putih Secara Alami

5. Mengurangi tingkat keparahan asma

Tahukah Anda, renang mampu meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga dapat membantu mengendalikan sistem pernapasan. Itu artinya, renang merupakan jenis olahraga yang baik bagi para penderita asma. Namun sebagai catatan, perhatikan juga kebersihan air kolam tersebut, ya.

6. Meningkatkan suasana hati

Nah bagi Anda yang penasaran apa manfaat olahraga dari segi psikologis, maka inilah jawabannya. Renang baik untuk kesehatan mental karena selama berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Perlu diketahui, endorfin adalah hormon yang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati seseorang.

Bahkan manfaat renang bagi tubuh yang satu ini juga dapat dirasakan oleh para penderita demensia atau gangguan penurunan daya ingat dan cara berpikir [4].

7. Membantu mengelola stress

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Khel Journal pada 2015, ditemukan bahwa sekelompok orang dengan depresi ringan mengalami sejumlah penurunan tingkat stres setelah melakukan renang [5].

Meski perlu penelitian lebih lanjut, para peneliti telah menyimpulkan bahwa salah satu manfaat renang bagi tubuh adalah membantu menghilangkan stres dengan cepat.

8. Membantu menurunkan berat badan

Berenang merupakan salah satu cara yang dianggap cukup efisien untuk membakar lebih banyak kalori. Namun sebagai catatan, jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui renang tentunya tetap disesuaikan dengan berat badan masing-masing orang, frekuensi, intensitas, jenis gerakan, dan durasi renang yang dihabiskan.

Baca juga: Begini 6 Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

9. Membuat tidur lebih nyenyak

Terakhir, manfaat renang bagi tubuh yaitu membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah penelitian pada 2011, orang dewasa yang menderita insomnia diketahui mengalami peningkatan kualitas tidur setelah melakukan olahraga aerobik, salah satunya yaitu renang secara teratur [6].

Kini, Anda telah mengetahui bukan apa manfaat renang bagi tubuh? Setelah mengetahui beragam manfaatnya, tak ada salahnya untuk segera mempertimbangkan renang ke dalam rutinitas harian Anda. Yuk budayakan hidup sehat dengan senantiasa berolahraga dan minum #AQUADULU untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Salam sehat!

Referensi:

  1. Improved Function and Reduced Pain after Swimming and Cycling Training in Patients with Osteoarthritis - Buka
  2. Hydrotherapy for the Treatment of Pain in People with Multiple Sclerosis: A Randomized Controlled Trial - Buka
  3. Effects of 8-week swimming training on carotid arterial stiffness and hemodynamics in young overweight adults - Buka
  4. Exploring the effect of aquatic exercise on behaviour and psychological well-being in people with moderate to severe dementia: a pilot study of the Watermemories Swimming Club - Buka
  5. The effect of swimming exercise on life stress relief - Buka
  6. Aerobic exercise improves self-reported sleep and quality of life in older adults with insomnia - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.