Logo AQUA

6 Penyebab Anak Demam Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Hidup Sehat | 13 Juni 2024

Bagikan:

6 Penyebab Anak Demam Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Penyebab anak demam tiba-tiba menjadi suatu kekhawatiran bagi orang tua. Kondisi ini memang sering terjadi karena daya tahan tubuh anak belum terbentuk sempurna. Namun, apa penyebab anak demam tiba-tiba?

Salah satu penyebab anak demam tiba-tiba yang cukup sering terjadi adalah influenza.

Influenza merupakan penyakit umum pada anak yang biasanya ditandai dengan peningkatan suhu tubuh.

Selain itu, ada sejumlah kondisi lainnya yang bisa menyebabkan anak demam tiba-tiba. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Penyebab Anak Demam Tiba-Tiba

Penyebab anak demam tiba-tiba bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang bekerja melawan infeksi, flu, dan penyakit lainnya. Kondisi ini sering kali dialami oleh anak karena sistem imun tubuhnya belum terbentuk sempurna.


Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya seperti gangguan pencernaan, efek imunisasi, hingga cacar air. Berikut adalah penjelasannya.

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan, terutama jika disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, merupakan salah satu penyebab anak demam tiba-tiba yang cukup sering terjadi.

Umumnya, infeksi yang menyebabkan gangguan pencernaan pada anak terjadi karena kurang terjaganya kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

2. Imunisasi

Anak tiba-tiba demam menjadi tanda yang sering muncul karena efek setelah imunisasi.

Namun, Anda tidak perlu begitu khawatir. Pasalnya, demam setelah imunisasi menjadi tanda bahwa sistem imun anak sedang bekerja dan mengenali vaksin yang masuk ke dalam tubuh.

Bila anak mengalami kondisi ini, Anda tetap perlu memantau kondisinya secara berkala serta memberikan air putih yang cukup.

3. Alergi

Alergi adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh anak mengeluarkan reaksi berlebihan karena dipicu oleh zat alergen tertentu.

Reaksi yang seringkali dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh anak ketika terpapar oleh alergen yaitu demam, bersin, ruam merah pada kulit, serta nyeri perut.

Maka dari itu, penting untuk mengenali apa saja yang dapat memicu alergi pada anak guna menjaga kesehatan tubuhnya.

4. Infeksi Telinga

Bila demam yang terjadi pada anak disertai dengan telinga terasa nyeri serta berair, ada kemungkinan bahwa si kecil mengalami infeksi telinga.

Penyebab anak demam tiba-tiba ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti infeksi virus dan bakteri, sinusitis, perubahan tekanan udara, serta alergi [3].

5. Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi virus dan menjadi penyebab anak demam tiba-tiba berikutnya.

Selain demam, cacar air juga ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil pada kulit, nyeri otot, serta nafsu makan menurun [4].

Cacar air merupakan masalah kesehatan yang dapat sembuh dengan sendirinya. Meski demikian, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter guna mempercepat proses pemulihan tubuh si kecil.

6. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi yang dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh pada anak.

Beberapa gejala umum dehidrasi pada anak di antaranya kulit dan bibir mengering, jarang buang air kecil, rewel, lemas, serta mata terlihat cekung. 

Cara Mengatasi Anak Demam Tiba-Tiba

Setelah mengenal penyebab anak demam tiba-tiba, ada baiknya Anda segera memberikan penanganan yang tepat pada si kecil agar kondisinya dapat pulih dengan cepat.

Berikut ini ada sejumlah cara menurunkan demam pada anak yang dapat Anda lakukan.

  • Kenakan pakaian yang nyaman untuk si kecil. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu tebal agar tubuh anak dapat mengeluarkan panas dengan optimal.
  • Perhatikan suhu ruangan anak agar selalu sejuk.
  • Kompres anak demam menggunakan handuk yang telah dibasahi air hangat.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak dengan menyediakan air putih serta buah-buahan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Berikan anak makanan sehat dengan gizi seimbang.

Jika telah melakukan tips di atas namun demam pada anak tidak kunjung mereda, Anda disarankan untuk segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Demikian sejumlah penyebab anak demam tiba-tiba serta tips mengatasinya yang perlu dipahami oleh orang tua.

Seperti yang telah dibahas, salah satu tips mengatasi anak demam tiba-tiba adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.

Hal ini dikarenakan demam turut menyebabkan dehidrasi pada anak yang dapat memperburuk kondisi.

Oleh karenanya, jangan lupa selalu sediakan air minum yang cukup di rumah untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh si kecil saat sedang sakit.

Berbicara mengenai kebutuhan air minum keluarga, Anda bisa menyiapkan AQUA Galon setiap harinya di rumah.

AQUA Galon memiliki isi yang banyak, yaitu sebesar 19 liter, sehingga turut membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh keluarga di rumah setiap hari.

Tak perlu khawatir, AQUA Galon sudah terbukti sesuai dengan standar air minum layak konsumsi dari Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002, yaitu bersih, tidak berasa dan berbau, serta tak berwarna.

Keamanan kandungan air mineral dari AQUA Galon juga turut terjaga lantaran kemasannya menggunakan tutup berteknologi double injection.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan AQUA Galon dengan harga terjangkau, lho! Yap, AQUA Galon dapat dibeli melalui toko atau supermarket terdekat dengan harga Rp1.000-an per liter. Anda juga bisa membeli AQUA Galon melalui Whatsapp AQUA Home Service.

Untuk keluarga sehat, #AQUADULU. Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral pegunungan tanpa tambahan apapun, sebagaimana alam ingin Anda meminumnya.

Referensi:

  1. Ini 7 Penyebab Demam Tiba-tiba yang Kerap Dialami Anak - Buka
  2. 3 Cara Mengatasi Anak Demam Tiba-tiba Sepulang Bermain - Buka
  3. Penanganan Telinga Berair pada Anak Akibat Infeksi - Buka
  4. Cacar Air pada Anak - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .