Mengenal Apa itu Senam Aerobik, Manfaat, Jenis & Gerakannya

Hidup Aktif | 14 Juni 2022

Bagikan:

Mengenal Apa itu Senam Aerobik, Manfaat, Jenis & Gerakannya

Pada dasarnya, manfaat olahraga yaitu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Begitu pula dengan senam aerobik. Senam aerobik adalah jenis olahraga yang populer di kalangan masyarakat di mana identik melibatkan sebagian otot besar pada tubuh. Sudahkah Anda tahu bagaimana gerakan senam aerobik?

Jika belum, mari simak jenis-jenis senam aerobik di bawah ini beserta manfaatnya bagi kesehatan.

Apa itu senam aerobik?

Senam aerobik diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an. Pengertian senam aerobik adalah aktivitas yang dilakukan untuk menggerakkan badan demi meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan selama berolahraga [1]. Olahraga ini termasuk jenis olahraga kardio karena melibatkan banyak gerakan otot-otot tubuh.

Pengertian lain senam aerobik adalah serangkaian gerakan bertempo cepat untuk meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh. Jika asupan oksigen meningkat, maka proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh lebih maksimal sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat senam aerobik untuk tubuh

Nah, kebanyakan gerakan senam aerobik adalah berfungsi untuk melancarkan dan meningkatkan pasokan aliran oksigen ke otot tubuh dan jantung. Semakin banyak asupan oksigen yang masuk, maka semakin baik pula fungsi organ dalam tubuh kita.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat senam aerobik bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Pertama, manfaat senam aerobik adalah menjaga kesehatan jantung. Ini dikarenakan gerakan senam aerobik dapat merangsang saraf simpatis untuk meningkatkan detak jantung serta pernapasan Anda, sehingga otot jantung menjadi semakin kuat dan membuat jantung memompa darah dengan lebih efisien.

Tidak hanya itu, senam aerobik juga bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan menjaga pembuluh darah agar dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta membakar lemak-lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

2. Memperbaiki suasana hati

Berikutnya manfaat senam aerobik adalah membantu memperbaiki suasana hati. Mengapa demikian? Karena saat olahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa berperan sebagai pereda nyeri alami, memperbaiki suasana hati, dan memberikan rasa bahagia.

Terlebih lagi, senam aerobik adalah olahraga yang dapat meredakan kecemasan dan membuat tubuh Anda lebih rileks. Dengan begitu, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

3. Menambah stamina

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa senam aerobik adalah melibatkan gerakan dengan tempo cepat, sehingga mungkin jika baru pertama kali melakukannya Anda akan merasa lelah. Namun, hal tersebut hanya berlangsung sementara, lho.

Apabila dilakukan secara rutin, perlahan tubuh akan beradaptasi sehingga stamina akan meningkat dan Anda jadi tidak mudah lelah.

4. Menurunkan berat badan

Pembakaran lemak yang meningkat saat melakukan gerakan senam aerobik dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tentunya ini bisa terjadi jika Anda rutin melakukannya, ya. Selain itu, Anda juga perlu mengimbanginya dengan membiasakan pola makan serta hidup sehat.

5. Meningkatkan massa tulang dan otot tubuh

Selanjutnya manfaat senam aerobik adalah meningkatkan massa tulang dan otot tubuh. Dengan begitu, Anda tetap bisa bergerak leluasa seiring bertambahnya usia.

Risiko cedera akibat jatuh pada kalangan lansia pun dapat berkurang sebab gerakan senam aerobik dengan intensitas sedang hingga berat dapat membantu menjaga keseimbangan serta meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga: Apa itu Tabata Workout? Berikut Gerakan dan Manfaatnya

Jenis senam aerobik

Setelah memahami beragam manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui jenis senam aerobik, di antaranya sebagai berikut.

1. Berdasarkan intensitasnya

Jenis senam aerobik berdasarkan intensitasnya dibagi menjadi:

Low impact aerobic

Jenis senam ini intensitas gerakannya cenderung ringan dan menimbulkan pengaruh yang minimal pada tulang serta persendian sehingga aman dari cedera bagi pemula, penderita obesitas, ibu hamil, juga lansia.

High impact aerobic

High impact aerobic adalah senam dengan gerakan cepat dan keras untuk membakar kalori lebih banyak. Biasanya jenis olahraga ini dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Olahraga berikut lebih baik dilakukan di bawah pengawasan trainer guna menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan cedera.

Aerobic sport

Jenis senam aerobik ini merupakan olahraga yang meningkatkan metabolisme dan asupan oksigen dengan kombinasi dari gerakan low impact dan high impact guna memberikan variasi agar tidak cepat bosan dan lelah.

2. Berdasarkan musik pengiringnya

Ketika berbicara tentang senam aerobik, mungkin yang ada di benak Anda adalah irama musik pengiring. Yup, musik juga berpengaruh guna meningkatkan semangat dan motivasi saat berolahraga. Di bawah merupakan jenis senam aerobik berdasarkan musik pengiringnya:

Discorobic

Sesuai namanya, senam ini menggabungkan gerakan intensitas ringan dan keras secara bergantian menggunakan musik pengiring disco.

Rockrobic

Jenis rockrobic adalah menggabungkan gerakan intensitas ringan dan keras dengan gerakan rock n’ roll seperti melompat dan berputar.

Aerobic dance

Berbeda dengan discorobic dan rockrobic yang cenderung keras, aerobic dance lebih menggabungkan gerakan olahraga dengan kombinasi gerakan tarian nan indah.

Baca juga: 7 Gerakan Latihan Otot Perut, Bisa Bikin Perut Jadi Ramping!

Contoh gerakan senam aerobik

Melakukan senam aerobik sangatlah mudah, bahkan Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Berikut contoh gerakan senam aerobik adalah:

1. Burpees

Contoh pertama gerakan senam aerobik adalah burpees. Cara melakukannya yaitu:

  • Berdiri tegak sambil memposisikan tangan dan kaki secara santai.
  • Turunkan tubuh ke posisi jongkok sambil letakkan kedua tangan lurus di samping lutut.
  • Dorong kedua kaki ke belakang dengan cepat sehingga posisinya seperti push up.
  • Tarik kembali kaki ke depan hingga posisi jongkok, kemudian lompat ke atas sambil mengangkat kedua tangan untuk kembali ke posisi berdiri tegak.
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali atau sesuai kemampuan Anda.

2. Jumping jacks

Gerakan senam aerobik selanjutnya adalah jumping jacks atau lompat bintang. Berikut cara melakukannya.

  • Tubuh berdiri tegak dengan kedua telapak tangan ada di samping dan kedua kaki sedikit terbuka.
  • Lompat sambil buka kedua kaki selebar bahu. Di saat yang bersamaan, rentangkan juga kedua tangan ke atas kepala seperti membentuk bintang.
  • Setelah mendarat, ulangi gerakan melompat selama beberapa kali sesuai kemampuan Anda.

3. Squats

Squat adalah gerakan senam aerobik yang tidak hanya menguatkan bokong, melainkan juga melatih kekuatan otot jantung. Begini caranya:

  • Tubuh berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu.
  • Letakkan tangan ke bawah samping atau luruskan ke depan guna menjaga keseimbangan.
  • Turunkan tubuh serendah mungkin dengan mendorong punggung ke belakang.
  • Pastikan bagian paha atas sejajar dengan lantai, punggung tetap lurus, dan dada membusung.
  • Tahan posisi ini selama beberapa saat hingga otot inti dan paha terasa kencang, lalu angkat tubuh kembali ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali atau sesuai kemampuan.

Itulah penjelasan tentang pengertian senam aerobik, manfaat, jenis, hingga contoh gerakannya. Selain gerakan di atas, Anda juga bisa mencoba jenis olahraga aerobik lain, seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, naik turun tangga, lompat tali, zumba, hingga kickboxing.

Hal terpenting adalah Anda konsisten dalam melakukannya agar hasilnya optimal. Selain itu, imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh melalui minum air putih.

Manfaat minum air putih bagi kesehatan sangatlah beragam, di antaranya mencegah dehidrasi, memelihara fungsi ginjal, menurunkan berat badan, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, Anda harus memastikan air minum pilihan Anda terjaga kualitasnya, seperti AQUA yang melindungi sumber mata airnya.

AQUA sudah dipercaya lebih dari 49 tahun memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Guna menjaga kualitasnya, air minum AQUA juga telah melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke tangan konsumen.

Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk sedia #AQUADULU di rumah. Yuk rasakan kemurnian air mineral AQUA yang terlindungi!

Referensi:

  1. Mengenal Jenis-Jenis Senam Aerobik dan Contoh Gerakannya - Buka
  2. Manfaat Olahraga Aerobik untuk Kesehatan dan Bedanya dengan Anaerobik - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.