Logo AQUA

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat

Hidup Sehat | 22 Maret 2022

Bagikan:

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Sehat

Memahami bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal adalah hal penting yang semestinya perlu diketahui oleh setiap orang. Pasalnya, ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran besar dalam menyaring zat-zat beracun.

Pada dasarnya, menjalani budaya hidup sehat adalah kunci utama untuk mempertahankan fungsi seluruh organ tubuh, termasuk ginjal. Namun untuk lebih jelasnya, simak langsung bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal dalam artikel berikut ini!

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebenarnya, penerapan cara menjaga kesehatan ginjal agar tetap optimal adalah kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Di antaranya yaitu

1. Batasi asupan garam

Selain disarankan membatasi konsumsi gula, sebenarnya Anda pun juga dianjurkan untuk memperhatikan asupan garam dalam makanan sehari-hari. Sebab, kadar sodium dalam tubuh yang terlalu tinggi dapat memicu lonjakan tekanan darah sehingga berdampak buruk pada ginjal. Sebaiknya, batasi asupan garam maksimal sebanyak 2,3 gram per hari [1].

2. Perhatikan tekanan darah

Menyambung dari poin sebelumnya, sebaiknya lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Pasalnya, tekanan darah terlalu tinggi biasanya merupakan indikator adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Idealnya, tekanan darah yang normal berkisar antara 90/60mmHg dan 120/80mmHg [2].

3. Rutin berolahraga

Secara umum, berolahraga secara rutin adalah kunci utama untuk membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Tak harus melalui latihan fisik yang berat, melakukan beberapa gerakan peregangan ringan dengan teratur setiap harinya pun sudah cukup untuk membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol, glukosa, dan juga tekanan darah.

4. Pola makan sehat

Menjaga pola makan sehat adalah hal sederhananya yang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Pola makan sehat akan membuat Anda memperoleh seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin dan mineral. Hindari makanan berlemak serta perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran kaya serat. 

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sehat Bergizi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

5. Tidak sembarang minum obat dan vitamin

Dalam jumlah yang sangat berlebihan, penggunaan obat dan vitamin terlalu sering berpotensi menimbulkan gangguan pada ginjal. Oleh karena itu, selalu patuhi rekomendasi dan aturan pemakaian obat dari dokter agar fungsi ginjal Anda tetap terjaga.

6. Jaga berat badan ideal

Selanjutnya, cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mempertahankan berat badan ideal Anda sesuai Indeks Massa Tubuh (IMT).

Sebab orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi mengalami sindrom metabolik (gangguan kesehatan yang menyerang secara bersamaan) dan penyakit kardiovaskuler (gangguan pada jantung dan pembuluh darah). Hal ini juga akan menyebabkan efek domino yang berdampak pula pada kesehatan ginjal.

7. Minum air putih yang cukup

Jika masih penasaran bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal, maka mulailah cukupi kebutuhan cairan tubuh yaitu dengan minum air putih. Tahukah Anda bahwa ginjal yang sehat dapat menyaring sekitar 150 liter darah setiap harinya? [3]

Itu artinya, minum air putih dalam jumlah cukup akan sangat membantu melancarkan ginjal untuk membuang zat beracun di tubuh melalui proses penyaringan darah. Tak hanya itu, minum air dengan cukup juga bisa membantu mencegah terbentuknya batu ginjal akibat dehidrasi.

Baca juga: Mengenal Berbagai Fungsi Air dalam Tubuh

8. Lakukan tes pemeriksaan secara rutin

Terakhir, cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan melakukan tes pemeriksaan secara rutin. Mengapa demikian? Sebab dengan mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara pasti, Anda dapat melakukan antisipasi sejak dini jika memang ada kemungkinan timbulnya masalah pada ginjal.

Melakukan tes pemeriksaan ini akan sangat disarankan bagi Anda yang memiliki faktor risiko tambahan. Hal ini termasuk bila Anda mempunyai riwayat keluarga dengan gangguan pada ginjal, gula darah tinggi, atau bahkan hipertensi dan obesitas [4].

Setelah menyimak ulasan di atas, kini tentu Anda sudah tahu bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal, bukan? Tak ada kata terlambat, berapapun umur Anda sekarang, segera terapkan kebiasaan menyehatkan ini. Mulailah dengan hal kecil seperti #AQUADULU di tengah berbagai aktivitas demi mencukupi kebutuhan air minum. Salam sehat!

Referensi:

  1. Preventing Chronic Kidney Disease - Buka
  2. Keeping your kidneys healthy - Buka
  3. Your Kidneys & How They Work - Buka
  4. 6-Step Guide to Protecting Kidney Health - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .