Logo AQUA

10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Hidup Sehat | 08 Juli 2024

Bagikan:

10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Buah delima mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa kandungan buah delima yang baik untuk tubuh adalah vitamin C, vitamin B9, fosfor, zat besi, magnesium, polifenol, dan kalsium. Maka dari itu, tidak heran jika banyak manfaat buah delima yang baik untuk tubuh.

Perlu dicatat bahwa vitamin C dalam buah delima biasanya akan berkurang jika diolah dalam bentuk jus. Agar dapat mempertahankan nutrisi alaminya, sebaiknya konsumsi delima dilakukan secara langsung. Dengan begitu, tubuh Anda mampu merasakan manfaat buah delima secara optimal.

Sambil menyantap segarnya buah delima yang terasa manis dan masam, akan lebih baik jika Anda mengenali beberapa khasiat atau manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah delima memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Dengan begitu, tubuh terlindung dari komplikasi akibat peradangan dalam tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Di antara manfaat buah delima untuk kesehatan, menurunkan tekanan darah adalah salah satu yang paling penting untuk diketahui penderita hipertensi. Konsumsi buah delima secara teratur dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

Selain itu, antioksidan dalam buah delima membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Dengan begitu, kesehatan pembuluh darah tetap terjaga dan fungsi endotel (lapisan dalam pembuluh darah) menjadi lebih optimal. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko penyakit yang dapat menyerang jantung di kemudian hari.

3. Mengurangi Rasa Lapar

Selain kaya akan vitamin C, buah dilemma juga mengandung serat yang tinggi. Setidaknya terdapat 7 gram kandungan serat dalam 180 gram buah delima. Maka, tidak heran jika mengonsumsi buah delima dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Biasanya, buah delima menjadi pilihan untuk program diet sehat. Biji delima yang terasa segar ketika disantap sering kali ditambahkan pada oatmeal dan yoghurt. Selain sehat, taburan biji delima tersebut menambah cita rasa hidangan diet yang bagus untuk menjaga berat badan.

4. Merangsang Produksi Kolagen

Khasiat buah delima tidak hanya terbatas pada perlindungan terhadap radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam buah delima mampu meningkatkan produksi kolagen. Kulit pun akan terlihat lebih kencang dan awet muda tanpa kerutan akibat efek kerusakan sel. 

5. Mencegah Infeksi dari Bakteri dan Jamur

Salah satu manfaat buah delima adalah menjaga kesehatan mulut dari infeksi bakteri maupun jamur. Kandungan antibakteri dan antijamur yang dideteksi dalam tes laboratorium dapat melindungi gusi dan area mulut terhadap peradangan, termasuk gingivitis dan denture stomatitis.

Selain itu, buah delima juga terbukti secara saintifik dapat melawan beberapa jenis bakteri lainnya, termasuk Candida albicans yang dapat menyebabkan infeksi pada vagina. Maka dari itu, buah delima sangat dianjurkan bagi perempuan.

Baca juga: 11 Manfaat Mengonsumsi Buah Setiap hari untuk Tubuh

6. Mengobati Peradangan pada Saluran Pencernaan

Manfaat buah delima yang didapatkan dari konsumsi secara rutin adalah mengobati peradangan pada saluran pencernaan. Sifat antioksidan dalam buah delima yang dapat mengurangi risiko gangguan pada ginjal hingga kanker usus besar.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan antioksidan polifenol dalam buah delima dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah delima ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit pada jantung, termasuk stroke dan serangan jantung.

8. Mengontrol Gula Darah

Meskipun terasa manis, buah delima aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sifat antioksidan vitamin C di dalamnya mampu membantu mengontrol gula darah sekaligus memberikan perlindungan lebih terhadap kerusakan sel. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam buah delima dapat membantu tubuh penderita diabetes lebih sensitif terhadap insulin.

9. Menambah Energi

Buah delima mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu meningkatkan energi. Hal ini dapat membantu tubuh tidak cepat lelah. Konsumsi buah delima secara rutin juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan aktivitas fisik, mulai dari olahraga ringan hingga berat.

10. Menjaga Hidrasi dalam Tubuh

Selain kaya vitamin C dan serat, buah delima juga memiliki kandungan air yang tinggi. Ditambah dengan vitamin C dan mineral lainnya, konsumsi buah delima dapat membantu menjaga kebutuhan cairan atau hidrasi dalam tubuh. Dengan begitu, kadar elektrolit dalam tubuh tetap seimbang sehingga mengurangi risiko dehidrasi.

Itulah beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan yang dapat menjaga setiap kebutuhan tubuh tercukupi. Mulai dari kesehatan pencernaan hingga jantung, buah delima mengandung khasiat tinggi dan cocok dimasukkan ke dalam program diet sehat untuk menjaga berat badan.

Untuk memaksimalkan manfaat buah delima, Anda dapat mengimbanginya dengan kebiasaan hidup sehat. Salah satunya adalah dengan minum air sesuai kebutuhan tubuh sebanyak 2 liter per hari.

Agar dapat memenuhi kebutuhan minum air di mana saja, siapkan #AQUADULU. Pilih AQUA 600 ml dengan kemasan yang praktis dibawa ke mana pun dan dimasukkan ke dalam tas. Ingat ya, tidak semua air itu AQUA. AQUA bersumber dari 19 pegunungan terpilih di Indonesia terdalam yang memiliki lapisan pelindung alami sehingga bebas pencemaran dan aman dikonsumsi.

Tidak hanya itu, AQUA mengandung mineral alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi, AQUA terasa dingin alami tanpa harus didinginkan sehingga bisa menyegarkan tubuh ketika Anda sedang beraktivitas di siang hari. AQUA produk asli Indonesia bersertifikat Halal, BPOM, dan SNI.

Jadi, jangan lupa untuk sedia AQUA DULU sebagai pendamping program diet sehat Anda. AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100% Murni.

Baca juga: 12 Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Kesehatan

Referensi:

  1. 12 Manfaat Buah Delima yang Sayang untuk Dilewatkan - Buka 
  2. 11 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer - Buka
  3. 8 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .