Perlu Dipahami, Ini 8 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Hidup Aktif | 29 November 2022

Bagikan:

Perlu Dipahami, Ini 8 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Sudah tahukah Anda apa perbedaan futsal dan sepak bola? Ya, kedua jenis olahraga ini sama-sama populer, cara memainkannya pun hampir sama.

Bahkan, tujuan dari kedua permainan ini sama, yaitu memasukkan bola ke gawang lawan untuk mencetak gol.

Meski begitu, kedua jenis olahraga ini ternyata cukup berbeda lho, terutama pada aturannya. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Jika dilihat lebih dekat, sebenarnya perbedaan futsal dan sepak bola cukup mencolok, terutama dari luas lapangannya.

Sepak bola umumnya membutuhkan lapangan dengan ukuran besar, seperti halnya stadion. Sementara, futsal biasa dilakukan pada arena lebih kecil.

Selain itu, jumlah pemain antara futsal dan sepak bola juga sangat signifikan. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Waktu Permainan

Perbedaan futsal dan sepak bola yang pertama adalah perihal waktu permainan. Pada sepak bola, waktu yang ditetapkan sesuai aturan FIFA yaitu selama 90 menit.

Dalam permainan sepak bola terdapat dua sesi, yang artinya setiap sesi akan memerlukan waktu selama 45 menit. 

Untuk durasi waktu istirahatnya sendiri, sepak bola memiliki durasi istirahat di tengah-tengah babak satu dan dua selama 15 menit.

Sepak bola menggunakan perhitungan waktu kotor, di mana ketika terjadi bola keluar, maka waktu akan ikut terhenti. 

Nah, sementara futsal memiliki durasi minimal sekitar 2x20 menit dengan waktu bersih.

2. Jumlah Pemain

Perbedaan futsal dan sepak bola selanjutnya adalah jumlah pemain. Ya, tentu saja permainan sepak bola akan memerlukan pemain lebih banyak.

Sesuai aturan, sepak bola membutuhkan pemain sebanyak 11 orang untuk memulai pertandingan. Sementara, futsal hanya memerlukan 5 pemain saja.

Baca Juga: Teknik Menggiring Bola dalam Sepak Bola, Ini Tips Menguasainya

3. Pergantian Pemain

Perbedaan futsal dan sepak bola dalam hal pergantian pemain terletak pada batasannya. Dalam futsal, tidak ada batas pergantian pemain.

Bahkan, pemain yang sudah keluar masih bisa kembali masuk ke lapangan. Momen keluar dan masuk ini bisa dilakukan bersamaan.

Sedangkan, dalam sepak bola, pergantian pemain dibatasi, umumnya adalah tiga kali. Selain itu, pemain sepak bola yang sudah keluar tidak diperkenankan kembali ke arena.   

4. Peraturan Offside

Sepak bola menerapkan peraturan offside dalam permainannya, yaitu ketika bola tersentuh pemain atau ketika posisi pemain yang diberi umpan melebihi posisi lawan mainnya.

Berbeda dengan futsal, olahraga ini tidak menerapkan aturan offside selama permainan berlangsung. 

Selain itu, permainan futsal dimulai saat penjaga gawang melempar bola. Sementara pada sepak bola, permainan akan dimulai dengan tendangan gawang. 

5. Arena Pertandingan

Berbicara dari segi arena atau luas lapangan yang digunakan, keduanya memiliki perbedaan, di mana sepak bola menggunakan ukuran lapangan lebih luas. 

Untuk lapangan sepak bola, ukuran luas yang digunakan adalah 90-120 meter, dan lebar 45-90 meter. Sedangkan, permainan futsal membutuhkan luas 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

Perbedaan futsal dan sepak bola yang satu ini menjadi penyebab mengapa jumlah pemain yang dibutuhkan berbeda. Pasalnya, jumlah pemain perlu menyesuaikan dengan arena pertandingan. 

6. Wasit

Perbedaan futsal dengan sepak bola selanjutnya terletak pada waist. Sepak bola terdiri dari 1 wasit utama dan 2 wasit asisten.

Pada permainan sepak bola, jalur yang digunakan wasit utama harus menyilang dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan gawang selatan

Sementara, dalam permainan futsal hanya membutuhkan dua wasit utama. Pun daerah operasi wasit adalah tepi lapangan di barat dan timur. 

Baca Juga: 4 Teknik Dasar Menendang Bola yang Patut Anda Kuasai

7. Akumulasi Pelanggaran

Perihal akumulasi pelanggaran menjadi perbedaan sepak bola dan futsal selanjutnya. Pada permainan futsal, terdapat maksimal 6 kali pelanggaran di setiap babak.

Apabila salah satu tim telah melakukan pelanggaran sebanyak 6 kali, maka wasit akan menjatuhkan penalti dari titik kedua.

Berbeda dengan sepak bola, permainan ini tidak memiliki batasan jumlah pelanggaran. Sehingga, setiap timnya bebas melakukan berbagai pelanggaran, hanya saja ada konsekuensi tertentu yang harus diterima. 

8. Time Out

Terakhir, perbedaan futsal dan sepak bola yang juga cukup mencolok adalah keberadaan time out. 

Di dalam sepak bola, tidak ada aturan time out. Namun, pada perkembangannya terdapat sesi water break yang diterapkan ketika cuaca selama pertandingan cukup panas.

Sementara, pada permainan futsal, sebuah tim memiliki kesempatan untuk meminta satu kali time out setiap babak, atau dua kali selama pertandingan berlangsung.

Jadi, kini Anda sudah lebih paham mengenai perbedaan futsal dan sepak bola bukan? Meski begitu, pada dasarnya dua jenis olahraga ini memiliki manfaat yang sama, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung lho!

Namun, baik futsal maupun sepak bola menuntut seseorang terus bergerak dan berlari, sehingga dapat membuat Anda cepat berkeringat.

Ketika tubuh berkeringat, cairan dalam tubuh pun akan berkurang. Artinya Anda perlu minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang tersebut.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu menyiapkan #AQUADULU di setiap aktivitas olahraga Anda.

AQUA merupakan air mineral yang berasal dari 100% pegunungan asli, dengan 3 perlindungan. Yaitu, melindungi ekosistem di sekitar sumbernya, sehingga mineralnya terjaga serta diproses dengan sistem integrasi menyeluruh.

AQUA juga diproses tanpa tersentuh tangan manusia dan melewati 400 cek kualitas untuk memastikan keaslian dan kemurniannya hingga ke tangan Anda.

Dan lebih praktisnya lagi, bagi Anda yang sering olahraga ke luar rumah, Anda dapat membawa AQUA kemasan botol yang tersedia dalam ukuran 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml.

So, jangan lupa membawa AQUA dalam aktivitas olahraga Anda, ya!

Baca Juga: Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh? Ini Jawabannya

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.