Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

10 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui

Kebaikan AirHidup Sehat | 29 September 2021
10 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui

Ketika sedang menyusui, sang buah hati akan mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh dari ASI, dan ASI juga terpengaruh oleh apa yang Anda konsumsi. Agar kebutuhan nutrisi sang ibu dan bayi terpenuhi, diperlukan asupan kalori ekstra yang sehat perharinya. Namun, bukan berarti Anda jadi bisa makan apapun dengan seenaknya, tambahan sekitar 300-500 kalori cukup untuk menunjang kebutuhan kalori perhari.

Perhatikan tanda-tanda lapar yang Anda rasakan dan jangan terlalu membatasi konsumsi makanan Anda. “Bila Anda tidak mengonsumsi cukup kalori, maka tubuh Anda akan cenderung selalu lapar, terutama jika Anda sedang menyusui,” kata Tamara S. Melton, ahli diet terdaftar, ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. (1)

Terlebih lagi, makanan yang kita konsumsi mempengaruhi kandungan nutrisi ASI yang diberikan kepada bayi. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang menjadi rekomendasi makanan ibu menyusui:

1. Salmon

Sebagai sumber protein yang sangat baik, salmon kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3, yang menurut penelitian dapat membantu menangkal depresi pasca persalinan. Salmon juga merupakan salah satu dari sedikit sumber vitamin D alami, zat yang sangat dibutuhkan wanita, kata Rachel Begun, ahli diet terdaftar dan ahli gizi kuliner. (1)

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh, roti, dan oatmeal merupakan sumber penting vitamin B, mineral, dan serat. Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan bayi. Makanan tersebut juga membantu pencernaan dan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. (1)

3. Daging sapi

Ibu menyusui membutuhkan banyak zat besi yang bisa didapatkan dari daging sapi. Daging sapi adalah protein berkualitas tinggi yang kaya akan zat besi dan vitamin B dan dapat membantu Anda mempertahankan energi. Jika memungkinkan, pilih daging sapi organik (pakan rumput dan dibesarkan tanpa antibiotik dan hormon tambahan) karena memiliki lebih banyak asam lemak omega-3 (1).

4. Telur

Telur adalah pilihan makanan yang mudah didapat, diolah dan serbaguna untuk “santapan utama” atau bahkan sebagai sekedar cemilan. Selain praktis, telur juga kaya akan protein, kolin, lutein, vitamin B12 dan D, riboflavin dan folat. Selain menyehatkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa telur tidak akan meningkatkan kolesterol Anda. (1)

5. Air

Mencukupi asupan hidrasi memiliki peranan yang penting untuk menjaga suplai ASI Anda. Perlu diketahui bahwa ASI terdiri dari 90 persen air yang berarti bahwa penting untuk tetap terhidrasi agar tubuh menghasilkan ASI yang sehat dengan suplai melimpah .(3)

6. Sayuran berdaun hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau merupakan pilihan makanan yang sangat sehat. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tapi di saat yang bersamaan, makanan ini juga rendah kalori.

Beberapa nutrisi penting yang terkandung pada sayuran hijau yaitu vitamin A, C, E, dan K. Selain itu, ada beberapa mineral seperti kalsium serta serat yang mengandung antioksidan dan bermanfaat bagi tubuh.

Sayuran hijau bisa disajikan dalam berbagai bentuk olahan, misalnya dicampurkan ke telur dadar, menjadi bahan untuk smoothie, atau juga ditumis. (1)

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung berbagai nutrisi seperti protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat.

Keduanya memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti melindungi Anda dari penyakit jantung dan anti-penuaan. Selain itu makanan yang satu ini bisa menjadi cemilan yang menjaga perut dari rasa lapar. Salah satu rekomendasi kacang yang baik untuk ibu hamil adalah kacang almond karena mengandung kalsium untuk produksi ASI yang lebih banyak. (2)

8. Kurma

Mirip seperti kacang almond, Kurma merupakan salah satu buah manis kaya akan kandungan kalsium, nutrisi yang mendorong produksi ASI menjadi lebih banyak. (2)

9. Jeruk

Untuk menjaga badan tetap fit dan penuh energi, buah jeruk merupakan salah satu solusinya bagi ibu menyusui. Ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. (2)

Beragam pilihan makanan di atas bisa menjadi asupan bermanfaat bagi ibu menyusui. Selain mengonsumsi beberapa makanan di atas, pastikan juga Anda memiliki asupan hidrasi yang baik dengan air mineral berkualitas seperti AQUA yang hadirkan berbagai kebaikan untuk kesehatan anak Anda.

Hanya AQUA yang selama 48 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Selain itu untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen.Hal-hal tersebut pastinya menjadi poin-poin penting yang sangat diperhatikan oleh para ibu menyusui demi menjaga kualitas ASI yang diproduksi.

Alasan lainnya adalah karena AQUA merupakan pilihan hidrasi yang tepat untuk ibu hamil. Karena nyatanya, banyak ibu hamil yang kurang minum air putih karena merasa eneg. Melihat hal ini, AQUA melakukan studi terhadap lebih dari 200 ibu hamil Indonesia. Faktanya, Dari studi yang dilakukan, 9 dari 10 ibu hamil setuju kalau minum AQUA tidak membuat eneg.

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA.

Yuk, sediakan AQUA sebagai pilihan hidrasi keluarga Anda.

 

Source:

https://www.parents.com/baby/breastfeeding/breast-milk/12-superfoods-for-breastfeeding-moms/
https://www.alodokter.com/7-makanan-sehat-untuk-ibu-menyusui
https://herstory.co.id/read9780/minum-air-putih-bisa-tingkatkan-produksi-asi-lho-ibu-menyusui-sudah-tahu-belum