12 Camilan untuk Nonton Pertandingan Olahraga agar Lebih Seru!

Hidup Sehat | 18 November 2022

Bagikan:

12 Camilan untuk Nonton Pertandingan Olahraga agar Lebih Seru!

Menyaksikan pertandingan olahraga sepertinya tak akan terasa lengkap bila tanpa ditemani camilan. Bisa dibilang, camilan untuk nonton pertandingan olahraga merupakan hal wajib yang tak boleh dilewatkan.

Selain untuk mengganjal perut di sepanjang malam, camilan juga dapat merekatkan kebersamaan dan membuat suasana menonton menjadi lebih asyik.

Namun, agar tetap sehat, ada baiknya Anda memperhatikan jenis camilan malam hari yang dikonsumsi.

Nah, berikut ini terdapat sejumlah rekomendasi camilan untuk nonton pertandingan olahraga yang sehat dan lezat untuk menemani Anda. Yuk simak!

Ide Camilan Sehat untuk Nonton Pertandingan Olahraga

Menyaksikan pertandingan olahraga bersama teman atau keluarga memang sangat seru. Meskipun hanya melalui layar kaca, Anda tetap bisa merasakan euforia yang terjadi.

Sebagai pelengkap keseruan tersebut, berikut beberapa rekomendasi camilan nonton pertandingan olahraga yang sehat nan lezat. 

1. Buah-buahan

Buah-buahan adalah pilihan camilan untuk nonton pertandingan olahraga yang sehat dan bergizi. Selain itu, mengonsumsi buah juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama, lho.

Anda bisa memilih camilan buah-buahan yang kaya serat, antioksidan, vitamin, dan mineral untuk membantu sistem pencernaan tetap lancar serta menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Selain mengonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mengolahnya tersebut menjadi salad buah yang lezat dengan menambahkan yogurt atau madu. 

2. Kacang-kacangan

Nonton pertandingan tim favorit rasanya belum lengkap jika tidak ditemani kacang-kacangan. Tidak hanya gurih dan enak, camilan satu ini juga sehat dikonsumsi. 

Kacang-kacangan memiliki berbagai kandungan baik, seperti serat, mineral, dan protein yang tinggi.

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis kacang-kacangan yang sudah dikupas dan siap makan, misalnya, almond, kedelai, kenari, dan pistachio. 

Baca juga: 8 Jenis Buah Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

3. Teh Hijau

Selain berbagai pilihan camilan nonton pertandingan olahraga, Anda juga bisa menyiapkan minuman yang baik untuk tubuh.

Teh hijau bisa jadi pilihan untuk menemani momen kebersamaan keluarga saat menyaksikan pertandingan tim favorit. 

Kandungan kafein yang ada dalam teh hijau bisa membantu Anda tetap terjaga dan berkonsentrasi. 

4. Smoothies

Jika bosan mengonsumsi buah atau sayuran secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi smoothies. 

Cukup siapkan blender, Anda bisa memadukan antara buah-buahan dan sayur untuk menjadi camilan untuk nonton pertandingan olahraga yang sehat. 

5. Cokelat Hangat

Selain snack, Anda juga bisa mengonsumsi berbagai minuman hangat saat menonton pertandingan tim favorit, misalnya cokelat.

Cokelat dipercaya bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kinerja otak. Jadi, cocok sekali dikonsumsi saat nonton bersama kerabat di malam hari. 

6. Popcorn

Popcorn adalah salah satu camilan wajib untuk teman nonton di berbagai suasana, termasuk siaran pertandingan olahraga. 

Selain renyah, popcorn juga termasuk karbohidrat kompleks sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa membuat atau membeli popcorn plain, lalu menambahkan sedikit garam agar terasa lebih gurih.

7. Pisang Goreng

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, pisang juga bisa digoreng sebagai camilan untuk nonton pertandingan olahraga yang renyah dan lezat.

Anda bisa menggunakan jenis tepung beras atau tepung jagung yang bebas dari kandungan gluten untuk menggoreng.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan saat Hujan yang Menghangatkan Tubuh

8. Singkong Kukus atau Goreng

Camilan nonton pertandingan olahraga lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah singkong. Jenis umbi ini mengandung berbagai nutrisi baik, seperti karbohidrat, vitamin, protein, dan lainnya.

Singkong bisa dinikmati dalam berbagai olahan lezat, mulai dari dikukus, digoreng, dan sebagainya. 

Saat membuat singkong goreng, pastikan Anda menggunakan minyak yang masih baru agar nutrisinya tidak hilang dan jangan lupa tiriskan terlebih dahulu sebelum dipindahkan di piring. 

9. Lumpia

Makanan dengan tekstur renyah dan rasanya yang gurih ini cocok untuk menjadi camilan saat nonton pertandingan tim andalan. 

Agar tetap sehat, Anda bisa memilih isian lumpia berupa sayuran atau daging yang ditumis tanpa minyak.

Selain digoreng, lumpia juga dapat dimasak dengan cara dikukus agar bebas dari kalori. 

10. Ubi Goreng

Begadang menonton pertandingan olahraga di tengah malam seringkali juga membuat kita merasa lapar. Nah, ubi goreng bisa jadi solusi camilan yang mengenyangkan. 

Selain rasanya yang manis dan berserat tinggi, ubi goreng juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh dan mudah dibuat. 

11. Kentang Goreng atau Panggang

Kentang goreng maupun panggang bisa menjadi pilihan lain untuk camilan ringan yang bisa dibuat dengan mudah. 

Untuk membuat kentang goreng, cukup kupas kentang dan potong memanjang sesuai selera, lalu rendam selama beberapa menit pada air garam.

Merendam kentang dengan air garam dipercaya bisa membuatnya lebih renyah dan tahan lama. 

Nah, jika bosan dengan kentang goreng, Anda juga bisa membuat kentang panggang yang diisi daging cincang, keju, dan saus. 

Baca juga: 7 Makanan Pedas Kekinian yang Digandrungi Banyak Orang

12. Salad Sayur

Selain buah-buahan, mengonsumsi salad sayur di saat menonton siaran pertandingan olahraga juga bisa jadi pilihan tepat.

Tak hanya rendah kalori dan sodium, salad sayur juga kaya akan vitamin, kalsium, fitonutrien, folat, beta-karoten, dan serat.

Jadi, di samping bisa mengganjal lapar, salad sayur dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan mengontrol gula darah di tubuh Anda.

Itu dia rekomendasi camilan untuk nonton pertandingan olahraga yang bisa Anda coba. Untuk berbagai makanan gorengan, cobalah untuk membatasi jumlah konsumsi agar tidak berlebihan.

Selain itu, pastikan juga Anda selalu sedia air putih, ya. Jangan sampai Anda malah melewatkan minum air lantaran terlalu asyik menonton dan beraktivitas.

Anda disarankan mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Di sisi lain, air putih juga bisa membantu menetralkan lemak yang berasal dari makanan-makanan yang Anda konsumsi, sehingga kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih AQUA galon, yaitu produk air mineral siap konsumsi yang cocok digunakan untuk mencukupi kebutuhan air minum di rumah.

Mengapa AQUA? Selain karena isinya cukup banyak, yakni 19 liter per galon, air mineral dari AQUA juga memiliki kualitas yang terjaga.

Pasalnya, AQUA menggunakan tutup berteknologi double injection sehingga mmebuat air minum di dalamnya tetap aman dan terlindungi hingga ke tangan Anda.

Yuk, #AQUADULU di setiap aktivitas harian Anda!

Baca juga: 7 Contoh Makanan Fermentasi dan Manfaatnya untuk Tubuh

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.