10 Cara Mengecilkan Lengan yang Efektif & Mudah, Patut Coba!

Hidup Aktif | 17 Mei 2022

Bagikan:

10 Cara Mengecilkan Lengan yang Efektif & Mudah, Patut Coba!

Sebagian orang umumnya ingin memiliki bentuk tubuh ideal, termasuk di bagian lengan tangan sekalipun. Ya, ini merupakan salah satu bagian yang kerap menjadi sumber ketidakpercayaan diri. Sehingga, berbagai cara mengecilkan lengan dilakukan demi mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Pada dasarnya, untuk mengurangi lemak pada bagian tertentu, Anda perlu menurunkan berat badan secara menyeluruh. Sebab, meskipun latihan pada lengan mampu mengencangkan otot, hal ini sebetulnya tidak akan berpengaruh banyak terhadap jumlah lemaknya. 

Maka dari itu, bukan cuma sekadar melakukan olahraga, terdapat sejumlah langkah yang sepatutnya Anda lakukan untuk mengecilkan lengan. Agar tidak bingung, yuk langsung saja simak pembahasan lengkap terkait cara mengecilkan lengan tangan di bawah ini!

Cara Mengecilkan Lengan Tangan

Ada berbagai cara mengecilkan lengan atas yang mudah dan tentunya efektif, mulai dari menjaga pola makan sehat hingga melakukan latihan atau olahraga secara teratur. Berikut tips-tips lengkapnya yang bisa Anda terapkan.

1. Kurangi Berat Badan Secara Keseluruhan

Melakukan latihan untuk membakar lemak pada bagian tubuh tertentu seperti lengan sebetulnya merupakan metode yang kurang efektif [1]. Anda lebih disarankan berfokus pada program penurunan berat badan secara menyeluruh dan menjalankan olahraga yang mampu mengencangkan otot-otot tubuh. Hal tersebut dinilai lebih efektif karena membuat lemak-lemak di tubuh ikut berkurang, termasuk pada bagian lengan.

2. Penuhi Asupan Serat

Meningkatkan asupan serat bisa jadi salah satu cara mengecilkan lengan tangan. Ini akan membantu program diet Anda dan mempercepat penurunan berat badan.

Di samping membantu melancarkan pencernaan, serat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena memerlukan lebih banyak waktu untuk diproses dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, makanan tinggi serat seperti sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian kerap digunakan sebagai pilihan menu diet sehat untuk memperoleh berat badan ideal.

3. Penuhi Asupan Protein

Selain serat, memenuhi asupan protein juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang memicu rasa lapar [1]. 

Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah menurunkan berat badan hingga akhirnya membantu mengecilkan lengan tangan.

Adapun macam-macam makanan tinggi protein di antaranya ialah telur, daging, makanan laut, produk susu, atau juga kacang-kacangan.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Karbohidrat Olahan

Untuk membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di lengan, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi karbohidrat olahan. Sebab, jenis makanan tersebut umumnya hanya mengandung sedikit vitamin, mineral, dan juga serat. 

Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya kadar gula darah dengan cepat hingga mengakibatkan rasa lapar.

Contoh jenis karbohidrat olahan yang biasanya minim nutrisi ialah sereal, pasta, roti putih, dan makanan kemasan lainnya. Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan jenis makanan gandum utuh yang jauh lebih sehat dan kaya nutrisi.

Baca juga: 5 Cara Mengecilkan Pinggang yang Efektif, Ini Gerakannya!

5. Atur Pola Tidur

Bukan cuma pola makan, tidur yang cukup nyatanya juga penting dalam menghilangkan lemak tubuh, termasuk pada lengan. Menurut penelitian, tidur memegang peran untuk mengatur nafsu makan sekaligus membantu penurunan berat badan [1].

Saat tidur, metabolisme dalam tubuh juga akan berjalan lebih efektif dimana hal ini menimbulkan efek menyeluruh, terutama dalam membakar lemak sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Jika kurang tidur, Anda cenderung akan cepat merasa lapar karena kadar ghrelin yang lebih tinggi. Maka dari itu, cobalah terapkan pola tidur secara teratur dan kurangi hal-hal yang dapat mengganggunya, seperti kafein atau nikotin.

6. Pastikan Tetap Terhidrasi

Tahukah Anda, memenuhi asupan cairan tubuh bisa membantu mengontrol berat badan dengan lebih baik. Sebab, minum air akan membuat Anda merasa kenyang sehingga mengurangi jumlah makanan atau kalori yang dikonsumsi.

Di samping itu, mengonsumsi air juga dapat membantu meningkatkan metabolisme sementara dalam membakar lemak, lho. Pada akhirnya, ini bisa jadi cara mengecilkan lengan atas yang cukup efektif.

Namun, untuk memperoleh manfaat tersebut, pastikan Anda mengonsumsi minuman tanpa pemanis, ya. Pasalnya, minuman berpemanis umumnya berkalori tinggi dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Pilihlah air minum dengan kualitas terbaik seperti AQUA yang kemurniannya selalu terjaga. AQUA telah melakukan ratusan pemeriksaan guna memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air tersimpan di dalam kemasan. Kualitas AQUA juga diperkuat dengan tiga perlindungan yang dilakukannya.

Olahraga Mengecilkan Lengan yang Efektif

Nah, selain cara mengecilkan lengan tangan di atas, Anda juga bisa melakukan sejumlah olahraga untuk membantu membakar kalori tubuh. Adapun olahraga mengecilkan lengan di antaranya:

1. Olahraga Kardio

Kardio adalah salah satu jenis latihan yang dikenal mampu membakar kalori dengan cepat. Bahkan, bukan cuma sekadar sebagai olahraga mengecilkan lengan, kardio juga bisa membantu mengecilkan betis maupun menghilangkan lemak perut secara alami.

Ya, olahraga satu ini terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan massa tubuh tanpa lemak [1]. Anda bisa melakukan latihan kardio selama 20 sampai 40 menit setiap harinya untuk memperoleh hasil yang optimal, mulai dari berenang, bersepeda, jogging, lompat tali, dan lain sebagainya.

2. Angkat Beban

Gerakan mengecilkan lengan lainnya adalah latihan angkat beban. Walaupun tidak secara khusus menghilangkan lemak pada bagian lengan, namun latihan satu ini bisa membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan sekaligus mengencangkan otot-otot dan membuatnya tampak lebih ramping.

3. High Intensity Interval Training (HIIT)

Salah satu cara mengecilkan lengan atas dengan cepat ialah High Intensity Interval Training atau HIIT, yakni suatu metode olahraga menggunakan kombinasi latihan intensitas tinggi dan latihan intensitas sedang atau rendah.

Seperti yang diketahui, HIIT merupakan jenis olahraga yang mampu membakar lemak tubuh dalam waktu singkat dibanding latihan lainnya. Selain itu, HIIT juga terbukti meningkatkan metabolisme tubuh selama beberapa waktu setelah Anda berlatih. Adapun contoh latihan HIIT adalah bersepeda, berjalan, berlari, menaiki tangga, dan juga renang.

Baca juga: Begini 6 Cara Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

4. Push-Up

Push up adalah jenis latihan dasar yang ditujukan untuk melatih lengan atas dan dada. Sebagai cara mengecilkan lengan, Anda bisa mencoba latihan ini secara rutin guna mengencangkan otot-otot lengan hingga membuatnya menjadi lebih ramping.

Demikianlah berbagai cara mengecilkan lengan tangan yang bisa Anda terapkan. Di samping melatih otot lengan atas, Anda juga disarankan melakukan beberapa hal seperti mengatur pola makan dan tidur agar dapat menurunkan berat badan secara menyeluruh. Hal ini akan membantu menghilangkan lemak di lengan Anda secara efektif.

Selama berlatih, jangan lupa pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tetap terpenuhi dengan selalu sedia #AQUADULU kapanpun dan dimanapun. Sebab, ketika berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan lewat keringat. Nah, agar tidak mengalami dehidrasi wajib untuk mengonsumsi air mineral sesudah dan sebelum berolahraga.

Referensi:

  1. The 9 Best Ways to Lose Arm Fat - Buka
  2. How To Lose Arm Fat: 10 Effective Ways To Tone Arms In 2 Weeks - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.