10 Kegiatan Ramadan Sehari-Hari yang Berkesan, Yuk Simak!

Ramadhan Tips | 25 March 2022

Share this:

10 Kegiatan Ramadan Sehari-Hari yang Berkesan, Yuk Simak!

Di bulan penuh berkah ini, sudah seharusnya kita melakukan berbagai kegiatan Ramadan yang positif. Apalagi mengingat bulan puasa hanya datang sekali setiap tahunnya, akan sangat disayangkan bila disia-siakan begitu saja.

Jadi, saat Ramadan tiba bukan berarti alasan untuk bermalas-malasan ya! Tetap kerjakan berbagai hal bermanfaat yang bisa dilakukan selama berpuasa di rumah. Nah, kalau masih bingung apa saja contoh kegiatan di bulan Ramadan yang seru dan menyenangkan, langsung simak artikel berikut sampai habis, yuk!

12 Ide Kegiatan Ramadan

Selama ini ngabuburit mungkin menjadi kegiatan Ramadan paling populer, khususnya di Indonesia. Padahal sebenarnya, masih banyak contoh kegiatan di bulan Ramadan yang dapat kamu lakukan. Beberapa di antaranya yaitu

1. Mengikuti kajian online

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk mengikuti kajian tanpa harus keluar rumah. Apalagi kini telah banyak pihak yang menyelenggarakan kajian online di berbagai platform, mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, atau bahkan lewat siaran langsung melalui aplikasi video conference seperti Zoom dan Google Meet.

Tak hanya itu, Anda pun dapat menentukan tema kajian apa yang diinginkan sekaligus bisa menontonnya kapanpun dan dimanapun.

2. Berbagi makanan sahur atau berbuka

Tahukah Anda bahwa ada banyak keutamaan dari berbagi makanan saat Ramadan? Bukan hanya memperoleh pahala berlipat ganda, kegiatan Ramadan ini pun dapat mendatangkan kebahagiaan untuk orang lain.

Ada banyak keberkahan yang akan diperoleh dengan menyediakan makanan sahur ataupun berbuka [1]. Hal tersebut sesuai hadis Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Ibnu Majah yang artinya "Barangsiapa yang memberi makan buka puasa, maka ia akan memperoleh pahala seperti yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahalanya masing-masing."

3. Olahraga

Berpuasa bukan berarti halangan untuk melakukan olahraga. Agar pikiran tetap fresh dan stamina terjaga, coba lakukan beberapa latihan fisik ringan seperti jogging dan yoga. Jangan khawatir, olahraga tidak akan membuat ibadah puasa Anda terganggu. Justru sebaliknya, tubuh akan terasa lebih segar dan tak lesu dengan berolahraga.

Baca juga: Agar Badan Tetap Fit, Ini Tips Olahraga Saat Berpuasa

4. Belajar hal baru

Sekilas, belajar mungkin terdengar sebagai aktivitas yang membosankan. Padahal sebenarnya, mempelajari hal baru yang belum Anda ketahui bisa jadi kegiatan Ramadan menyenangkan. Misalnya saja seperti berkebun, menyulam, melukis, atau bahkan membuat kerajinan dari bahan bekas yang ada di rumah.

5. Membersihkan rumah

Setelah Ramadan usai, Anda tentu akan merayakan hari kemenangan, yaitu Idul Fitri. Nah dalam rangka menyiapkannya, coba isi kegiatan Ramadan dengan mulai membersihkan area rumah. Dengan demikian, saat hari Idul Fitri sudah dekat, pekerjaan Anda pun akan menjadi lebih ringan karena beberapa darinya telah diselesaikan sejak jauh-jauh hari.

6. Berbagi Takjil

Berbagi takjil di sore hari umumnya dilakukan oleh organisasi kemasyarakat seperti karang taruna atau remaja masjid. 

Umumnya, berbagi takjil dilakukan di perempatan jalan atau di tempat-tempat umum yang ramai. Nah, Anda juga bisa melakukan hal ini untuk mengisi kegiatan ramadan. 

7. Takbiran

Takbiran dilakukan di malam sebelum hari raya Idul Fitri. Takbiran secara bahasa merupakan aktivitas mengucapkan kalimat takdir secara bersama-sama.

Di Indonesia, malam takbiran umumnya diisi dengan pawai keliling desa sambil mengucapkan kalimat takbir. Namanya adalah takbir keliling. Apakah aktivitas ini juga ada di desamu? 

8. I'tikaf di Masjid

Itikaf merupakan kegiatan berdiam diri di Masjid. Umumnya dilakukan sambil berzikir bershalawat, atau mendengarkan kajian. 

Kegiatan ini mampu menjernihkan hati, memperbanyak pahala, dan menghapus dosa. 

9.Ngabuburit

Kegiatan satu ini tak boleh ketinggalan di bulan ramadan. Ngabuburit merupakan aktivitas menghabiskan waktu di sore hari sembari menunggu adzan maghrib. 

Bisa berupa nongkrong sambil menunggu berbuka, jalan-jalan di sekitaran kota atau aktifitas lainnya asalkan itu positif yah.

10. Mencoba resep

Waktu sahur dan berbuka merupakan dua momen yang cukup dinantikan selama bulan Ramadan. Sebab, di dua waktu itulah Anda diperbolehkan untuk makan dan minum. Nah untuk memanfaatkan waktu, cobalah beberapa resep menu sahur dan berbuka agar tidak bosan dengan hidangan sehari-hari.

11. Mudik

Mudik atau pulang kampung merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang juga sering dijadikan sebagai kegiatan di bulan Ramadan selanjutnya. Budaya ini dilakukan dengan tujuan agar saat hari raya Idul Fitri nanti, Anda dapat berkumpul bersama keluarga besar. Bagaimana, apakah Anda berencana untuk mudik tahun ini?

Baca juga: Tips Mudik: Persiapan Selama di Perjalanan

12. Melakukan Kebaikan

Agar keberkahan selama puasa tidak sia-sia, Anda sangat disarankan untuk memperbanyak amal kebaikan seperti menyantuni anak yatim piatu, bersedekah, i’tikaf di masjid, atau bahkan menjadi relawan zakat. Jadi bukan hanya pahala untuk diri sendiri saja, Anda pun akan memperoleh kebahagiaan dengan berbuat baik kepada sesama.

Itulah 8 contoh kegiatan di bulan Ramadan yang bisa Anda coba lakukan selama menjalani ibadah puasa.

Nah agar semakin bersemangat menjalani berbagai kegiatan Ramadan, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air minum dengan #AQUADULU saat sahur dan berbuka ya. Diciptakan oleh alam, 100% murni air mineral pegunungan untuk bulan yang suci.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

Referensi:

  1. Keutamaan Berbagi Makanan Saat Ramadhan - Buka

Related Articles

No articles found.

Enzy mengajak Anda untuk beli AQUA sekarang!

This website uses cookie to make sure you get the best experience. Learn more .